CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71b393facb9544a95eee41/mobil-batik

Mobil Batik

Mobil dengan variasi sticker bermotif batik masih digemari oleh kalangan tertentu seperti artis2.  Bahkan terbatas kepada mobil mobil kantor untuk identitas kulturnya. Masyarakat kita lebih memilih desain desain POP yang bertebaran di search engine seperti Yahoo atau Google. Desain di Copy_Paste lalu diaplikasikan ke mobilnya dengan media sticker/decal. Melihat fenomena ini kami, ninosticker, berasumsi bahwa kita sebagai bangsa besar, masih rendah diri padahal kita punya kekayaan visual yang luar biasa dari batik. Bahkan pakaian batik hanya dipakai pada acara acara tertentu saja seperti hajatan, belum menjadi kebanggaan.

Batik sebagai seni visual/grafis bagi NINOSTICKER adalah desain yang luar biasa. Selain bentuknya yang artistik juga memiliki makna filosofis yang kaya. Kita baru bereaksi ketika produk budaya kita diclaim oleh bangsa lain. Setelah itu?

Generasi milenial mulai melihat batik sebagai referensi desain, mereka seakan siap membumikannya. Desainnya dikembangkan dan beradaptasi dengan desain POP seperti flame,stripping, siluet, dll. Ini sesuatu yang luar biasa. Kreatifitas mereka seperti melampaui generasi generasi sebelumnya yang menempatkan hanya pada ruang dan waktu terbatas (hajatan). Mereka mulai membuat gebrakan  membatik mobil, motor, fasade, kaos, sepatu, tas, casing HP dan banyak lagi. 

Batik menjadi lebih fresh. Tidak berhenti pada pakem yang kaku. Motif batik pesisir bertemu motif batik pedalaman. Bentuk dan warna diotak atik supaya terlihat lebih minimalis. Warna batik pedalaman tidak lagi dominan coklat tua, sekarang ada pink, biru atau apasaja. Motif toraja bertemu motif pekalongan. Motif jogja bertemu motif bali. Ini adalah cara supaya batik bisa eksis dan beradaptasi dengan zaman. Seniman dan desainer bahkan orang biasa pun mulai bereksperimen membuat bentuk bentuk baru. 

Mereka punya Marvel, kita punya Batik. Ayo menjadi ekstrimis yang positif. Membatik mobil, jaket, T-Shirt, sepatu dll. Bangga dengan kekayaan seni visual bangsa kita. Dari Aceh sampai Pulau Rote. Dari sabang sampai merauke berjajar batik batik. Aku Cinta Indonesia!!

profile-picture
aldysadi memberi reputasi
Diubah oleh VivaCS


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di