CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7190c6c9518b05f94235f1/sudah-tahu-dampaknya-kalau-ri-lockdown-ngeri-lho

Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho

Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho

Jakarta - 
Sejumlah negara sudah melakukan lockdown untuk menekan penyebaran virus corona. Langkah ini belum menjadi opsi pemerintah Indonesia. Lalu, apa yang terjadi jika Indonesia sampai lockdown?

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyebut jika terjadi lockdown di Indonesia dampaknya jauh lebih besar dibandingkan negara-negara lain. Mengingat jumlah tenaga kerja Indonesia lebih banyak di sektor informal.

"Lockdown itu untuk Indonesia dampak negatifnya jauh lebih besar dari negara lain karena banyak yang di sektor informal. Pedagang bakso nggak bisa jualan bakso. Berapa ribu masyarakat kita yang jualan bakso, yang jualan ketoprak, yang jualan pecel, yang jualan siomay, yang buka warung. Mereka akan kehilangan income. Berapa lama mereka bisa bertahan," ujar Piter kepada detikcom, Selasa (17/3/2020).

Itu sebabnya jika lockdown terjadi, pemerintah harus menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat menengah ke bawah yang bekerja di sektor informal.

"Pemerintah harus menyiapkan itu. Kalau nggak, mereka akan kesusahan," katanya.

Dihubungi terpisah, Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BCA) David Sumual mengatakan jika lockdown dilakukan maka dampaknya di Jakarta sangat lebih berpengaruh terhadap perekonomian nasional. Mengingat 75% pergerakan uang dalam perkonomian nasional terjadi di Jakarta.

"Dampak ekonominya agak sukar dihitung karena kita belum tahu berapa lama (jika lockdown) akan terjadi. Lockdown-nya misalnya seminggu, dua minggu, sebulan, beda hasilnya. Kalau dilakukan di Jakarta akan cukup signifikan pengaruhnya karena porsi Jakarta terhadap ekonomi nasional besar. 75% peredaran uang kan adanya di Jakarta, Jabodetabek," sebutnya.


Meski begitu, pengaruh pertumbuhan ekonomi di tengah situasi saat ini dianggapnya tidak masalah. Mengingat hampir semua negara mengalami penurunan ekonomi akibat virus corona ini.

Lalu, apakah Indonesia perlu mengikuti jejak Malaysia dan negara lain yang memutuskan untuk lockdown karena virus corona?



Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BCA) David Sumual mengatakan secara tidak langsung Indonesia terutama Jakarta sudah menerapkan semi lockdown. Mengingat sejumlah pekerjaan dan kegiatan belajar dilakukan dari rumah.

"Sebenarnya sekarang sudah lockdown di jalanan kan sudah menyepi, lalu lintas setengahnya lah dari biasanya. PNS, sekolah juga sudah diliburkan, tempat wisata ditutup jadi sudah semi lockdown," katanya.

Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho
Menurutnya, kebijakan melakukan semi lockdown cukup sebagai antisipasi penyebaran virus corona sampai melihat perkembangan yang terjadi. Dengan begitu bisa menjaga ketersediaan rumah sakit agar tercukupi.


"Menurut saya semi lockdown sudah cukup bagus menghindari penyebaran (virus corona) sehingga infrastruktur rumah sakit kita sanggup menangani," terangnya.

Dihubungi secara terpisah, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyebut memutuskan untuk lockdown bukanlah hal yang mudah mengingat harus ada berbagai persiapan yang dilakukan pemerintah.

"Lockdown itu harus dengan pertimbangan yang sangat matang. Benar-benar detail bukan asal kebijakan," sebutnya.

Untuk kondisi sekarang, ia mengajak masyarakat agar mematuhi arahan dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar dan mengurangi kontak secara fisik.


"Kita tidak ingin lockdown, yang bisa kita lakukan sekarang ini adalah isolasi secara terbatas. Tapi ini harus diikuti dengan benar-benar kedisiplinan masyarakat karena sebenarnya virus corona ini bukan masalah mematikan atau tidak, tapi lebih kepada virus ini sangat cepat menular, itu yang berbahaya," ujarnya.

Pemerintah harus siapkan ini jika RI sampai lockdown.



Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyebut pemerintah harus mempersiapkan sejumlah hal jika opsi ini diterapkan di Indonesia.


