CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Waspadai Gejala Hiperaktif Pada Anak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71515c8d94d01f5125e3c8/waspadai-gejala-hiperaktif-pada-anak

Waspadai Gejala Hiperaktif Pada Anak

Deteksi Dini Anak Hiperaktif
Waspadai Gejala Hiperaktif Pada Anak

Ilustrasi Meries.co.id


Assalamu'alaikum gansist apa kabar? Ketemu lagi sama emak kece dua anak. Kali ini emak mau bahas soal anak hiperaktif sesuai pengalaman sendiri. Langsung aja cekidot ya 👇👇👇

Pernah lihat anak hiperaktif gansist? Sudah pasti kita akan dibuat pusing ngelihat tingkah mereka. Karena jangankan sampai 5 menit bisa diam, 1 menit saja sepertinya sangat susah.


Quote:



Kondisi hiperaktif sebetulnya bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Anak dengan kondisi ini memang sangat memerlukan bimbingan, hanya saja orang tua perlu telaten dan konsisten agar anak hiperaktif tidak berubah menjadi autism. Jangan sampe menjadi tipe orang tua mandor, dalam artian cuma bisa nyuruh tapi nggak mau bantu anak dalam setiap aktifitas.

Dari beberapa keterangan yang ane baca, autism dan hiperaktif itu beda tipis. Keduanya memiliki perbedaan, untuk mengetahui anak termasuk yang mana, itu juga memerlukan beberapa test. Jadi nggak sembarangan ya gansist.

Gejala hiperaktif bisa di deteksi sejak bayi loh gansist, tapi memang nggak semudah teori ya untuk mengetahui hal itu. Berikut beberapa gejala yang mesti agan dan sista curigai :

-Begadang

Normalnya anak-anak tidur itu biasanya dari selepas isya. Lebih tepatnya jam 20.00 dan paling telat jam 21.00. Anak hiperaktif mereka pun sama, bisa tidur di awal malam. Tapi setelah lewat jam 00.00 pasti akan bangun ngajak bergadang. Ini pengalaman sendiri bayangin aja Gansist bayi umur 6 bulan begadang dari jam 00.00 sampai subuh. Mungkin bagi sebagian orang akan menganggap bayi biasa begadang, tapi ini perlu di waspadai karena bisa jadi salah satu gejala awal.

-Sulit Berekspresi

Biasanya bayi sejak usia 6-8 mereka mulai mampu menunjukkan ekspresi. Marah, kesal, tidak suka akan mereka tunjukkan lewat tangisan. Kalau senang mereka akan tertawa, tapi ini nggak. Anak pertama yang hiperaktif, dia usia segitu susah diajak main, mau selucu apapun jarang dia bisa ketawa.


-Asyik Sendiri

Ini gejala yang paling menonjol gansist, anak hiperaktif itu lebih senang main sendiri dibanding bermain sama teman-teman sebayanya. Mungkin bagi sebagian orang kondisi ini sangat menguntungkan, karena anak main sendiri tanpa ditemani. Tapi kalau kelamaan dibiarkan, anak malah akan semakin asyik dan nggak peduli lingkungan sekitar.


-Terlambat Bicara

Kondisi hiperaktif bisa di perparah jika dibarengi dengan speach delay atau terlambat bicara. Banyak kasus anak hiperaktif hilang, itu semua bukan karena faktor kelalaian orangtua saja. Tapi karena mereka sulit berkomunikasi.


Uraian diatas hanya beberapa saja, masih banyak yang bisa dibahas tapi sayangnya thread akan sangat panjang. Lain kali ane akan buat thread baru untuk mengupas lebih tentang anak hiperaktif dan cara mengatasinya dengan terapi di rumah.

Sejatinya setiap anak adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa untuk kita jaga. Jangan kucilkan anak hiperaktif, mereka bukan anak nakal. Rangkul dan sayangi, mereka berhak hidup untuk disayangi bukan dikasihani.

Sekian thread kali ini, salam emak dua anak dan jangan lupa tinggalkan cendol.
Hatur nuhunemoticon-Angel


Sumber : Opini Pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 3 lainnya memberi reputasi
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 3 lainnya memberi reputasi
reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 3 lainnya memberi reputasi
Ane nih yang waktu kecil hiperaktif...
emoticon-Goyang

Sampek sekarang sih...
emoticon-Tepar
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan ummusaliha memberi reputasi
Quote:


Emang kagak bakal bisa hilang gan. Tapi minimal bisa diarahkan, itu aja sih
profile-picture
profile-picture
chibi251 dan adolfsbasthian memberi reputasi
Anak yang kecilnya hiperaktif biasanya cerdas dikala remajaemoticon-pencet
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya, memang dah nampak gan kecerdasannya dari kecil
profile-picture
profile-picture
chibi251 dan phyu.03 memberi reputasi
Quote:


Nah mantul tuhemoticon-Jempol
Kalo soal anak2 yang hyperaktif kudu punya solusi buat menyalurkan bakat2 mereka jadi keaktifan mereka tidak terbuang percuma, coba gimana pendapat bu guru @kicquck soal bahasan dalam trit ini.

