CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Figures /
Jika Pecah Perang di Laut Chna Selatan, Banyak Negara Berpotensi Terlibat Pertempuran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71b075f4d6951f9f734328/jika-pecah-perang-di-laut-chna-selatan-banyak-negara-berpotensi-terlibat-pertempuran

Jika Pecah Perang di Laut Chna Selatan, Banyak Negara Berpotensi Terlibat Pertempuran

Pasang surut persoalan laut China Selatan sudah cukup panjang. Persoalan mendasar adalah karena para pihak merasa memiliki hak dan kedaulatan atas wilayah yang disengketakan. Ini tidak hanya melibatkan dua negara, tetapi melibatkan banyak negara karena wilayah yang diklaim oleh China ini sangat luas sekali. Artinya bukan hanya dengan Taiwan saja, tetapi juga dengan beberapa negara ASEAN, termasuk didalamnya dengan Indonesia karena menyangkut wilayah kepulauan Natuna.
Dalam sebuah kesempatan di sore hari yang cerah, Minggu(5/1) Pengamat Laut China Selatan Dede Farhan Aulawi di kediamannya bersedia menerima media untuk menanyakan beberapa hal terkait memanasnya situasi Laut China Selatan (LCS). Menurut pengamatan Dede, situasi di LCS saat ini memang sangat tidak kondusif. Akan tetapi dalam situasi yang panas ini ada baiknya kita selalu mengedepankan penyelesaian – penyelesaian persoalan dengan bijak, atau istilahnya soft approach. Selama ruang dialog dan advokasi diplomasi masih bisa dijalankan, mungkin perlu mengutamakan ini. Termasuk kemungkinan penyelesaian sengketa melalui jalur internasional. Akan tetapi jika semua ruang diplomasi sudah tertutup, maka pilihan terakhir melalui jalur perang mungkin tidak bisa dihindarkan. Indonesia tidak pernah mencari musuh, tetapi jika ada yang memerangi tentu wajib untuk dilawan. Latihan – latihan militer yang dilakukan di sebuah negara itu tujuannya adalah sama, untuk mengasah kesiapsiagaan jika terjadi perang. Kemungkinan perang memang kecil, tetapi jangan menegasikan kemungkinan timbulnya perang, karena saat kita menegasikan kemungkinan untuk itu, maka musuh akan melihat kita sebagai negara yang lemah. Tegas Dede.


http://jaringanpos.com/jika-pecah-pe...t-pertempuran/

profile-picture
profile-picture
profile-picture
wbros dan 2 lainnya memberi reputasi
jangan ada perang di antara kita wkwkwk
profile-picture
ojo.kondor memberi reputasi
Quote:


Iya bener banget tuh. Bisa bikin sengsara
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Gak dibikin aja udeh sengasara pan ya? Wkwkkwk
profile-picture
ojo.kondor memberi reputasi
Quote:


Iya bener banget. Apalagi dibikin emoticon-Ngakak
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Awas kering giginya tuh om
profile-picture
ojo.kondor memberi reputasi
Quote:


Nggak dong.. kan setiap tiga puluh menit bang jo basahin
numpang nenda emoticon-Kaskus Radio
Post ini telah dihapus oleh KS06
ngeri gan, apalagi klo pake senjata biologi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di