CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Petani Wajib Tahu! Inilah Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Cabai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e70f3249775137b4500d6fe/petani-wajib-tahu-inilah-cara-pengendalian-hama-pada-tanaman-cabai

Petani Wajib Tahu! Inilah Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Cabai

Indonesia adalah negara agraris dimana pendapatan masyarakatnya sebagian besar adalah dari hasil pertanian. Tanaman cabai adalah salah satu dari ribuan tanaman yang ditanam oleh para petani di indonesia.

Selain tanaman yang menguntungkan cabai juga rentan terhadap hama-hama yang meresahkan para petani yang membuat tanaman cabai jadi rusak bahkan mati. Bagaimana cara mengatasi hama tanaman cabai tersebut berikut ane akan berikan solusi untuk pembasmian hama tanaman cabai.

Nama-Nama Hama, Gejala Yang Timbul, Juga Pengendalian

1. Thrips Parvispinus

Petani Wajib Tahu! Inilah Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Cabai

Hama ini juga biasa disebut kamreki dalam bahasa jawa, Thrips menyerang daun  terutama pada daun muda dengan cara menghisap cairan yang terdapat pada daun. Serangga pra dewasa tidak memiliki sayap, namun serangga dewasa memiliki sayap seperti jumbai ( sisir bersisi dua ).


Gejala Serangan Yang Timbul Pada Tanaman: 

Permukaan bagian bawah daun yang terserang berwarna keperakan, selanjutnya daun akan menjadi kecoklatan juga daun tampak keriput dan melengkung ke atas.

Pengendalian Hama:

Gunakan obat yang mengandung Profenofos dengan kosentrasi 2ml/liter air atau Diafenthiuron dengan kosentrasi 1,5 ml/liter air atau Abamektin dengan kosentrasi 0,5 ml/liter air. Ketiga jenis insektisida tersebut digunakan secara bergantian.

2. Aphis Gossypii

Petani Wajib Tahu! Inilah Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Cabai

Hama ini sering juga disebut kutu daun kapas atau lindra dalam bahasa jawa, hama ini berkembang biak secara partenogenesis yaitu dapat beranak tanpa adanya proses perkimpoian.

Gejala Serangan Yang Timbul Pada Tanaman: 

Kutu daun menghisap cairan tanaman akibatnya daun yang terserang menjadi keriput, pertumbuhan tanaman juga terhambat akhirnya tanamanpun menjadi layu dan akhirnya mati.

Pengendalian Hama:

Gunakan obat yang mengandung Profenofos dengan kosentrasi 2ml/liter air atau Diafenthiuron dengan kosentrasi 1,5 ml/liter air atau Abamektin dengan kosentrasi 0,5 ml/liter air, Kedua insektisida tersebut digunakan secara bergantian.

3. Myzus Persicae

Petani Wajib Tahu! Inilah Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Cabai

Hama ini juga sering disebut kutu daun persik atau kutu daun tembakau, hama ini memiliki antena yang relatif panjang kira kira sepanjang tubuhnya 

Gejala Serangan Yang Timbul Pada Tanaman: 

Kutu daun menghisap cairan tanaman akibatnya daun yang terserang menjadi keriput, terpuntir, bewarna kekuningan, layu dan akhirnya mati.

Pengendalian Hama:


Gunakan obat yang mengandung Profenofos dengan kosentrasi 2ml/liter air atau Diafenthiuron dengan kosentrasi 1,5 ml/liter air atau Abamektin dengan kosentrasi 0,5 ml/liter air, Kedua insektisida tersebut digunakan secara bergantian.

4. Tungau 



Petani Wajib Tahu! Inilah Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Cabai

Tanaman ini juga sering disebut tengu, Tongo atau mites, hama ini berukuran sangat kecil bentuk tubuhnya hijau juga transparan.

Gejala Serangan Yang Timbul Pada Tanaman:

Bagian bawah daun yang terserang menjadi seperti tembaga, tepi daun mengriting, daun menjadi kaku dan melengkung kebawah, pada serangan berat tunas daim dan bunga akan gugur.

Pengendalian Hama:

Gunakan obat yang mengandung Profenofos dengan kosentrasi 2ml/liter air atau Diafenthiuron dengan kosentrasi 1,5 ml/liter air atau Abamektin dengan kosentrasi 0,5 ml/liter air. Ketiga jenis insektisida tersebut digunakan secara bergantian.

jikalau postingan ini bermanfaat untuk agan silahkan komen untuk part 2 terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daniadi123 dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
untuk mengendalikan hama yang membuat buah cabe jadi tidak memanjang alias kerdil gimana gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sankus010 dan 2 lainnya memberi reputasi
untuk pengendalian ular yang suka berkeliaran di malam hari

Petani Wajib Tahu! Inilah Cara Pengendalian Hama Pada Tanaman Cabai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marianimb dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Rickin
sangat bermanfaat bre,,,
emoticon-Shakehand2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
bisa buat yang nanem cane di rumah gak ya ini.. wkwk siapatau mengalami
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
ane pernah ngalamin, 100 batang kena daun keriting... buncritan buahnya dikit, gara2 telat nyemprot emoticon-Mewek

ane tekor banget.. emoticon-Hammer2
Ga seimbang sama yg dihasilkan

Alhasil cuma untuk sambelan sendiri
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh artesia666
Lihat 1 balasan
untung yg dimakan cairan daunnya.. coba kalo cabenyanya langsung.. auto mati kayanya wkwkwk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
nice share gan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
kalo buah muda mudah membusuk itu kenapa gan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
iya cabe ane sering tu kena tungau,sama kayak serangga putih² kecil, kalo gak semut. musim penghujan cabe yg masih muda busuk.
pernah ane nanem cabe di atas kuburan kucing gila itu cabe cm sebatang tapi buahnya gila²an subur beda sama ane namen di tanah biasa gak sesubur itu...
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ane cm punya beberapa pohon cabe di pekarangan rumah. sengaja nanem buat konsumsi sendiri aja gitu. tp klo musim penghujan gini nanem cabe jg susah gampang ya. banyak cabe yg busuk dan rontok, keknya gegara terus2an kena air hujan deh
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo tanaman anggur dan jeruk seperti apa?
ane taunya tungau doangg wkt itu emak ane pernah kena soalnyaaa, niceee wkwkw
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Wah hama2 ini memang sering nempel di tanaman, merugikan dan seperti benalu yang cuma menghisap tanaman dan membuatnya mati.

Tapi kalo mereka dibasmi, apa tidak akan kembali muncul lagi?

Trus kualitas buah apa tidak akan ikut menyerap racun dari pestisida yang disemprotkan atau disiramkan?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
terima kasih infonya gan, bermanfaat banget nih buat dishare hehe
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Hama yang menggangu memang harus segera disingkirkan.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Bermanfaat buat tetangga-tetangga kita, kek @kakekane.cell.

Terima kasih, TS. emoticon-Shakehand2
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Apa iya Petani juga Kaskuser emoticon-Bingung
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kalo ane pake detergent
Satu sendok buat 10lt air, ampuh bikin kutu kebul rontok.
Berlaku untuk semua tanaman
profile-picture
profile-picture
antomulyo dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Kok tau sambilan saya brtani.. emoticon-Bingung


Quote:



Ehm,, saya selain brtani jg usaha konter (OUTLET SELLULER) kok.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Buah mudah membusuk selain karna faktor cuaca yg keseringan hujan juga,, karna faktor HAMA,,, (biasanya LALAT BUAH,,, yg didalam tubuhnya ada zat asam. yg bikin buah cepat membusuk) emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di