- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing & Research
Inilah faktor utama yang paling penting sebelum membuka bisnis


TS
singarajaboy
Inilah faktor utama yang paling penting sebelum membuka bisnis
Dari pengalaman ane menjalankan beberapa bisnis, faktor utama sebelum membuka bisnis adalah MELAKUKAN RISET PASAR. Riset pasar ini meliputi analisa kebutuhan masyarakat, lalu analisa kompetitor, dan analisa kapasitas diri. ane akan jelaskan satu demi satu :
- Analisa Kebutuhan Masyarakat
Saat kita mau menjual sebuah produk / jasa, tentu kita harus riset dulu apakah ada orang yang membutuhkan atau tidak. Di tahap ini, sebisa mungkin kita dapatkan data2 yang mendukung, yang bisa diperoleh dari online, BPS, atau sumber terpercaya lainnya.. Disini biasanya ane menggunakan tools Google keyword planner untuk membantu mendapatkan data yang relevan dengan bisnis yang akan ane buka... Percuma dong kalau kita mau jualan tapi ternyata ga ada yang butuh. Makanya tahapan ini sangat krusial karena akan memudahkan proses selanjutnya...
- Analisa Kompetitor
Setelah mendapatkan data dan mengetahui bahwa ada yang membutuhkan untuk produk/jasa yang mau kita jual, analisa berikutnya yaitu kita pergi ke Google dan ketikkan kata kunci yang berkaitan dengan produk / jasa yang mau kita jual. Lalu kita cek kelebihan dan kekurangan masing-masing kompetitor. Dari situ kita bisa melakukan pemetaan apa benefit/nilai yang harus kita tambahkan di produk / jasa yang mau kita jual agar berbeda dengan kompetitor yang sudah ada.
- Analisa Diri
Jika kita sudah melihat kompetitor yang akan menjadi saingan bisnis kita, selanjutnya kita lihat kapasitas diri, apakah kita bisa mengalahkan mereka atau tidak, apakah produk / jasa yang kita punya lebih bagus dari mereka atau tidak. Kalau kita yakin bahwa kita bisa mengalahkan mereka, maka kita bisa ambil bidang bisnis tersebut... Namun jika kita tidak yakin bisa megalahkan mereka namun masih tetap mau menjalankan bisnis tersebut, berarti kita harus cari / hire orang yang sudah berpengalaman yang bisa diajak bekerjasama sehingga kemungkinan berhasilnya akan jauh lebih besar...
Ini juga yang ane lakukan ketika membuka jasa pembuatan video animasi Raja Bikin Video. Saat ane melakukan riset pasar, ane melihat di Google Keyword Planner ternyata ada yang mencari jasa pembuatan video animasi. Lalu ane cek kompetitor dan lihat hasil video yang mereka buat. Setelah itu ane cari orang yang jago membuat video animasi, yang karyanya sangat bagus dan ajak kerjasama...
Berkat melakukan analisa inilah, bisnis tersebut berkembang pesat dan berhasil mendapatkan banyak klien-klien perusahaan besar, seperti Pertamina, Cargill, PT POS, FK UI, Greenpeace, dan lain sebagainya...
Jadi jangan terburu-buru untuk buka bisnis... lakukan dulu analisanya supaya tidak menyesal nanti ternyata setelah bisnis buka sepi orderan... Dengan melakukan analisa dan perencanaan yang matang, maka kemungkinan berhasilnya akan jauh lebih besar...
Buat agan yang mau dapet info dan tips terbaru seputar bisnis online dan digital marketing, join channel Kaya Dengan Internet Bareng Mulia Primanta disini!
- Analisa Kebutuhan Masyarakat
Saat kita mau menjual sebuah produk / jasa, tentu kita harus riset dulu apakah ada orang yang membutuhkan atau tidak. Di tahap ini, sebisa mungkin kita dapatkan data2 yang mendukung, yang bisa diperoleh dari online, BPS, atau sumber terpercaya lainnya.. Disini biasanya ane menggunakan tools Google keyword planner untuk membantu mendapatkan data yang relevan dengan bisnis yang akan ane buka... Percuma dong kalau kita mau jualan tapi ternyata ga ada yang butuh. Makanya tahapan ini sangat krusial karena akan memudahkan proses selanjutnya...
- Analisa Kompetitor
Setelah mendapatkan data dan mengetahui bahwa ada yang membutuhkan untuk produk/jasa yang mau kita jual, analisa berikutnya yaitu kita pergi ke Google dan ketikkan kata kunci yang berkaitan dengan produk / jasa yang mau kita jual. Lalu kita cek kelebihan dan kekurangan masing-masing kompetitor. Dari situ kita bisa melakukan pemetaan apa benefit/nilai yang harus kita tambahkan di produk / jasa yang mau kita jual agar berbeda dengan kompetitor yang sudah ada.
- Analisa Diri
Jika kita sudah melihat kompetitor yang akan menjadi saingan bisnis kita, selanjutnya kita lihat kapasitas diri, apakah kita bisa mengalahkan mereka atau tidak, apakah produk / jasa yang kita punya lebih bagus dari mereka atau tidak. Kalau kita yakin bahwa kita bisa mengalahkan mereka, maka kita bisa ambil bidang bisnis tersebut... Namun jika kita tidak yakin bisa megalahkan mereka namun masih tetap mau menjalankan bisnis tersebut, berarti kita harus cari / hire orang yang sudah berpengalaman yang bisa diajak bekerjasama sehingga kemungkinan berhasilnya akan jauh lebih besar...
Ini juga yang ane lakukan ketika membuka jasa pembuatan video animasi Raja Bikin Video. Saat ane melakukan riset pasar, ane melihat di Google Keyword Planner ternyata ada yang mencari jasa pembuatan video animasi. Lalu ane cek kompetitor dan lihat hasil video yang mereka buat. Setelah itu ane cari orang yang jago membuat video animasi, yang karyanya sangat bagus dan ajak kerjasama...
Berkat melakukan analisa inilah, bisnis tersebut berkembang pesat dan berhasil mendapatkan banyak klien-klien perusahaan besar, seperti Pertamina, Cargill, PT POS, FK UI, Greenpeace, dan lain sebagainya...
Jadi jangan terburu-buru untuk buka bisnis... lakukan dulu analisanya supaya tidak menyesal nanti ternyata setelah bisnis buka sepi orderan... Dengan melakukan analisa dan perencanaan yang matang, maka kemungkinan berhasilnya akan jauh lebih besar...
Buat agan yang mau dapet info dan tips terbaru seputar bisnis online dan digital marketing, join channel Kaya Dengan Internet Bareng Mulia Primanta disini!
0
394
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan