CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sulitnya Menjelaskan Keadaan Indonesia Saat Ini Pada Orang Tua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7063202637720361496a52/sulitnya-menjelaskan-keadaan-indonesia-saat-ini-pada-orang-tua

Sulitnya Menjelaskan Keadaan Indonesia Saat Ini Pada Orang Tua

Sulitnya Menjelaskan Keadaan Indonesia Saat Ini Pada Orang Tua
cnn.com


Indonesia saat ini sedang dalam keadaan genting menghadapi serangan virus corona. Jumlah pasien yang dinyatakan positif juga makin hari makin besar. Melansir dari tirto.id, hari ini,  Selasa 17 Maret 2020 jumlahnya sudah 138 orang. Sungguh luar biasa. Untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas, pemerintah pun menghimbau masyarakat menghindari kerumunan orang. Pekerja juga disarankan untuk bekerja dari rumah, yang pelajar disuruh belajar di rumah juga. 


Saya sendiri setuju dengan hal ini, karena di kota saya sendiri belum ada fasilitas yang mendukung buat pengecekan. Namun yang saya takutkan adalah jika ada yang pulang ke sini dan, amit-amit, ternyata seorang carier virus corona. Duh jangan sampe deh! 


Berbarengan dengan himbauan pemerintah, muncul juga berita tentang kegiatan umrah yang dihentikan di Arab Saudi, atau shalat Jumat yang dilarang di beberapa negara. Indonesia juga sudah mulai melakukannya, da seperti biasa, ada aja orang yang merasa paling "taat" dan menganggap hal tersebut sebuah kekonyolan dengan dalih "takut sama Allah atau takut sama virus yang juga ciptaanNya?"


Sudah banyak juga yang misuh di media sosial tentang hal ini. Saya sih awalnya biasa saja, dan percaya lingkungan saya sudah cukup pintar untuk memahami konteks saat ini. Sialnya, ternyata saya salah! Tadi pagi tetangga saya sendiri yang bilang "nah keheula, ini patut dipertanyakan nih. Lebih takut pada Allah atau pada ciptaanNya? Virus ini kan ciptaan Allah juga ya? Kalau Allah menghendaki kita sehat ya pasti sehat dong. Bener nggak?"


Saya diem. Udah gatel pengen ngomong dan menjelaskan konteksnya saat ini gimana, tapi kalau cuma bicara logika doi sendiri sudah menyanggah sebelum saya menjawabnya. Di akhir pertanyaan doi menambahkan kalimat "terlepas dari logika manusia ya, harusnya sebagai orang yang taat kan kita lebih takut sama Allah."


Haaar, ternyata menghadapi orang tua yang berpikir seperti itu sulit! Nggak semudah misuh di temlen twitter atau status whatsapp. Bahkan lebih mudah daripada menuangkan keresahan ini ke dala bentuk tulisan. 


Terus kenapa nggak dijelasin pake ilmu agama? 


Sayang sekali, baik saya ataupun doi, sama-sama cetek ilmu agamanya. Nggak banyak tahu tentang sejarah Islam dan kisah hidup Nabi Muhammad SAW. Pengetahuan tentang hadist Nabi juga nggak banyak. Saya juga percaya, ngomongin agama itu harus sama orang yang ilmunya udah banyak. Jangan yang menafsirkan hadist cuma berdasarkan logika sendiri. Nanti ujungnya pasti nggak ada jalan keluar dan jawaban yang didapat juga nggak terjamin. 


Terpujilah kalian yang sanggup menjelaskan keadaan negara saat ini kepada orang tua seperti tetangga saya ini. Udah deh jago pokoknya!!


Sebagai rakyat yang masih percaya pemerintah, saya cuma bisa meminta pemerinta melalui kementrian agama untuk mengedukasi masyarakat kelas menengah ke bawah yang nggak bisa mengedukasi dirinya sendiri lewat internet tentang hal ini. Gimana ya? Kalau soal urusan agama, memang sosok yang "punya nama" yang turun tangan. Medianya lewat televisi juga cukup tapi harus dijelaskan dengan baik. Karena ya kasian juga kalau mereka harus terjangkit virus karena ketidak-tahuannya. 


