CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Cara Pengiriman Barang Lewat Ekspedisi Laut
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e70930368cc9523fa7b94c3/cara-pengiriman-barang-lewat-ekspedisi-laut

Cara Pengiriman Barang Lewat Ekspedisi Laut

Cara Pengiriman Barang Lewat Ekspedisi Laut
Bagi perusahaan yang memproduksi barang skala besar dan mengirimkannya ke berbagai daerah, tentu membutuhkan jasa cargo. Biasanya yang dipilih adalah ekspedisi laut karena merupakan yang paling murah dan bisa mengirim barang dalam jumlah besar hingga hitungan ton. Tapi ada prosedur yang harus dilalui jika melalui jalur ini. Seperti apa cara dan prosedurnya?

Mulai Dari Pemesanan Hingga Demurrage

Prosedur mengirim barang lewat jalur laut memang sedikit lebih rumit sebab butuh beberapa cara hingga akhirnya bisa sampai ke tangan penerima. Dimulai dari memesan containermelalui jasa ekspedisi pengiriman barang hingga keharusan membayar biaya demurrage akibat keterlambatan pengambilan barang.

Pemesanan

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memesan containeruntuk memuat barang yang akan dikirim. Anda bisa memesan kepada jasa pengiriman yang ada di pelabuhan.  Melakukan survei pada sejumlah jasa yang ada di daerah Anda. Pastikan untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pemesanan.

Biasanya dibutuhkan dokumen bisnis seperti KTP, NPWP serta Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP). Gunanya untuk membuat dokumen pengiriman barang dan lolos pengecekan oleh pihak pelabuhan. Pengirim juga wajib memberikan rincian jenis dan berat dari barang yang akan dikirim.

Pengecekan Container

Setelah pemesanan diterima, Anda akan diminta melakukan pengecekan containeryang akan dipakai memuat barang kiriman. Jika ada ketidaksesuaian antara kondisi container  atau ukuran apalagi untuk jasa pengiriman barang antar pulau, Anda bisa mengajukan penolakan dan minta disiapkan container yang tepat. Biasanya kondisi ini tak akan dipungut biaya tambahan.

Memastikan KapasitasContainer

Cara berikutnya adalah memastikan kapasitas container dan maksimum berat yang diperbolehkan. Sehingga Anda bisa melakukancet tarif kargo untuk menentukan berapa biaya yang akan dibutuhkan untuk pengiriman barang ke lokasi tujuan. 

Gunakan Peti Kemas atau Tangki

Untuk barang tertentu yang mudah rusak seperti elektronik, sayuran, atau makanan sebaiknya gunakan peti kemas khusus. Biasanyajasa cargo di pelabuhan menyediakan layanan itu tapi tentunya dengan biaya tertentu yang dapat disepakati antara Anda dan pemilik jasa. Begitu juga dengan benda cair yang sebaiknya menggunakan tangki jika ingin dikirim dalam jumlah besar.

Bayar Demurrage

Biaya ini baru akan Anda keluarkan jika penggunaan container melebihi jadwal yang ditentukan. Bisa jadi akibat keterlambatan penjemputan, dan kurang lengkapnya dokumen. Tapi selama semua berjalan sesuai dengan kesepakatan awal maka Anda tak perlu mengeluarkan biaya demurrage ini.

Mengetahui cara mengirim barang lewat laut memang penting apalagi bagi Anda pebisnis skala besar. Cara dan prosedur di atas sangat umum dilakukan oleh penyedia jasa cargo, tinggal bagaimana Anda menerapkannya saat akan mengirimkan barang. Dan jika informasi ini bermanfaat menurut Anda, silakan bagikan melalui media sosial agar semakin banyak orang jadi melek tentang pengiriman barang via laut.


Sumber: https://kartikas99.blogspot.com/


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di