CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e72142fe83c7209401d1d00/mumpung-di-rumah-maksimalkan-bersama-anak

Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak

Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak



Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mememutuskan untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar seluruh sekolah di DKI Jakarta. Bahkan, Ujian Nasional pun ditunda. Kebijakan tersebut berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus Corona. Namun, ditiadakannya kegiatan di sekolah bukanlah sebagai bentuk liburan. Anak-anak tetap belajar di rumah dengan bimbingan orang tua, termasuk anak yang masih bersekolah di TK (Taman Kanak-kanak).


Kebetulan anak saya sudah bersekolah di Taman Kanak-kanak (TK). Banyak kegiatan di rumah yang saya lakukan bersama anak, terutama kegiatan edukatif. Membantu memasak itu juga kegiatan edukatif, lho!Anak bisa mengenal nama-nama sayur, bumbu dapur maupun jenis rempah-rempah.

Selain itu, kegiatan di rumah yang saya lakukan bersama anak #mumpungdirumah adalah :

1. Mengajari anak beribadah dan menghafal surat-surat pendek

Sudah setiap hari hal tersebut saya lakukan bersama anak. Tetapi #mumpungdirumah selama dua minggu, kegiatan beribadah saya tambah volumenya. Misal, anak diajak sholat dhuha kemudian dilanjut dengan hafalan surat pendek dan membaca iqra.



2. Mendampingi anak mengerjakan tugas dari sekolah

Anak TK tetap mendapat tugas dari guru. Tugas tersebut dikerjakan setiap hari oleh anak, kemudian orang tua mendampingi sambil merekam video atau memfoto. Kemudian, video dan foto tersebut dikirim kepada guru.

Menyenangkan sekali, walaupun hal tersebut sudah saya lakukan setiap hari tetapi kali ini sesuai jam belajar anak di sekolah. Tugas anak ringan, kok! Tidak memberatkan anak maupun orang tua. Sehingga anak tidak lupa dengan pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru sebelum libur.


Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak

Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak

Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak
Sumber gambar : dokumentasi pribadi



3. Menanam tanaman bersama anak

Ini termasuk kegiatan edukatif juga. Sambil memperkenalkan kepada anak tentang jenis tanaman dan cara menanam sekaligus merawatnya. Sebelumnya, saya sudah memiliki beberapa tanaman yang saya tanam di dalam pot. Karena masih ada beberapa pot yang kosong dan sisa tanah serta kompos, saya manfaatkan waktu #mumpungdirumah ini untuk menanam bunga maupun rempah-rempah.

Rempah-rempah yang saya tanam hanya kunyit dan kencur, kebetulan kedua rempah itu harganya sedang melambung saat ini. Ada sisa di dapur maka saya tanam saja, suatu saat pasti berguna.

Sedangkan bunga yang saya tanam adalah bunga yang mudah perawatannya, seperti cocor bebek dan vinca. Untuk anggrek dan sejenisnya, saya belum berhasil menanam. Perawatannya terlalu ribet dan saya belum telaten.


Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak

Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak
Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak

Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak

Sumber gambar : dokumentasi pribadi



4. Bermain bersama anak

Karena aktivitas fisik di luar sedang dibatasi, maka aktivitas fisik bersama anak banyak saya lakukan di rumah. Banyak kok, misalnya main tangkap bola, main mobil remote ataupun main robot. Main tangkap bola bisa dilakukan saat pagi hari di halaman rumah, supaya tubuh tetep terkena sinar matahari.


Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak

Mumpung di Rumah, Maksimalkan Bersama Anak

Sumber gambar : dokumentasi pribadi



Nah,#mumpungdirumah selama dua minggu, manfaatkan sebaik mungkin ya! Waktu dua minggu tersebut justru jangan digunakan untuk berlibur atau mendatangi tempat-tempat keramaian. Jika itu yang terjadi, upaya pencegahan penyebaran virus Corona menjadi tidak efektif. Stay Health!


#mumpungdirumah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Halaman 1 dari 2
#mumpungdirumah
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan alva610 memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
semangat! semoga sehat selalu!
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan lina.wh memberi reputasi
Quote:


Aamiin...
mantap Bun
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Quote:


Terima kasih emoticon-Cendol Gan
profile-picture
bistome.diyoni memberi reputasi
Quote:


Sama" mampir ke kegiatan saya Bun. Hehe.
Quote:


Siap...
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan bistome.diyoni memberi reputasi
Keren yang udah lolos event nih
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan dalledalminto memberi reputasi
wah, piala Al banyak
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Wiih keren kak udah lolos aja
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Wahh waktu bersama anak dan keluarga jadi lebih banyak ya sis, mumpung di rumah. Anak dan suami jadi makin hangat emoticon-linux
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Quote:


Sudah, Sist...
Quote:


Alkhamdulillah, Pak.
Quote:


Iya, Sist. Terima kasih emoticon-Shakehand2
Diubah oleh lina.wh
Quote:


Betul. Tapi suami tetap dinas luar.
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
Quote:


Semoga kk sekeluarga tetap sehat, ya
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Quote:


Aamiin...
profile-picture
fiaperm memberi reputasi
Quote:


Punya ane udah beberapa hari tapi belum dapat PM. Harap-harap cemas heheh. Kan kalau misal gak lolos rencananya entar mau bikin lagiemoticon-Leh Uga
nice thread gan bermanfaat banget buat ibu2 bapak2 yang wfh!!!
Quote:


Mba Lina jarang ngethread ya? Sy ngethread even onlyemoticon-Angel

Quote:


Aamiinemoticon-Angel
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di