Akhirnya saya belajar satu hal dari perbincangan dengan tetangga ini, virus corona masih belum dianggap ancaman untuk sebagian orang Indonesia. 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Natsirrazaq dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Setujuuuu, disuruh di rumah aja tetep ngeyel banget huhuhu ane sampe bingung gimana cara nasihatinnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan 3 lainnya memberi reputasi
Mejeng ah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan pandhu1st memberi reputasi
masyarakat kita kurang di bimbing biar lebih respon
profile-picture
profile-picture
steamcake dan rizaradri memberi reputasi
Kalau ga sanggup ksh tau dr sisi agamanya bs lewat artikel aja gan, ksh link penjelasan ustadz yg kredibel mengenai yg benar seperti apa..emoticon-Smilie

Masih bebel juga yaudah pakai akhlak dan adab yg baik aja..emoticon-Big Grin

Masih bebel juga, cukup doain aja semoga diberi hidayah, dan tugas kita utk amar ma'ruf nahi mungkar selesai emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaskushunters dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kopralicious
banyak yang malah kluyuran dikira ini wabah flu biasa
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
mari kita cerita tentang korona hari ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antomulyo dan 2 lainnya memberi reputasi
nice inpo
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
wedew... kenapa idr dihajar sm usd ya. sialan bgt yg bikin untung dr situasi ini
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan yukeli91 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wuihh
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
bilang aja ada “pagebluk” kalo orang kuno ya paham...
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
.....kalau udah dikasih contoh kasus kayak yang di Malaysia gara2 ikut acara agama kena itu, orang tuanya masih ga mau ngalah....ya udah mau diapain lagi...emoticon-Thinking


kasih contoh kasus itu udah paling mudah kalau mau jelasin sebab akibat, klo itu ga bisa masuk ke otak yang dijelasin sebaiknya anda diam saja karena cara yang lebih ampuh lagi selain kasih contoh kasus adalah yang dijelasin kena sendiri itu kasus(jadi korban)......emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan ShadowSin memberi reputasi
iya bener susah banget jelasin pentingnya pencegahan dr wabah inii. masih pd ngeyel ajaa
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Menunggu seorang sosok planga plongo untuk konfrensi pers memberikan statement tegas apa yg harus dilakukan sekarang ini.. emoticon-Big Grin

Dari situ nanti semua akan paham apa yg harus diputuskan dan apa yg harus dilakukan.. emoticon-Big Grin

Kalau yg paling atas diam saja, ya bawahannya bingung semua.. emoticon-Big Grin

V
V
V
V



Kondisi kita dalam status ini... dg tingkat keparahan begini... korban berjumlah ini... sebaran dampaknya begini...

Maka dari itu solusi dari pusat ini... kita menjalankan rencana ini... dengan dasar aturan hukum ini...

Daerah yg tidak terdampak adalah ini... daerah yg tidak terdampak menjalankan protokol ini...

Sedang daerah yg terdampak adalah ini... daerah yg terdampak menjalankan protokol ini...

Daerah yg terdampak yg dibatasi adalah ini... dibatasi dengan standar SOP ini... penanggungjawabnya ini... petugasnya ini... fasilitas akan dibangun dan disediakan disini... lama protokol ini adalah sekian hari ini...

Selama sekian hari yg harus dilakukan adalah ini... warga yg melanggar akan diberi sangsi begini... selama protokol dijalankan akan ditanggung oleh ini... dengan dana dari ini...

Setelah dijalankan, akan kita lihat hasil penurunannya dan hal-hal lain yg lebih detail akan dijelaskan oleh masing-masing penanggungjawab daerah..

-----

Begitu lebih baik daripada planga plongo.. emoticon-Big Grin
Diubah oleh muantapdjivva
Lihat 1 balasan
malah liburan, jalan-jalan..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Mau indonesia atau luar juga sama saja

Self quarantine di Amerika pun, warganya bebal

Malah main main di Florida

Di indo pun begitu, main main ke puncak dan kawan kawan

Memang tipe negaranya begitu. Demokrasi kan?

emoticon-Angkat Beer

Mau warganya nurut ya kek di China, komunis

Gampang ngaturnya

Tapi ya bisa kek zaman PKI dulu

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 4nt1.sup3r
Emang gan

Pusing emang mo jelasinnya

Emang sih kita memamg harus cuma takut pada Tuhan
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Minta saran gan, bokap ane susah bener dikasi tau nya..
Ane udah bilang pakai masker sama minumin vitamin, soalnya bokap ane termasuk yang rentan beliau ada diabetes yg bikin imun nya ga se hebat kita kita.
Gimana cara ngasi tau nya? Apalagi di kelurahan ane sudah ada yg positif 1 orang.

Bagi yg penasaran daerah nya udah kena belum bisa cek di jakarta.corona.go.id
Setau Saya itu website resmi nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Turut Berduka
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh phyx86
Nabi Muhammad dan nabi2 yag lain dulu juga sembunyi2 dr kejaran orang yg ingin membunuh mereka. kalau pun toh nabi pengen berhadapan seorang diri tentu Nabi bisa dan menang, tapi nabi punua cara pikir lain buka. seperti cara pikir orang yg mengatakan seperti itu
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan berylucu memberi reputasi
Emmak gue juga gitu, disuruh berhenti dulu untuk jemaah di mesjid dan arisan khotmil quran, masih aja tetep saya yg dinasehati. Tak puterin fatwa MUI tentang untuk ibadah di rumah, moga2 video tsb membuatnya sedikit waspada. Ibadah lanjut dan tetap ikhtiar dan tawakkal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di