CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kebijakan Blunder Transportasi Anies Berujung Amburadul
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e711602977513755800b321/kebijakan-blunder-transportasi-anies-berujung-amburadul

Kebijakan Blunder Transportasi Anies Berujung Amburadul

Kebijakan Blunder Transportasi Anies Berujung Amburadul

CNN Indonesia

Senin, 16/03/2020 14:35

Pembatasan transportasi umum Jakarta dinilai tak berdasarkan kajian matang karena menimbulkan efek domino yang malah mempertinggi risiko penyebaran corona. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal pembatasan operasional transportasi umum dan untuk mencegah penyebaran virus corona dianggap setengah matang.

Langkah Anies itu, tidak berdasarkan kajian yang tepat atau Evidence Based Policy.

"Kemarin Anies buat kebijakan mengurangi transportasi umum. Hari ini terjadi antrean luar biasa di transportasi publik. Ini meningkatkan risiko penularan. Saya bingung kok pejabat kita buat blunder terus," ujar Peneliti Kebijakan Publik sekaligus dosen Universitas Indonesia, Roy Valiant Salomo kepada CNNIndonesia.com, Senin (16/3).



Anies mengimbau warga mengurangi penggunaan transportasi umum. Imbauan Anies itu ditindaklanjuti sejumlah operator transportasi umum. PT Transportasi Jakarta membatasi operasional bus. Mulai Senin (16/3) TransJakarta hanya beroperasi di 13 rute. Begitupun dengan MRT. Penumpang MRT hanya dibatasi 60 orang.

Akibatnya,
Lihat juga: Antrean Penumpang Mengular, Bukti Imbauan Jokowi Tak Mempan

Pakar Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan kebijakan pengaturan pola perubahan transportasi publik di DKI Jakarta menciptakan efek domino.

Hal itu, terang dia, salah satunya karena masih terdapat sejumlah perusahaan yang tidak menerapkan sistem Working From Home atau kerja dari rumah.

"Karena kebijakan ini kurang persiapan sehingga munculnya efek domino," kata Trubus saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Trubus meminta kepada Anies agar dalam waktu dekat mengumpulkan para pengusaha untuk membicarakan solusi guna menghadapi situasi yang sedang melanda masyarakat ibu kota.

"Apakah itu melalui asosiasi pengusaha Apindo atau asosiasi lain untuk dikumpulkan dan diberikan pemahaman bahwa karena kondisi Jakarta penyebaran Covid cukup tinggi, maka diminta untuk membatasi; mengurangi (gerak)," katanya.

Trubus memaklumi, kesepakatan agar pengusaha dapat mempekerjakan karyawannya dari rumah tidak mudah lantaran memengaruhi produksi dan biaya. Namun, ia meminta Pemprov DKI supaya menghadirkan solusi lain yang sama-sama menguntungkan kelas pekerja maupun pengusaha.

"Ini memang butuh waktu, bagaimana sebuah kebijakan harus didukung," tandasnya.





Lihat juga: DPRD: Kebijakan Anies Soal Corona Picu Penumpukan Penumpang

Sembari membicarakan hal tersebut, kata dia, Pemprov DKI Jakarta seharusnya juga bisa menyediakan sarana berupa transportasi umum demi mencegah penumpukan yang terjadi seperti pagi hari ini.

"Kemudian tim yang sudah ada harus secara masif harus melibatkan semua komponen, peran serta masyarakat sampai RT-RW dikumpulkan, semua diberikan sosialisasi sekaligus edukasi," lanjut dia.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya Teguh P. Nugroho juga menilai kebijakan Pemprov DKI terkait pembatasan angkutan umum demi mencegah virus corona (Covid-19) tidak tepat.

Sebab, pembatasan tersebut justru berdampak pada penumpukan penumpang di sejumlah moda transportasi.

"Menurut kami tidak tepat, pengurangan jumlah armada, pengurangan frekuensi dan waktu layanan," kata Teguh kepada CNNIndonesia.com, Senin (16/3).

Padahal, menurut Teguh, Pemprov DKI telah melakukan sejumlah langkah antisipasi penyebaran virus corona dengan baik. Mulai dari penutupan tempat rekreasi hingga penutupan sekolah selama dua pekan.

"Tapi menurut kami yang satu ini (pembatasan angkutan umum) yang ini langkah blunder," ujarnya.

Dibanding melakukan pembatasan, Teguh juga menyebut bahwa Pemprov seharusnya justru meningkatkan pelayanan di moda-moda transportasi umum itu. Peningkatan layanan itu, lanjutnya, sebagai upaya untuk mencegah virus corona.





Lihat juga: Anies Minta Warga Patuhi Imbauan Jokowi soal Kerja dari Rumah

Disampaikan Teguh, ada sejumlah indikator yang bisa dipertimbangkan dalam meningkatkan layanan di moda transportasi umum.

Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer, penyediaan fasilitas kesehatan serta petugas kesehatan, hingga petunjuk terkait fasilitas kesehatan tersebut.

Kemudian, juga disiapkan alat edukasi terkait Covid-19 di tempat transportasi publik serta SOP penanganannya.

"Minimal kami sampaikan indikator-indikator itu tadi terpenuhi begitu ya tidak harus ada pengurangan (pembatasan transportasi) justru menurut kami harusnya ada penambahan," ucap Teguh.

Menurut Teguh, penambahan armada transportasi umum itu perlu dilakukan sebab jika dilakukan pengecekan suhu oleh petugas bakal berdampak pada antrean penumpang.

Karenanya, untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang maka perlu ada peningkatan jumlah armada dan peningkatan frekuensi antar armada.

"Ini untuk memberikan jarak yang lebih baik antar penumpang ketika mereka melakukan pengukuran suhu tubuh, jadi bukan dengan mengurangi jumlah frekuensinya, justru harus melakukan penambahan," tuturnya.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...jung-amburadul

Kayak gini mau jadi pleciden, malah makin parah nantinya, nasbung kampret kadrun hentikanlah orgasme massal kalian atas musibah Corona

Ini malah seneng banget memanfaatkan untuk membangun citra anus pleciden

Kampret bener dah kadrun emoticon-Blue Guy Bata (L)

Kebijakan Blunder Transportasi Anies Berujung Amburadul

Akibat ulah anus wan jembud Abud

bijimane kalau itu orang2 malah pada sakit dan anus nyalahin presiden emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MUF0REVER
Halaman 1 dari 2
Blunder semua kok Hu, ada yg overpede, tapi gak riset, ada yg eksekusi layanan umum tanpa riset juga.
Presiden, Menteri, smp Gubernur semua bertanggung jawab.
Masih ada waktu untuk memperbaiki koordinasi dan kinerja, semua harus berjiwa besar dan bersatu, ke depannya jika ada suatu isu dan rencana kerja ya diriset dulu, jgn ujug2 ngurangi angkutan trus org dibiarin ngantri smp mengular gitu
Gunakan pemodelan sistem, real-time, antrian, RO, AI, ML, DS, BD, dll, you name it because VICTORY LOVES PREPARATION !!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Erick.Moeldoko
Lihat 2 balasan
Yang respek sama dia cuma secuil banten doang. Ibarat dingdong, mestinya game over cuma bertahan karena koin masi sisa aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Harusnya setiap kebijakan dipersiapkan dengan matang dulu.

bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uculswift dan 9 lainnya memberi reputasi
gara2 ini kan akhirnya orang2 mau dengerin himbauan untuk WFH dan ga keluar rumah

coba kalo anis ga blunder, apa orang2 masih mau dengarkan himbauan presiden? yah setidaknya blundernya anis bisa selamatkan banyak nyawa. daripada cuma ngasih himbauan tapi ga ada eksekusinya di lapangan alias cuma pepesan kososng
profile-picture
profile-picture
kobis198 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 34 balasan
Quote:


saking gobloknya, mau lembur cuma buat jilatin boolnya si anus.
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Kejam amat,
ada pemimpin yang sengaja menyengsarakan masyarakatnya dulu..
supaya yang lain dari mereka mencontoh dan akhirnya (mau) ikut aturan.

Anus sang priyayi mental penjajah emoticon-Turut Berduka
kebijakan gabeneremoticon-Big Grin
ya ampun
Quote:


Ya ternyata sekarang anis harus menjilat ludahnya sendiri khan... Armada tj sekarang semua kembali normal...
Ibarat ada anak gak diperhatiin ortunya... Trus anak itu bunuh orang biar dapet perhatian ortunya lagi... Mahal sekali harga yg hatus dibayar nak...
Lihat 1 balasan
numpang nyimay aja gan
emoticon-Angkat Beer
Kadal gurun ngotot banget jilat nya....






GIF
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Bajer nya anoes natural gobloknya ane demen dah sering2x coment biar cebong2 pada hipertensi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fryme dan 2 lainnya memberi reputasi
inti nya semua harus tutup semua kantor tanpa terkecuali
yang kemarin milih nih orangg hayoooo ngumpul dulu dimari emoticon-Jempol emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Orang-orang yang sekarang bela Anies, begitu udah kena penyakit akan diam. Persis kayak yang udah kebanjiran, kapok pilih Nganies... emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wkwkwkwk nah itu dia hhahaah
Sangat berbahaya bila orang ini jadi presiden. Kebijakannya trial & error, padahal lulusan S3. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan MUF0REVER memberi reputasi
pengamat yg namanya syahgandul mana? Kok belum komentar
lockdown aja sekalian kek di wuhan
emoticon-cystg Masih ane pantau sampai akhirnya nanti udah pada muak dan ngelengserin nih De Gud Gabener.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di