CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perusahaan Wajib Bayar Gaji Penuh Karyawan 'ODP' Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e70bb7b8d94d041b73c2ff2/perusahaan-wajib-bayar-gaji-penuh-karyawan-odp-corona

Perusahaan Wajib Bayar Gaji Penuh Karyawan 'ODP' Corona

Perusahaan Wajib Bayar Gaji Penuh Karyawan 'ODP' Corona


Kementerian Ketenagakerjaan mewajibkan seluruh perusahaan untuk membayar penuh gaji buruh atau pekerja yang berstatus daftar orang dalam pemantauan (ODP), karena wabah virus corona.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menaker Nomor M/3/HK.04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19. Surat ini ditujukan kepada gubernur di seluruh Indonesia.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan seluruh gubernur wajib memastikan pembayaran penuh gaji kepada buruh, meski penyebaran virus kian meluas. Gubernur juga diminta untuk mengupayakan pencegahan, penyebaran, dan penanganan wabah tersebut di lingkungan kerja.

"Bagi pekerja atau buruh yang dikategorikan sebagai ODP terkait virus corona berdasarkan keterangan dokter, sehingga tidak masuk kerja paling lama 14 hari atau sesuai standar Kementerian Kesehatan, maka upahnya dibayarkan secara penuh," terang Ida dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (17/3).

Selain itu, perusahaan juga harus membayar gaji 100 persen kepada karyawan yang dinyatakan suspect virus corona dan harus diisolasi untuk beberapa waktu. Namun, hal ini harus dibuktikan dengan surat dokter atau dari rumah sakit.

"Bagi pekerja atau buruh yang tidak masuk kerja karena sakit virus corona dan dibuktikan dengan keterangan dokter, maka upahnya dibayarkan sesuai peraturan perundang-undangan," ucapnya.

Sementara, perusahaan yang membatasi kegiatan usaha akibat kebijakan di daerah masing-masing demi mencegah penularan virus corona, maka pembayaran gaji dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja.

"Berkaitan dengan hal-hal tersebut, para Gubernur diminta untuk melaksanakan dan menyampaikan surat edaran ini kepada bupati atau walikota, serta pemangku kepentingan terkait di wilayahnya masing-masing," kata Ida.

Ia bilang seluruh kebijakan dibuat guna memininalisir penyebaran virus corona di dalam negeri. Terlebih, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim wabah itu sebagai pandemi global.

"Kami minta para gubernur mengupayakan pencegahan penyebaran dan penanganan kasus terkait virus corona di lingkungan kerja," tutur dia.

Salah satu paya yang bisa dilakukan adalah melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan perundangan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kemudian, gubernur juga harus menyebarkan informasi kepada semua jajaran organisasi dan pihak terkait yang berada di wilayah pembinaan dan pengawasannya.

Terakhir, Ida juga meminta perusahaan untuk membuat rencana dalam menghadapi virus corona. Dengan demikian, risiko penularan bisa dikurangi.


SUMBER:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...wan-odp-corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Bagaimana dengan ojol (ojek online) karena mereka bukan buruh dan pekerja tapi MITRA! dengan brand ojek online!

Beberapa pasien positif corona mempunyai usaha sampingan OJOL, seperti yang di beritakan di media!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 1 balasan
Terima kasih, Pemerintah.

Serikat Pekerja malah melempem ga mengusahakan hal normatif seperti itu, malah sibuk demo menolak omnibus law, malah banyak pengumpulan masa di tengah imbauan untuk menjaga jarak ini. emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 14 lainnya memberi reputasi
kasihan pengusaha dan investor menanggung penuh dampak dari keputusan tolol pemerintah yang tidak antisipasi masuknya corona sejak awal januari...malah promosi jamu, bayar buzzer 72M, menyebar hoax bahwa cuaca panas dan ras melayu membuat kebal terhadap corona, menyebar hoax bahwa corona tidak sebahaya flu, sars dan dbd sehingga masyarakat yang pendidikannya kurang sama sekali tidak waspada dan ikut menganggap enteng

sedangkan buruh tinggal telpon hotline kemenkes, bilang ada kontak dengan pasien corona....nanti statusnya jadi ODP dapat gaji buta penuh, tenang di rumah bebas risiko terinfeksi corona emoticon-Leh Ugaemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpfan dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh AULIA.anak.OON
Lihat 4 balasan
PNS DKI Jakarta uenak loh

January - February

Menjadi korban Banjir


Maret -saat ini

Pandemi COVID-19


LIBUR TERUSS

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 1 balasan
Perusahaan Wajib Bayar Gaji Penuh Karyawan 'ODP' Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 8 lainnya memberi reputasi
pemerintah harus kasih insentif untuk warga dan perusahaan seperti halnya di cina dan italy

kalo masih mikirin perut sendiri, ente juga bakal mati nantinya
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kebijakan yang baik lah
Ini maksudnya apa? Perusahaan yang mbayari? Pemerintah lah kasih insentif. Pemerintah jangan mau enaknya saja. Kalau untung, dipajaki tinggi. Kalau rugi, pengusaha disuruh bayar gaji penuh karyawan, ndak boleh di PHK. Ini pemerintah pro investor atau pro buruh? Makin ke sini kok sepertinya makin pro buruh ya? Ga heran investor banyak yang kabur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Temen gue stok salad nya nya numpuk di kulkas gegara sekolah diliburkan 2 minggu,,,, skrg bingung mau jual kemana krn itu buat jajanan anak sekolah
profile-picture
profile-picture
giovanni2406 dan cupilonlen memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Bener banget, gimana lagi kalo yang kena pedagang kecil yang dimana mereka adalah kepala keluarga, siapa yang mau ngidupin anak istrinya
profile-picture
cupilonlen memberi reputasi
Perusahaan Wajib Bayar Gaji Penuh Karyawan 'ODP' Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tali_sandal dan 16 lainnya memberi reputasi
Quote:


semua pekerjaan ada resikony
trus gimana yang pemulung
gimana yg supir angkot
gimana yg ojol

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 2 lainnya memberi reputasi
bisa pada lari perusahaan kalo begini
Kalo udah kena covid, perusahaan paling PHK dengan alasan keamanan utk seluruh karyawan, kasih pesangon sebulan gaji, daripada kasih gaji buta. Terus gimana hukumnya kalo kena PHK?
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
no income,no fee
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
Quote:


Ini yg msh jd prrtanyaan ane,bawahan dmn2 slalu salah gan
ini mungkin bisa sebagai salah satu upaya ya gan yg bisa dilakuin pemerintah buat para korban covid. tapi harus diliat dulu dari sudut pandang perusahaanya juga. jangan sampai ada yg dirugikan juga.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan budak.game memberi reputasi
Quote:


jaman sekarang orang jadi pns bukan bemar murni untuk mengabdi pada negara, melainkan keuntungan pribadi, jadi esensi pns nya secara harfiah sudah hilang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
dibebankan ke perusahaan yah
smoga ntar kalo perusahaan pd tumbang pemerintah mau tanggung jawab
Diubah oleh kodokuper
Semoga lekas selesai ini pandemi
Ane benci virus. Kecuali virus cinta.
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di