CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gatot Gaungkan Salat Jemaah di Tengah Corona, MUI: Islam Itu Rasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71cf49e83c72647d3c86ee/gatot-gaungkan-salat-jemaah-di-tengah-corona-mui-islam-itu-rasional

Gatot Gaungkan Salat Jemaah di Tengah Corona, MUI: Islam Itu Rasional

Gatot Gaungkan Salat Jemaah di Tengah Corona, MUI: Islam Itu Rasional

Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menggaungkan gerakan makmurkan masjid dan salat berjemaah di tengah meningkatnya wabah virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan Islam adalah agama yang sangat rasional.
Wasekjen MUI Misbahul Ulum awalnya menanggapi pernyataan Gatot yang menyebut di China banyak orang yang bukan beragama Islam ramai-ramai mendatangi masjid dan belajar wudu hingga ikut salat berjemaah. Menurutnya, itu perlu didalami lagi apakah benar atau tidak.
Misbahul kemudian bicara soal ajakan Gatot agar umat Islam tetap memakmurkan masjid dan salat berjemaah di tengah wabah Corona. Dia mengatakan Islam adalah agama yang rasional.

"Kita memang lari dari takdir, tapi ke takdir yang lebih baik, kan seperti itu. Jadi pandangan MUI sebagaimana di fatwa itu kita tidak menyikapi terhadap pandangan orang lain, bahwasanya Islam itu sangat rasional," katanya saat dihubungi detikcom via telepon, Rabu (18/3/2020).
"Jadi sampai Nabi kan kalau zaman Nabi itu kalau ada wabah semacam itu yang dari satu daerah itu tidak boleh ke luar dan dari luar tidak boleh ke dalam. Nabi sama-sama memberi penghargaan kepada mereka bahwa tidak keluar dari daerah tersebut. Kalau meninggal adalah meninggal sahid. Tapi bukan berarti kita langsung ada daerah supaya mati sahid kemudian kita ke kampung yang kena wabah itu, tidak," sambungnya.




-UNTUK KITA RENUNGKAN- Sepertinya ada yang keliru..?? Di negeri asalnya covid-19-cina, yg penganut paham komunis dan sebagian besar tdk beragama beramai-ramai mendatangi Masjid dan Belajar Berwudhu hingga mengikuti Sholat Berjamaah. Namun di negeri Mayoritas Muslim justru sebaliknya..?? Mereka beramai-ramai Mengaungkan phobia dgn Masjid. Seakan-akan Masjid sebagai Sumber Penularan Covid-19..?? Lalu apakah mall, lift sarana umum, gereja, vihara, temple, klenteng "lebih aman" daripada Masjid..?? (Kita harus belajar pd pengurus gereja, vihara & pura/klenteng itu yg Tak Pernah Ada Himbauan untuk Larang warganya untuk beribadah disana). Padahal disana mereka tidak pernah berwudhu..?? Ada apa ini dan pikiran siapa yang mengajak demikian ??? Hingga Umat Islam lupa bahwa Masjid adlh Tempat yang Paling Aman untuk Berlindung dari Segala Bencana..?? Mengapa Umat Islam tidak Menggaungkan Himbauan "Selalu" menjaga Wudhu & Sholat Berjama'ah..?? Wa Allahu'alam bii showab.. Semoga Allah SWT Menjaga dan Memberi Petunjuk Umat dari Segala Kekeliruan. Aamiiin. Yaa Robbal 'Alamiin. AYO MAKMURKAN MASJID & GALAKKAN GERAKAN SHOLAT BERJAMA'AH UNTUK MINTA PERTOLONGAN ALLAH..!! (Jadikan Sholat & Sabar Sebagai Penolongmu..!!) Virus Corona (covid-19) adalah ciptaan Allah dan yg kena pasti juga atas ketetapan Allah.
A post shared by Gatot Nurmantyo (@nurmantyo_gatot) on Mar 17, 2020 at 4:04pm PDT


Gatot Gaungkan Salat Jemaah di Tengah Corona, MUI: Islam Itu Rasional

Lanjut Misbahul, MUI sangat menghargai setiap pandangan, termasuk pandangan soal aspek kesehatan dan lainnya. Namun dia juga mengingatkan bahwa Arab Saudi sendiri memberlakukan aturan yang ketat soal menghadapi virus COVID-19 ini. Dia tetap meminta masyarakat mengikuti fatwa MUI dan juga arahan pemerintah.