Moga ada tambahan buat mbak tsemoticon-Jempol
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Quote:


Yuapss bener banget gan, ane pribadi harus selalu ikut terjun dalam kegiatan dia. Tanpa sadar, sejak sering ikutan ane kebawa tau banyak hal. Sayangnya dlu ane telat paham apa itu hiperaktif, makanya sekarang agak berat juga ngarahin dia.

Ane tulis ini agar orangtua lebih aware ke anaknya, kebanyakan di masyarakat kita. Ngelihat anak melakukan hal yang tidak pada usianya dianggap ajaib, pdahal bisa jadi itu salah satu tanda anak hiperaktif. Yg ada di TS itu cuma beberapa aja yg paling menonjol
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Diubah oleh ummusaliha
Quote:


Susah buat ngarahin apa karena kewalahan ngatasin keaktifan anak yang seperti kaga ada cape2nya gitu ya mbak?
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Quote:


Kalo ane sih ngarahin gan, masalah capek mah nggak. Karena ane emang seneng gerak juga, ga masalah dia ga diem pun. Yg jadi hawatir dia belum bisa komunikasi, itu aja. Kalo ngomong beberapa kata perintah dia ngerti juga, selain itu mah belum.

Pernah baca gak kasusnya Ghaza yang hilang? Nah ane beneran takut sejak kejadian itu gan
profile-picture
profile-picture
chibi251 dan phyu.03 memberi reputasi
Quote:


Hehe kurang begitu memahami sih
Cuma kalau kataku yang harus diedukasi pertama kali adalah orang tuanya.. sebab orang tua adalah orang yang selalu berdampingan dengan anak2 seperti ini
Banyak sekali orang tua yang stress dan tertekan ketika tau anaknya hyperaktif, soalnya mereka sendiri gak paham bagaimana caranya membimbing si anak

Tapi percaya lah.. segak ekspresif nya anak mereka punya hati yang bisa disentuh dengan sebuah ketulusan emoticon-Smilie
Aku pernah dicurhatin sama temenku yang stress punya anak hyperaktif.. temenku saben hari marah2 dan ngeluh capek akibat ulah anaknya

Kebetulan anak nya waktu itu masih 5 tahunan.. aku kasih buku bacaan dan aku minta temenku buat bacain buku ini buat anaknya
Intinya sih ngebuat bagaimana caranya si anak tertarik sama buku bacaan
Akhirnya sekarang umur dia dah 7 tahun
Dan yaa...akhirnya si anak ini "selalu asik dengan dunianya sendiri" dengan buku yang ada didalam genggamannya
profile-picture
profile-picture
ummusaliha dan phyu.03 memberi reputasi
Quote:


Nah ini juga kak yang jadi masalah utama temenku.. dia susaj komunikasi sama orang2..
Hmm kata psikolog sih sering2 diajak ngobrol biar perbendaharaan katanya dia meningkat...meski dia susah ngomong tapi dia paham maksud kita
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan ummusaliha memberi reputasi
Quote:


Iya Alhamdulillah, anak ane juga udah banyak perubahan sekarang. Dia paham apa yang ane bilang, meski baru beberapa. Dulu susah dia main sama anak lain, tapi sekaang suka gabung.

Ane terapi pake bacaan Al-Qur'an juga tiap dia tidur, jadi ane benerin lahir batinnya.
profile-picture
profile-picture
chibi251 dan phyu.03 memberi reputasi
Quote:

Keponakanku dulu juga gitu, sampe naik kelas dua SD malah, kita2 baru bisa paham apa yang dia omongin.
Kakakku melarang orang2 berbicara cadel pada anaknya, jadi kalo main dirumah suka kuajak berbicara sambil ajakin main2 juga, coba pancing dia bercerita tentang game yang dia suka, mainan yang sering dia mainkan dan makanan yang dia suka.

Jangan takut apalagi khawatir, mbak. Setiap anak hiperaktif punya fasenya masing2emoticon-Jempol

Quote:

Butuh edukasi khusus memang dan butuh kesabaran ekstra. Karena anak2 seperti ini anak2 ajaib menurutku, jika tanpa penanganan yang tepat mereka malah akan lepas kendali.
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Quote:


Masyaa Allah Alhamdulillah banget ini, jadi banyak ilmu. Makasih ya gan
profile-picture
phyu.03 memberi reputasi
Quote:


Bener sekali bu dok, memang sebelum ke anak, harus orang tuanya dulu.
Quote:

Alhamdulillah, sama2 mbakemoticon-Shakehand2
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Quote:

Nah tu km lebih tau daripada aku kak
Anak temenku pinter.. katanya selalu juara kelas padahal dia sekolah disekolah umum yang kualitasnya oke emoticon-2 Jempol
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Quote:

Kudu nyaring ilmu orangtuanya tuh dek, bagus kan buat penanganan anak2 hyperaktif dan bisa membantu mbak ts tuh.

Eh hyperaktif apa sama dengan autis?
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di