"Pemerintah harus mempersiapkan skenario terburuk apabila pemerintah harus terpaksa melakukan lockdown. Kalau itu terjadi jangan sampai lockdowndilakukan tanpa sebuah perencanaan karena dampak negatifnya jauh lebih besar apabila kita mengalami lockdownyang tidak terencana," katanya kepada detikcom, Senin (17/3/2020).


Adapun yang harus dilakukan pemerintah yaitu menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat menengah ke bawah yang bekerja di sektor informal. Hal ini untuk menghindari adanya masalah sosial.
Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho


"Mereka (pemerintah) harus siap membantu untuk memberikan bantuan langsung tunai. Mereka (masyarakat menengah ke bawah) harus diberi incomeketika masa lockdown diberlakukan agar tetap bisa berkonsumsi," ujar Piter.



Pengamat Ekonomi David Samual menambahkan, sebelum menetapkan lockdown, pemerintah harus menyiapkan pasokan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.


"Dari sisi logistik pangan terutama, harus ada persiapan kalau mau dilakukan (lockdown)," sebutnya.



Selain itu, juga harus disiapkan penyediaan alat-alat kesehatan yang memadai di sejumlah rumah sakit. Mengingat jika terjadi lockdown lalu lintas barang kemungkinan akan terganggu.

"Harus ada stimulus fiskal dari pemerintah terutama untuk penyediaan alat-alat kesehatan dalam rangka persiapan. Misalnya lockdown kalau alat kesehatannya nggak ada repot juga. Jadi memastikan dulu rumah sakitnya siap, dari jumlah rumah sakitnya, jumlah kamarnya, terus alat-alat kesehatannya," terang David.



Sumur detik finance

Komen TS: 
Jangan contoh negara lain pls.. ga ada negara yang situasi kondisinya 75% mirip Indonesia (paling mendekati menurut gw Russia atau USA, tapi mereka bukan kepulauan).. Singapura itu praktis cuman negara 1 pulau doang.. Italia konsentrasi populasinya di semenanjung Appenine doang..  

Indonesia ini:
Negara kepuluauan, populasi ratusan juta, rerata tingkat pendidikan masih rendah, 75% perputaran uang di Jabodetabek, belom lagi banyaknya pekerja non-formal seperti yang disebutkan di atas... Salah satu skenario terburuk lockdown adalah kerusuhan, yang mana (mungkin) didambakan oleh para oportunis politik

Dari bincang2 di berbagai grup whatsapp yang saya ikuti, kebanyakan orang ga ngerti lockdown seperti apa, boro-boro implikasinya.. 
Jarang ada yang ngeh klo lockdown berarti "ga boleh keluar dari rumah" - masih banyak banget yang mikir lockdown berarti magabut, ga sekolah, ga kerja (tapi tetap dapat gaji).. 

God bless my country
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 10
Kadrun..

Di satu sisi ngarep lockdown.
Di sisi lain teriak katanya pemerintah jangan halangi ibadah.

Dan salah satu hasilnya adalah..

Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho

Semoga lekas sembuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Terus solusinya kalau ga lockdown apa dong bre?

Mau nunggu sampe udah nyebar ke semua lini baru di lockdown?

Ini masalahnya nyebar penyakitnya. Rakyat indo saja ga bisa wfh. Disuruh diem di rumah ga bisa. Alesannya karena mereka bisa ga makan besok. Itu betul. Begitu juga buruh.

Tapi lalu solusi yang TS tawarkan apa selain lockdown?

emoticon-Bingung emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
ngeri bingits
profile-picture
ulil14albab14 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sudah tau dampaknya kalo ngga lokdon
lebih ngeri lhoooemoticon-Leh Uga
karena pasien tdk ditangani dgn baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yantaru dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho

Eh loh, kan teman-teman buruh ente Senin kemarin lantang banget teriak katanya Corona ga ada apa-apanya dibanding Omnibus Law.
Kok ente takut? emoticon-Ngakak

Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyanYulio dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
self imposed lockdown vs government enforced lockdown

yang waras dan takut kena silahkan pilih opsi 1
yang gila silahklan pilih opsi 2
yang kaga ada duit segera gadai harta atau cari utangan terus pilih opsi 1
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ga Kerja dapat Gaji emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyanYulio dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yang grusuh grusuh Jokowi minta segera Lockdown tuh biasa Lawan Politiknya..

