CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BNPB Tunggu Daerah Tetapkan Status Darurat Bencana Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e709b1468cc9557b5472fe1/bnpb-tunggu-daerah-tetapkan-status-darurat-bencana-corona

BNPB Tunggu Daerah Tetapkan Status Darurat Bencana Corona

BNPB Tunggu Daerah Tetapkan Status Darurat Bencana Corona

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah memperpanjang masa darurat bencana wabah virus corona Covid-19 sampai 29 Mei 2020. BNPB saat ini masih menunggu beberapa daerah yang sudah memiliki kasus corona untuk menetapkan status keadaan darurat.
"Karena ini skalanya makin besar dan presiden meminta melakukan percepatan, maka ada perpanjangan status lagi karena sampai saat ini belum ada daerah-daerah yang menetapkan status keadaan darurat sehingga BNPB perlu memperpanjang lagi dari tanggal 29 Februari sampai tanggal 29 Mei 2020 supaya lebih fleksibel karena kita menunggu daerah-daerah yang mengeluarkan status keadaan darurat," kata Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo dalam konferensi pers yang disiarkan channel YouTube BNPB, Selasa (17/3/2020).

Status keadaan darurat menjadi 2 kategori, yaitu siaga darurat dan tanggap darurat. Daerah seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat masuk kategori tanggap darurat. Namun para kepala daerah perlu berkonsultasi dahulu dengan Kepala BNPB Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Untuk siaga darurat mungkin yang belum ada kasusnya bisa jaga-jaga, yang tanggap darurat untuk daerah yang positif, seperti DKI Jakarta, Jabar, dan daerah lain mungkin bisa menetapkan status tanggap darurat," kata Agus.

Jika daerah tertentu sudah menetapkan status keadaan darurat, maka status yang dikeluarkan BNPB sudah tidak berlaku.

"Jika daerah tersebut sudah menetapkan status keadaan darurat, maka status keadaan tertentu yang sudah BNPB keluarkan bisa tidak berlaku lagi," ujar Agus.


sumber

Opsi Lockdown boleh saja asalkan sudah di pertimbangkan matang. kalau memang harus lockdown persiapan yang dibutuhkan lumayan besar.
disini penting nya koordinasi antar daerah dengan pusat. jangan sampai terkesan kejar tayang trus gak di pertimbangkan matang2.

coba pemda DKI diskusikan dengan BNPB serta ajak diskusi anggota KADIN biar mereka juga sudah bersiap2 mencari solusi misalnya berlakukan libur darurat sampai berapa minggu.

pengusaha hiburan juga harus di kumpulkan, tempat mereka itu juga rawan sekali atas penyebaran corona.

semoga kali ini bisa bijak dan bukan buat nyari panggung lagi seperti keluarin kebijakan blunder berkali2 belakangan ini.
Diubah oleh DPRD
saran yang baik dari Kapusdatinkom BNPB 
Saling tunggu ya.
Semoga keputusannya yang terbaik. emoticon-shakehand


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di