CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
(Gimana Nih+++) Makin Lama Indonesia Malah Makin Ketinggalan Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71b5d8c82084245861f601/gimana-nih-makin-lama-indonesia-malah-makin-ketinggalan-gan

(Gimana Nih+++) Makin Lama Indonesia Malah Makin Ketinggalan Gan

Indonesia di awal kemerdekaan merupakan negara yang tertinggal. Hal itu dapat dimaklumi mengingat di zaman penjajahan mayoritas rakyat Indonesia, sekitar 80 persen lebih, tidak mendapatkan kesempatan memperoleh pendidikan. Nah, di masa kemerdekaan kita mencoba memperbaiki itu dengan memberikan akses pendidikan seluas-luasnya kepada generasi muda.

Memang ada perbaikan dengan semakin banyaknya generasi muda yang bersekolah. Tetapi timbul pertanyaan bahwa negara lain pun sama dengan Indonesia, bergerak semakin maju. Hal itu menyebabkan Indonesia justru semakin ketinggalan. Diantaranya adalah Mesir.

(Gimana Nih+++) Makin Lama Indonesia Malah Makin Ketinggalan Gan

Data dari Wittgenstein Human Capital, masyarakat Indonesia kelahiran tahun 1941 hingga 1945, sebanyak 53,9 persen berhasil menamatkan pendidikan SD atau lebih sementara Mesir hanya 27,5 persen. Jadi pada tahun 1950-an pendidikan Indonesia sudah unggul dari Mesir dimana mayoritas telah berhasil menamatkan SD atau lebih.

(Gimana Nih+++) Makin Lama Indonesia Malah Makin Ketinggalan Gan

Tapi untuk generasi kelahiran tahun 1986 hingga 1990, Mesir telah melakukan kenaikan pendidikan luar biasa. Sebanyak 74,2 persen masyarakat kelahiran tahun tersebut telah berhasil menamatkan jenjang SMA atau lebih sementara Indonesia tertinggal dengan angka 52 persen. 

Bisa dilihat di grafik Indonesia yang awalnya lebih tinggi kemudian menjadi kalah tinggi dibandingkan Mesir gan.

Malah jika melihat prediksi tahun 2030, generasi kelahiran tahun 2001 hingga 2005, yang sekarang masih usia sekolah, diperkirakan 90,3 persen masyarakat Mesir akan menamatkan jenjang SMA keatas. Bagaimana dengan Indonesia?

Di generasi yang sama hanya 71,3 persen yang tamat SMA keatas. Jauh ketinggalan bukan?

Sumber : wittgensteincentre.org
Diubah oleh indonesia85000
kalem. msih bisa dikejar gan emoticon-Kimpoi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di