CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Ayo Persiapkan Tempat Kerja Kita Menghadapi COVID-19 !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7081047e3a7202c3058b72/ayo-persiapkan-tempat-kerja-kita-menghadapi-covid-19

Ayo Persiapkan Tempat Kerja Kita Menghadapi COVID-19 !

Saat ini Pemerintah Indonesia telah resmi menyatakan  adanya kasus terjangkitnya COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) di bumi Indonesia.
Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa COVID-19 menyebar melalui kontak dekat antar manusia ke manusia yang telah terjangkit virus corona. Tempat yang paling rawan penyebaran COVID-19 adalah tempat – tempat dimana orang banyak berkumpul dan berinteraksi satu sama lain seperti di kantor / pabrik. Meskipun saat ini jumlah penderita di Indonesia masih sedikit dan tingkat mortalitasnya rendah, namun bukan berarti kita tidak perlu mempersiapkan tempat kerja kita dalam menghadapi COVID-19. Karena dengan persiapan yang baik kita dapat mencegah penyebaran penyakit ini sekaligus menjaga produktivitas kerja tetap terjaga.

Berikut beberapa tips yang dapat Klinik SAGA OH berikan agar kita dapat mempersiapkan lingkungan kerja kita dengan baik untuk menghadapi COVID-19


Ayo Persiapkan Tempat Kerja Kita Menghadapi COVID-19 !

a. Bersihkan secara berkala dengan menggunakan cairan antiseptic / disinfektan semua benda – benda yang sering disentuh manusia seperti meja, kursi, peralatan kerja, tombol – tombol pada mesin produksi, gagang pintu, pesawat telepon dan lain sebagainya.

b. Jika kantor anda menggunakan lift pastikan seluruh tombol lift selalu dibersihkan secara berkala dengan cairan antiseptic / disinfektan. Jika kondisi memungkinkan, sampai dengan kondisi COVID-19 reda, perusahaan dapat menugaskan operator lift untuk membantu karyawan lain menuju lantai kerjanya dengan demikian tombol pada lift hanya disentuh oleh orang yang terbatas.

c. Jika kantor anda menggunakan tangga, pastikan railing tangga dibersihkan secara berkala dengan antiseptic / disinfektan.

d. Pastikan seluruh ruang kerja memiliki ventilasi udara yang baik sehingga udara segar dan cahaya Matahari dapat masuk ke ruangan.

e. Jika ruang kerja menggunakan AC dan filter udara. Pastikan AC dan filter udara tersebut selalu dirawat dan dibersihkan secara berkala. Sangat dianjurkan untuk mempercepat jadwal perawatan AC dan filter udara, misalnya jika semula dilakukan 3 bulanan menjadi 2 bulanan.

f. Sediakan selalu tempat sampah yang tertutup dan pastikan secara berkala membersihkannya.

2. Memulai kampanye Gerakan Mencuci Tangan yang Benar kepada semua warga perusahan. Dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sangat efektif membunuh bakteri dan virus.

Ayo Persiapkan Tempat Kerja Kita Menghadapi COVID-19 !

a. Pasang poster / banner, tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir pada lokasi – lokasi strategis di kantor serta informasikan melalui tabloid karyawan dan media lainnya yang mudah diakses oleh semua warga perusahaan.

Silahkan download bannernya dengan klik di sini

Silahkan download posternya dengan klik di sini

b. Selalu mengingatkan tentang pentingnya mencuci tangan dalam setiap brifing atau rapat.

c. Pastikan sabun cuci tangan selalu tersedia di wastafel dan WC perusahaan.

d. Sediakan “hand sanitizer” di tempat – tempat tertentu yang strategis di sekitar area kerja dan pastikan selalu ketersediaannya.

e. Pastikan seluruh warga perusahaan dapat mengakses media cuci tangan sesering mungkin.

3. Memulai Kampanye Etika Batuk dan Bersin yang baik.

Ayo Persiapkan Tempat Kerja Kita Menghadapi COVID-19 !

Bukan saja dalam berkomunikasi memiliki etika, batuk dan bersin pun ada etikanya. Penyebaran virus corona adalah melalui cairan tubuh yang keluar melalui batuk dan bersin penderita. Oleh karena itu sangat penting mengetahui dan menjankan etika batuk dan bersin yaitu :

a. Jika batuk atau bersin, tutup segera hidung dan mulut dengan tissue atau dengan bagian lengan tangan anda. Jangan gunakan telapak tangan untuk menutupnya.

b. Jika menggunakan tissue, buang segera tissue bekas ke tempat sampah yang tertutup.

c. Segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

d. Pegawai yang menderita flu dan batuk diwajibkan untuk memakai masker selama berada di lingkungan perusahaan.

Perusahaan dapat menjalankan kampanye Etika Batuk dan Bersin yang Baik dengan :

a. Pasang poster / banner, tentang pentingnya etika batuk dan bersin yang baik pada lokasi – lokasi strategis di kantor, serta informasikan melalui tabloid karyawan dan media lainnya yang mudah diakses oleh semua warga perusahaan.

Silahkan download bannernya dengan klik di sini.

