CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
5 Penyebab Bau Badan yang Bisa Bikin Agan dan Sista Tidak Percaya Diri !!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7063ec88b3cb59347274c2/5-penyebab-bau-badan-yang-bisa-bikin-agan-dan-sista-tidak-percaya-diri

5 Penyebab Bau Badan yang Bisa Bikin Agan dan Sista Tidak Percaya Diri !!


HALLO AGAN DAN SISTA

KEMBALI LAGI DENGAN TINKER emoticon-Big Kiss

KALI INI TINKER INGIN MEMBAGIKAN INFO YANG SANGAT MENARIK DARI ARTIKEL YANG TINKER BACA BEBERAPA HARI YANG LALU !

DIJAMIN GA AKAN MENYESAL BACA THREAD INI (*semoga hehe)



Pernah ga sih merasa bau? trus ga pede berkumpul di keramaian?

Udah tampil memukau , tiba-tiba bau badan menyelimuti tubuh. pasti agan or sista pengen cepat-cepat kabur dan menghilang dari muka bumi (*canda, agak lebay).

Selain merasa tidak PD, pasti tidak nyaman jika orang sekitar menjauh karna bau badan.

Untuk mencegah rasa tidak percaya diri ini, kenali penyebab bau badan dan cara mencegahnya.


5 Penyebab Bau Badan yang Bisa Bikin Agan dan Sista Tidak Percaya Diri !!

Penyebab bau badan yang menjengkelkan

Banyak yang percaya bahwa bau badan disebabkan oleh bakteri yang tinggal di dalam kulit. Padahal, bau badan terjadi karena bakteri-bakteri tersebut, memecah keringat, menjadi asam. Kondisi medis ini juga disebut dengan istilah bromhidrosis, osmidrosis, atau ozochrotia.

Mungkin Agan berpikir, bahwa air keringatlah yang menjadi penyebab bau badan. Faktanya, air keringat tidak memiliki bau. Bau badan terjadi saat bakteri yang ada di dalam kulit, berkembang biak dan menggAgankan dirinya di dalam air keringat. Saat hal ini terjadi, bakteri juga mengubah air keringat menjadi asam, yang kemudian menyebabkan bau tak sedap.


Selain penyebab bau badan di atas, beberapa hal di bawah ini, juga bisa menjadi penyebab bau badan, yang membuat agan dan sista  dijauhi orang-orang di sekitar:


1. Makanan penyebab bau badan

“Agan adalah apa yang Agan makan”, ternyata juga bisa menggambarkan penyebab bau badan. Sebab, ada beberapa makanan yang bisa membuat bau badan Agan tidak sedap, seperti berikut ini.

~ Sayuran cruciferous

Spoiler for sayuran cruciferous:



cruciferous adalah sayuran yang tergolong dalam keluarga Brassicaceae. Brokoli, kembang kol, hingga kale termasuk sayuran cruciferous yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Ternyata, sayuran-sayuran ini menjadi penyebab bau badan, karena mengandung belerang, yang akan terurai menjadi hidrogen sulfida berbau busuk. Namun bukan berarti Agan tidak boleh mengonsumsinya, sebab sayuran ini baik untuk tubuh. Agan dapat mengonsumsinya secara tidak berlebihan.

~ Rempah-rempah
Spoiler for rempah - rempah:


Rempah-rempah seperti bawang putih, bawang bombay, jinten, hingga kari juga menjadi penyebab bau badan.
Saat tubuh memecah rempah-rempah tersebut, senyawa seperti sulfur pun diproduksi di dalam tubuh. Tidak hanya itu, bau bawang juga bisa bereaksi dengan keringat, yang akhirnya menyebabkan bau badan.

~ Alkohol

Spoiler for alkohol:


Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa pemabuk berat, memiliki bau badan yang tidak sedap. Sebab, melalui proses metabolisme, alkohol bisa memunculkan asetat. Semakin banyak Agan meminumnya, semakin banyak asetat yang diproduksi tubuh. Bau badan yang tak sedap pun akhirnya muncul.

2. Kondisi medis

Gangguan kesehatan mental seperti stres, bisa menjadi penyebab bau badan tak sedap. Sebab, stres bisa membuat Agan berkeringat lebih, sehingga memicu bau badan tak sedap.

