CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Mencuci Tangan Bisa Mencegah Penyebaran Virus Corona, Kapan Kita Harus Melakukannya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e72060668cc9564ff59a9dd/mencuci-tangan-bisa-mencegah-penyebaran-virus-corona-kapan-kita-harus-melakukannya

Mencuci Tangan Bisa Mencegah Penyebaran Virus Corona, Kapan Kita Harus Melakukannya?

Life Extension Indonesia - Pandemi virus corona semakin meluas, sedangkan vaksin pun belum ditemukan. Menurut Lembaga Kesehatan Dunia (WHO), mencuci tangan bisa mencegah penyebaran virus corona, kira-kira kapan kita harus mencuci tangan?
 

1.    Saat tangan terasa kotor

Kita pasti pernah merasa kalau tangan kita kotor, meskipun saat dilihat tidak ada noda apa pun di tangan. Jika kamu merasakan hal itu, maka segera cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

 

2.    Setelah buang air

Kita juga harus mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setelah buang air. Kenapa? Karena setelah buang air, kita pasti menyentuh flush. Kita tidak tahu kuman apa saja yang menempel pada flush. 

 

3.    Setelah batuk atau bersin

Saat batuk atau bersin, kita harus menutup mulut dan hidung menggunakan kedua telapak tangan. Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

 

4.    Setelah kontak dengan orang sakit

Kita tidak tahu apakah telapak tangan orang yang kita jenguk itu bersih atau tidak. Untuk meminimalisir penyebaran virus dan bakteri dari orang sakit, maka kita sebaiknya mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

 

5.    Sebelum, saat, dan setelah menyiapkan makanan

Kita harus mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Namun, kamu sudah tahu belum kalau kita juga harus mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebelum, saat, dan setelah menyiapkan makanan?

 

6.    Setelah menggunakan toilet

Saat menggunakan toilet (terutama toilet umum), kita mungkin menyentuh benda yang sudah disentuh banyak orang. Untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh, kita pun harus mencuci tangan setelah menggunakan toilet.

 

7.    Setelah menyentuh hewan

Kita suka tidak sadar menyentuh hewan di pinggir jalan karena lucu. Namun, kita tidak tahu kuman apa saja yang menempel pada hewan tersebut. Jadi, jangan lupa cuci tangan setelah menyentuh hewan.

 

8.    Setelah membersihkan kotorana hewan

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan? Jika iya, kamu pasti pernah membersihkan kotoran mereka, kan? Setelah melakukan kegiatan itu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, ya!

 

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

 

-      Basuh kedua tangan menggunakan air mengalir, kemudian ambil beberapa tetes sabun.

-      Gosok telapak tangan selama beberapa detik. Setelah itu, pindah ke bagian sela-sela jari.

-      Jika sudah, jangan lupa untuk menggosok bagian ibu jari dan ujung jari yang lainnya dengan merata.

-      Lanjutkan menggosok punggung tangan dan pergelangan tangan hingga benar-benar bersih.

-      Jika sudah, bilas menggunakan air mengalir dan keringkan dengan tisu. Tutup kran air menggunakan tisu, lalu buang ke tempat sampah.



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di