"Kita mengharapkan dengan adanya adanya fatwa MUI, imbauan dari pemerintah daerah setempat, kita itu semakin peduli terhadap itu. Karena dari pandangan Islam kita itu tidak boleh dalam bahaya dan membahayakan orang lain. Kita umpamanya sehat, terus di daerah merah misalnya kemudian kita pergi ke masjid, menurut pandangan kita bisa jadi membahayakan kepada kita tapi bisa jadi kita justru membahayakan orang lain yang kebetulan mungkin imunnya rendah, kecapekan dan lain-lain. Di dalam Islam itu kita tidak boleh dizalimi dan menzalimi istilahnya, tidak boleh menzalimi diri sendiri dan tidak boleh menzalimi orang lain. Seperti itu," paparnya.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri telah meminta masyarakat melakukan social distance guna mencegah penularan virus Corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi pada Minggu (15/3) lalu.

Jokowi juga meminta masyarakat tidak panik. Kegiatan yang biasa dilakukan di luar, seperti bekerja, belajar, hingga beribadah, bisa dilaksanakan di dalam rumah. Masyarakat juga diminta menjauhi tempat-tempat keramaian, seperti mal, dan tempat wisata. Di DKI Jakarta sendiri, Pemprov juga menutup sementara tempat wisata, seperti Monas dan Ragunan.

"Saat ini yang penting social distance, menjaga jarak. Dengan kondisi itu, kita kerja dari rumah, belajar dan ibadah di rumah," ujar Jokowi.


https://news.detik.com/berita/d-4943...13.1541780864

KOK JADI RIBUT?

SOLAT Y SOLAT AJA, PENTING JGN DITINGGAL

UTAMAKAN KESEHATAN. KALO SAKIT MALAH GA BISA SOLAT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 3
si gatot enih kan mbahnya kadrun, lagi cari panggung krn namanya dah tenggelam sejak sebelum pilpres emoticon-Leh Uga maksud hati mo nyapres di 2019 eh kagak ada partai yg mo lirik, 2024 pa lagi, dijamin Wowok yg menang emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Pak Gatot silakan komitmen untuk tetap sholat berjamaah seperti yang digaungkan ya. Jangan sebatas tulisan. emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
gikogaza dan gabener.edan memberi reputasi
namanya juga gatot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokohadiningrat dan 2 lainnya memberi reputasi
JGN TAKUT SAMA CORONA
TENTARA OWOH GA BAKAL NYERANG YG SEIMAN
KALO SAMPE KENA BRARTI MELESET
ANGGAP AJA TIKET CEPAT KETEMU 6LUSIN BIDADARI
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan gabener.edan memberi reputasi
artinya gatot ga rasional dong?
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
awas jaga jarak dengan kadrun
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan gabener.edan memberi reputasi
Jangan dengerin omongan orang tentang sesuatu yg bukan ahlinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 2 lainnya memberi reputasi
Anjay parah bener ini statement eks jendral emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan gabener.edan memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Astaga,
pak jendral gatot lebih MUI daripada MUI


emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan tukangbeling7 memberi reputasi
Ooohhh....si Gatot
yg kompeten mau mencegah
ini malah
emoticon-Cape d... (S)
urusan internal, nyimak aje
GAgal TOTalemoticon-Ngakak
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
Diubah oleh bl0job
mgkn ini jendral sebenarnya nastaik garis keras, dia punya agenda biar para kadrun bnyk yg terkena corona dan modar berjamaah
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
rasional? lebih tepatnya RADIKAL
Sebetulnya, adanya virus jenis baru ini membuktikan (evidence) adanya evolusi dan mutasi. Virus cukup cepat berkembang biak, setara dengan bakteri, sehingga bisa berlangsung cepat. Sedangkan manusia dan mamalia lain tidak.

Mamalia yang cukup cepat adalah tikus, karena itu sering dipakai untuk percobaan, supaya bisa diketahui efek obat dan vaksin pada generasi ke-2, 3, 4, dst. Baru dicobakan ke manusia.

Mengapa MUI langsung bikin pernyataan ini, karena takut membernya hilang. Untuk mencegah hilangnya pendapatan, dan secara tidak langsung jika semakin berkurang juga kucuran dana dari pemerintah.

Hati2 kita semua bisa ikut kena jika masih ada orang yang berkumpul besar-besaran. Contoh di Korea. Juga di Malaysia. Orang yang ga ikut kumpul-kumpul tetap saja kena getahnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh warnacemerlang
iran kena banyak
Oi Pak jangan lupa banyakan mudharatnya klo wabah gini berjamaah dari pada manfaatnya.. Klo nyari tambahan pahala, ya perbanyak sedekah ato baca Al Quran aja, ga usah maksa berjamaah..

profile-picture
profile-picture
nomorelies dan galuhsuda memberi reputasi
nyamuk dulu bre
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di