CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Utang Luar Negeri RI Terus Menggunung, Kini Capai Rp 6000 Triliun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e70c7324601cf0cf97d8efb/utang-luar-negeri-ri-terus-menggunung-kini-capai-rp-6000-triliun

Utang Luar Negeri RI Terus Menggunung, Kini Capai Rp 6000 Triliun

Jakarta, CNBC Indonesia - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Januari 2020 terus menggunung. Bank Indonesia (BI) mencatat utang luar negeri Indonesia pada akhir Januari 2020 mencapai US$ 410,8 miliar atau Rp 6.079 triliun (Kurs US$ 1 = Rp 14.800).

"Posisi ULN Indonesia pada akhir Januari 2020 tercatat sebesar US$ 410,8 miliar, terdiri dari ULN sektor publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar US$ 207,8 miliar dan ULN sektor swasta (termasuk BUMN) sebesar US$ 203,0 miliar. ULN Indonesia tersebut tumbuh 7,5% (yoy)," tulis BI dalam Laporannya, Senin (16/3/2020).

Pada Januari 2020, ULN swasta tumbuh 5,8% (yoy), menurun dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 6,5% (yoy), dipengaruhi oleh perlambatan ULN lembaga keuangan.

Secara sektoral, ULN swasta didominasi oleh sektor jasa keuangan & asuransi, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas & udara (LGA), sektor pertambangan & penggalian, dan sektor industri pengolahan. Pangsa ULN pada keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 77,3%.

Sementara, ULN pemerintah tumbuh sedikit meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Posisi ULN pemerintah pada akhir Januari 2020 tercatat sebesar US$ 204,9 miliar atau tumbuh 9,5% (yoy).

Perkembangan ULN pemerintah didominasi oleh arus dana investor nonresiden di pasar Surat Berharga Nasional (SBN), termasuk dari penerbitan obligasi global dalam mata uang USD dan Euro.

"Penerbitan obligasi global merupakan bagian dari strategi pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan memanfaatkan kondisi pasar keuangan yang relatif stabil dan persepsi positif yang kuat dari investor pada awal tahun," tulis BI.

Posisi obligasi global pada bulan Januari 2020 meningkat sebesar US$ 2,7 miliar atau tumbuh 8,1% (yoy). Sementara itu, posisi SBN domestik meningkat sebesar US$ 2,4 miliar atau tumbuh 21,9% (yoy).

Rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada Januari 2020 sebesar 36,0%, menurun dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...apai-rp-6000-t

Jangankan 6000 triliun, 1 juta triliun utangpun ga masalah, asal utang yg membangun. Dan terbukti, pak Jokowi memakai semua utangnya untuk membangun Indonesia, tidak ada satu rupiah pun yg dikorupsi, semua tercatat digital dgn baik, rakyat pun bisa memantau untuk apa saja utang utang itu. Amerika negara adidaya saja ngutang kok, masa amerika boleh indonesia tidak boleh ngutang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dede4141 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Utang Luar Negeri RI Terus Menggunung, Kini Capai Rp 6000 Triliun
profile-picture
Gabener.edan2 memberi reputasi
Diubah oleh gmc.yukon
oh ni yg dimaksud 2minggu kan ni blom 2 minggu blehemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan Gabener.edan2 memberi reputasi
Berita kayak gini gunanya apa sih wahai wartawan...
Apalagi dishare ke orang awam...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
itu anu ya
apa faedah berita begini wahai wartawan dan kantor berita yg budiman...di share pun ke org awam...
profile-picture
checkedusername memberi reputasi
Quote:


Tinggi juga ya, ane kira sebetis.
profile-picture
profile-picture
snoopze dan Gabener.edan2 memberi reputasi
ya ampun
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan lupis.manis memberi reputasi
Quote:


buset kenal aja kagakemoticon-DP
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
Quote:


Namanya aja mirip! emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
utang 6000. yg ono ngomong kolorna 6000 juga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


mini ini tihi briemoticon-DP
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Mana ane tahu kali, maksudnya? emoticon-Cape d...
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
gak boleh banyakan utang gan

Udahlah duit utang, harus mikirin bayar utang + bunga ke negara yg ngasih utang, sebagian duit utangan larinya buat beli bahan baku dari negara yg ngasih utang, sebagian buat bayar gaji pegawai yg asalnya dr negara yg ngasih utang, proyek hasil utangan blm jelas bisa balik modal apa g, oalah nasib...emoticon-Najis
profile-picture
checkedusername memberi reputasi
tambah bonus skrg kurs sudah tembus 15rb rp/usd, ekonomi kontraksi parah gara2 korona, sakit kepala nih jokowi
profile-picture
profile-picture
77665.123456 dan checkedusername memberi reputasi
PSI bilang klo ada ledakan corona.. Anis tanggungjawab.
Apakah ledakan utang indo... Si wiwi kita mintai tanggungjawab jg?
Lihat 1 balasan
presiden periode berikutnya bakal pusing ga nih

Emang TS tau ya, duit utang buat apa aja?

Ada di situs .go.id apa yg merinci duit utang skian trilyun, pwnggunanaannya sekian sekian sekian...???


Jangankan duit utang, duit cukai rokok aja ga ada rinciannya utk apa2 aja kok.

Yg ada garis besarnya aja buat ini itu. Tp rincian biayanya ga ada.

Terlalu panjang lebar kalo ditulis krn penggunaannya bercabang2 lintas badan/kementeian/lembaga. N bocor skian2 tiap tingkatan...

menteri agama gimana nih? Bukan nya bunga dr hutang riba?
Diubah oleh lieur88
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di