Silahkan download posternya dengan klik di sini.

b. Selalu mengingatkan tentang pentingnya etika batuk dan bersin yang baik dalam setiap brifing atau rapat.

c. Sediakan tissue yang cukup di tempat – tempat strategis yang mudah dijangkau warga perusahaan.

d. Sediakan masker yang dapat digunakan warga perusahaan jika mereka terkena gejala flu.

e. Pastikan seluruh tempat sampah tertutup selalu tersedia di tempat – tempat strategis

4. Jika perusahaan harus mengutus karyawan berpergian ke area yang telah terjangkit COVID-19 atau daerah yang rawan penularan COVID-19

Sebelum melakukan perjalanan :

a. Pastikan perusahaan dan karyawan telah mendapatkan informasi terbaru dan dapat dipercaya mengenai penyebaran COVID-19 di area yang akan dikunjungi.

b. Bedasarkan informasi yang diterima buatlah perencanaan yang matang agar perjalanan dapat lancar.

c. Jika perlu buatlah pertimbangan apakah perjalanan dinas ini dapat ditunda atau tidak dengan menghitung manfaat dan resiko yang akan didapatkan.

d. Pastikan perusahaan telah memilih karyawan yang memiliki resiko terkecil tertular COVID-19 (usia muda, kondisi kesehatan yang baik dll) untuk perjalanan tugas ini.

e. Pastikan karyawan yang bersangkutan telah memeriksakan kondisi kesehatannya ke petugas kesehatan.

f. Pastikan karyawan telah mempersiapkan diri dengan mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

g. Pastikan karyawan telah mengetahui kemana mereka harus hubungi jika di lokasi tujuan mereka merasa mengalami gangguan kesehatan.

Sesudah kembali dari perjalanan :

a. Karyawan yang telah kembali dari perjalanan dinas ke area yang telah terjangkit COVID-19 atau daerah yang rawan penularan COVID-19 harus terus dipantau kondisi kesehatannya selama 14 – 24 hari sejak kedatangannya. Ada baiknya segera memeriksakan diri ke pusat kesehatan terdekat.

b. Pastikan untuk selalu memantau suhu tubuh setidaknya 2 kali perhari.

c. Jika karyawan menunjukan gejala seperti pilek, batuk, demam dan gejala seperti flu lainnya selama masa pemantauan, maka karyawan tersebut harus dirumahkan / bekerja dari rumah saja dan pastikan ia segera memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan terdekat

5. Pastikan karyawan mendapatkan asupan gizi yang baik.

a. Jika perusahaan menyediakan makanan bagi karyawan silahkan mengkonsultasikan kepada pihak terkait agar kandungan gizinya sesuai.

b. Jika memungkinkan berikan karyawan vitamin untuk meningkatkan sistem imun mereka.

6. Siapkan Medical Emergency Response Team di perusahaan untuk menghadapi COVID-19.

Ayo Persiapkan Tempat Kerja Kita Menghadapi COVID-19 !Latihan MERP Oleh Team Dokter Okupasi Klinik Saga

7. Jika sudah ada kasus yang dideteksi di wilayah tempat perusahaan berada

a. Pastikan karyawan mendapatkan informasi terkini tentang COVID-19 secara berkala dari sumber yang dapat dipercaya.


b. Buat peta kondisi kesehatan karyawan berdasarkan rasio kerentanan terjangkit COVID-19 berdasarkan kondisi kesehatan mereka saat ini (misalnya berdasarkan umur, jenis penyakit dan sebagainya).

c. Berdasarkan peta kondisi kesehatan karyawan yang ada tersebut, pastikan bagi karyawan yang memiliki rasio kerentanan tinggi terjangkit COVID-19 diberikan perhatian dan pemantauan kesehatan ekstra.

d. Pastikan seluruh warga perusahaan dapat mengakses sarana kesehatan baik sarana kesehatan yang ada di perusahaan ataupun sarana kesehatan lain yang bekerja sama dengan perusahaan.

e. Tunda semua kegiatan yang sifatnya mengumpulkan karyawan secara berdekatan dalam waktu bersamaan.

f. Jaga jarak aman selama berkomunikasi satu sama lain yaitu minimal 1-2 meter.

g. Jika ada warga perusahaan mengalami keluhan flu, batuk, demam, atau mungkin disertai sesak nafas, segera wajibkan untuk berobat ke dokter, dan bila perlu ijinkan untuk istirahat di rumah. Data semua karyawan yang sempat berkontak dekat dengan pegawai yang sakit tersebut, dan jika perlu hubungi dinas kesehatan setempat untuk membantu pemantauan.

h. Perusahaan dapat memulai program e-work / work from home dimana karyawan dapat tetap bekerja dari rumah dengan menggunakan alat – alat komunikasi yang ada. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat tetap beroperasi namun kesehatan karyawan dapat tetap terjaga.

i. Segera laporkan setiap kejadian sakit yang mengarah ke ciri-ciri infeksi COVID-19 yang ada di lingkungan perusahaan ke call center khusus yang telah dibuat pemerintah atau dinas kesehatan terkait di No. hotline berikut
119 / 021-5210411 / 0812 1212 3119

Sekarang saatnya kita untuk bersama – sama bertindak menjaga perusahaan kita beserta seluruh warga perusahaan dari resiko COVID-19 dengan membuat persiapan pencegahan dan rencana yang matang. Namun ingat, tidak perlu panik. Bersama kita bisa mencegah COVID-19 .

Silahkan menghubungi kami di 021-50105029 atau klik disini untuk menghubungi kami jika membutuhkan bantuan dalam menyiapkan Medical Emergency Response Plan.


Sumber : http://sagaoccupationalhealth.com/ay...dapi-covid-19/


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di