Selain itu, pengidap kanker stadium akhir, berpotensi memiliki bau badan yang menyengat. Kondisi ini terjadi karena adanya luka infeksi, yang muncul di tubuh pengidap kanker.

Gangguan metabolisme bernama trimethylaminuria juga bisa menyebabkan bau badan tak sedap. Trimethylaminuria dapat memicu bau amis, karena tubuh tidak bisa memecah zat kimia trimethylamine.

3. Infeksi

Jika kulit Agan terinfeksi, bagian yang terinfeksi itu berpotensi menyebabkan bau badan. Beberapa infeksi kulit di bawah ini, bisa menjadi penyebab bau badan:

Trichomycosis axillaris : infeksi bakteri pada folikel rambut ketiak

Eritrasma                         : infeksi kulit akibat bakteri

Intertrigo                          : ruam pada lipatan kulit yang bisa menyebabkan bau tak sedap jika ada infeksi di sekitarnya

Selain infeksi kulit, beberapa infeksi vaging, seperti infeksi parasit vagina atau vaginosis bakteri, dapat menyebabkan perubahan bau vagina. Infeksi lain juga bisa menyerang bagian luar vagina, dan mengakibatkan bau badan tak sedap.

4. Kekurangan vitamin dan mineral

Di saat Agan tidak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, bau badan tak sedap bisa datang. Misalnya, kekurangan vitamin C dapat membuat air keringat Agan memiliki bau seperti busuk. Maka dari itu, mengonsumsi makanan sehat tidak hanya berdampak baik pada kesehatan, tapi juga aroma tubuh.

Malabsorpsi, yang terjadi ketika tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan, juga bisa membuat bau badan tak sedap. Sebab, vitamin dan mineral dari makanan sehat, tak terserap oleh tubuh.

5. Obesitas

Orang obesitas biasanya memiliki pori-pori tersembunyi pada lipatan di tubuh. Lipatan yang lembap, hangat, dan gelap ini, bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Akibatnya, bau badan pun tak lagi terhindarkan.

Cara menghilangkan bau badan secara cepat

Jika penyebab bau badan Agan datang dari kondisi medis seperti diabetes, maka dokter akan berusaha untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa membantu Agan mengontrol bau badan, agar tidak dijauhi teman-teman:

Mandi dengan air hangat

Mandi adalah aktivitas wajib yang harus dilakukan, untuk menghilangkan bau badan tak sedap. Apalagi, kalau mandinya dengan air hangat. Sebab, air hangat dapat membunuh bakteri yang ada di kulit Agan.

Langkah ini terutama penting terutama saat cuacanya sedang panas, dan menyebabkan Agan berkeringat lebih. Kalau kondisi ini terjadi, Agan harus mandi lebih dari sekali, dalam satu hari.

Pakaian

Gunakan pakaian dengan serat alami, yang memungkinkan kulit untuk bisa lebih bernapas. Jadi, penguapan keringat pun jadi lebih baik. Dengan demikian, bau badan bisa dihindari.

Hindari makanan pedas

Bawang hingga kari, menjadi bahan masakan pedas yang harus dihindari, untuk mencegah bau badan menyengat. Sebab, makanan-makanan pedas, cenderung membuat Agan berkeringat lebih saat memakannya.

Gunakan sabun antibakteri

Jika sabun favorit, tidak mampu menghilangkan bau badan, mungkin sabun itu tidak mengandung antibakteri. Mulai dari sekarang, gunakanlah sabun yang dilengkapi antibakteri, agar bakteri pada kulit, bisa dihilangkan.

Keempat cara di atas, dapat Agan coba untuk menghilangkan bau badan. Pastinya, Agan tidak mau bau badan yang menyengat, sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. 

#NOTE : 

Jika beberapa tips di atas, masih belum ampuh dalam menghilangkan bau badan, maka Agan disarankan berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi, penyebab bau badan Agan, datang dari kondisi medis seperti diabetes.

Jangan pernah meremehkan bau badan yang tidak sedap, karena bisa jadi, itu adalah indikasi dari kondisi medis yang serius.



emoticon-PelukSEMOGA BERMANFAATemoticon-Peluk
Bye emoticon-Big Kiss






Spoiler for sumur:


Gak nyangka ternyata brokoli juga masuk :') terima kasih, aku bakal mengurangi konsumsi akuu pada makanan-makanan di atas


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di