kalo di Lockdown se Indonesia, ekonomi makin hancur, rakyat jelata makin susah hidupnya, yang kaya tenang tenang aja nimbun sembako, terjadi kesenjangan, berpotensi membuat kerusuhan.. nah ini yang ditunggu... jadi bahan untuk menggulingkan jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yahyal010 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tetap hati², waspada dan jaga jarak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wind0127 dan 3 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jkwselalub3n4r memberi reputasi
Lagi2 yg digaungkan kalau lockdown itu bencana ekonomi, masyarakat ga bisa jualan, ekonomi turun ..... Kalau ga dilockdown dan terjadi ledakan penderita, fasilitas kesehatan ga sanggup nampung terus gimana ? Kalau terjadi ledakan penderita ekonomi pasti hancur, travel ban dari negara lain .... Lihat contoh Italia, negara2 Eropa, bahkan US juga kelimpungan

Terus apa solusinya ? Sosial distancing ? Efektif ga untuk masyarakat +62 ? Mau niru Korea, Jepang, Singapura ? Masyarakat nya disiplin tinggi, sehari bisa tes ribuan bahkan lebih orang .... Indo sanggup ?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Natsirrazaq dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Menurut saya biarin saja, mungkin kita jadi salah satu korban yang sembuh atau meninggal.

Kalau masih muda kemungkinan sembuhnya besar, indonesia punya lebih banyak orang orang muda.beda dengan italia.

Jadi yang tua harus mengalah, ga perlu minta buru buru diselamatkan, baik yang kaya, yang miskin ataupun pejabat. Ya yang tua dan berpenyakitan setidaknya lebih tau diri. Yang tua tya segeralah beristirahat, biarkan yang muda muda tetap mencari nafkah dan menjalankan roda perekonomian.

Dan bagi para pemuda jaga selalu kebersihan dan kesehatan.

Vaksin pasti ada dan ketemu secepatnya.

Tapi kalau ekonomi runtuh. Hidup pasti makin berat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elfferis dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ekliptika
lesser of two evil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 3 lainnya memberi reputasi
Dilock down, masyarakatnya malah jadi brutal emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)





BATA emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamoes27 dan 9 lainnya memberi reputasi
gak lokdon aja sepi kok.
apa lagi benr bener lokdon.
makin amburadul dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 2 lainnya memberi reputasi
Gua menyayangkan banget tindakan pemerintah dulu pas covid19 ini baru2 mulai.. pencegahannya sembrono, ngawur, ngentengin jadi sekarang managenya udh terlanjur susah. Itu masa lalu dan udh terjadi.

Nha sekarang... Liat aja abang2 cilok, abang cendol, neng2 jualan pecel, abang gojek. Lockdown akan membunuh mereka seketika!! Kalo ga lockdown? Ya mereka kemungkinan akan sakit tapi kemungkinan besar akan sembuh. Terus gimana? Pilihan biasanya bukan cuma baik vs buruk, terkadang buruk vs buruk sekali. Kondisi keuangan negara juga lagi missqueen gini ya satu2nya cara manage penyebaran penyakitnya terkontrol agar fasilitas kesehatan ga overwhelmed. Ini butuh kerjasama kita semua, banyak banget kekurangan pemerintah tapi mbok ya please para kadrun itu bantu juga.. ini pandemi lho, bukan pemilu.

saran ane... jaga diri masing2 bray, kurangin kegiatan yg ga perlu, yang sangean ditahan dulu, yg pacaran jangan grepe2 dulu, jangan begadang, jaga kesehatan. Mungkin 60%-80% dari populasi Indonesia bakal terkena jika pandemi ini tidak melemah atau belom juga ditemukan vaksinnya. Korban berjatuhan tapi mungkin bisa dimanage agar sekecil mungkin. Yg sudah terkena dan sembuh bakal menjadi benteng penyebaran ini dan pada titik tertentu akan berakhir...

Ini konsekuensi kita hidup di negara yg kere cuma mentingin infrastruktur ama bisnis konglomerat aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh boringman
Lihat 1 balasan


Sudah Tahu Dampaknya Kalau RI Lockdown? Ngeri Lho

Opsi terakhir cuman lockdown

Perekonomian bisa dipulihin.
Orang yg udah mati gak bisa dipulihin.
Emang mau apa temen atau saudara masuk statistik di situ.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pilih selamatkan ekonomi daripada nyawa, akhirnya ekonomi hancur & banyak nyawa melayang. dia bodoh gak salah, yg salah ya yg milih emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
indonesia di lockdown malah banyak yg jalan jalan emoticon-Betty
kalo mau lock down , suruh orng orang pendatang musdik ke kampung masing masing , lock down di kampung sendiri lebih baik daripada lock down di kota orang .
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di