CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
JK: Pemerintah Bisa Larang Mudik Lebaran Demi Cegah Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e717cad7e3a721eb21df1ff/jk-pemerintah-bisa-larang-mudik-lebaran-demi-cegah-corona

JK: Pemerintah Bisa Larang Mudik Lebaran Demi Cegah Corona

JK: Pemerintah Bisa Larang Mudik Lebaran Demi Cegah Corona

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla mengatakan pemerintah berwenang melakukan tindakan tegas mencegah penyebaran virus corona, salah satunya melarang kegiatan mudik yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia saat Idul Fitri.

"Kalau keadaan darurat, pemerintah boleh melakukan apa saja secara tegas," ujar JK, Selasa (17/3).


"Pemerintah boleh mengatakan 'Sementara ini tidak boleh mudik agar jangan tersebar itu (virus corona) di daerah.' Itu bisa," lanjutnya.

Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK ini menegaskan tidak ada kewajiban bagi umat muslim untuk mudik.


"Dalam bulan puasa itu kan yang wajib puasanya, tarawihnya. Mudik itu kebiasaan (masyarakat Indonesia) saja," kata pria yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) tersebut.



Mudik telah menjadi ritual rutin yang dilakukan umat Islam di Indonesia menyambut Idul Fitri. Ratusan bahkan jutaan orang yang merantau, pulang ke daerah asal mereka menjelang akhir Ramadan, untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman.


Catatan dari Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu mencatat pada 2019 jumlah pemudik yang memanfaatkan kereta api, kapal, dan pesawat berjumlah 11.531.775 orang. Dengan jumlah pemudik sebanyak itu,  mudik bisa jadi saran penularan virus corona dari orang ke orang.



Atas hal itu JK mendorong pemerintah untuk tidak ragu membuat kebijakan melarang mudik. Menurutnya tindakan tegas bisa diberlakukan pemerintah pada masa darurat.

"Dalam kondisi darurat boleh kok (pemerintah) bertindak lebih keras," ujarnya. (ndn/wis)



CNN Indonesia

hai corana keamu kok jahat :,))


emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Sorryemoticon-Ultahemoticon-Sorryemoticon-Matabeloemoticon-Mewekemoticon-Matabeloemoticon-Mewekemoticon-Ngacirngaciremoticon-Repostlehugaemoticon-Kemana TSnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ini nih yang pantes jadi wapres,bukan tukang setempel emoticon-Ngacir


Bat@!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Beh, ketua dewan masjid gerak cepat. emoticon-shakehand
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh Jangan.maling
okelah terserah elu ane bs plg lebih awalemoticon-Leh Uga
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
somad gak bisa mudik
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan rizaradri memberi reputasi
Si Opa begitu ga menjabat malah kang kompor terselubung.

Maksudnya mau bentrokin pemerintah dengan kadrun garis keras, Opa? emoticon-Leh Uga
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Sprtinya begitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Bagus pak JK , omongan dan saran pak jk paling rasional dripada pejabat- pejabat di pemerintahan ,
Harusnya pak jk yang nanganin jadi kepala penanganan covid 19 di indonesia
profile-picture
profile-picture
sirnasari dan rizaradri memberi reputasi
Mudik itu kan ketemu orang tua
Which is usianya sangat rentan


Mnrt ane, peran MUI, ustad dan ulama saat ini sangat genting
Krn kl hal2 yg ada unsur agamis kek gini pencetusnya dr pemerintah
Bakal banyak yg emosi
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Tolong stay at home. Ibadah cukup di rumah saja, silahturahmi dibatasi. Bantu lelahnya mereka drngan memutus mata rantai virus ini. Indonesia kalian kuat kalian bisa JK: Pemerintah Bisa Larang Mudik Lebaran Demi Cegah Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greenology
Lihat 1 balasan
Sepakat..gila kalo mudik mobilitas manusianya aktif sekali..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Pak Toa jadi berisik banget belakangan.. Udah tau, pak toa..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Bagii yang koar-koar lockdown.. pada prinsipnya dilarang keluar rumah.. apalagi mudik ke kampung halaman..

skenario ideal menurut gw sih.. tidak lockdown (masih bisa bekerja walaupun mayoritas WfH) kemudian melarang mudik (dan membatasi semua pergerakan antar wilayah untuk urusan yang tidak urgent) - namun kok kayaknya mustahil ya?
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
udah dr kpan tau jek bnyk yg pulang kampung
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan rizaradri memberi reputasi
hayoloh klo pada mudik, otomatis orang2 kampung jadi kena

BATA!
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
aman dah katong gw ga di palakin ponakan ga ada salam2an ga ada duit lebaran emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan reid2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bagusnya,.mudik dilarang dulu tahun ini,.taro petugas di stasiun,bandara,jalan raya,.buat jaga di perbatasan kota...persetan dngan orang2 yng bilang menghalangi ibadah dan sbagainya.

Tapi gak yakin gw,si kowi gak tegas,..rada nyesel juga milih beliau kalau tahu penanganan corona santuy gini,.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


ya kalo ekonomi ga ambyar gan kalo ambyar ya makan krikilemoticon-Leh Uga
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Sepakat sama JK
Yang ngumumin harus MUI, NU, Muhammadiyah,
ormas serta tokoh2 agama (Kyai, ustadz, apalah namanya).
emoticon-cystg
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Kalau yg umumkan UAS pasti pada nurut, cuma dia mesti briefing tentara owoh biar nga salah sasaran terus
Tetep aja pasti bebal bnyk yg bakal mudik spt tahun² biasanya malah arus balik makin nambah mungkin emoticon-Ngakak .
Yg kagak mau mudik tp udh pesan tiket buruan refund kali aja bisa emoticon-Leh Uga
Diubah oleh hantumasam
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di