CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Imigrasi Akui Izinkan 49 TKA China Masuk ke Kendari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7056b965b24d29377cfc27/imigrasi-akui-izinkan-49-tka-china-masuk-ke-kendari

Imigrasi Akui Izinkan 49 TKA China Masuk ke Kendari

Imigrasi Akui Izinkan 49 TKA China Masuk ke Kendari

VIVAnews – Ditjen Imigrasi Kemenkumham angkat bicara soal informasi berupa video kedatangan Warga Negara Tiongkok di Kota Kendari melalui Bandara Halu Oleo yang beredar di media sosial. Mereka diviralkan dengan narasi video positif corona.

Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Arvin Gumilang pun membenarkan ihwal 49 WNA yang mendarat di Kendari, Sulawesi Tenggara, itu berasal dari China. Arvin mengatakan WN China tersebut tiba di Kendari dalam rangka uji coba kemampuan bekerja.

"Bahwa benar mereka menggunakan visa kunjungan B211 yang berlaku 60 hari, yang diterbitkan pada tanggal 14 Januari 2020 di KBRI Beijing untuk kegiatan calon TKA dalam rangka uji coba kemampuan bekerja (Permenkumham Nomor 51 Tahun 2016)," kata Arvin dalam keterangan tertulisnya diterima VIVAnews, Selasa, 17 Maret 2020.

Arvin menuturkan lebih jauh, bahwa WN China tersebut sempat singgah di Thailand pada 29 Februari 2020. Berdasarkan surat sehat pemerintah Thailand, kata Arvin, 49 WN China itu telah dikarantina sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai 15 Maret 2020.

"Surat tersebut telah diverifikasi oleh pihak Perwakilan RI di Bangkok, Thailand pada tanggal 15 Maret 2020," kata Arvin.

Pada tanggal 15 Maret juga, lanjut Arvin, WN China tersebut terbang ke Jakarta. Mereka diklaim, telah diperiksa kesehatannya oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta.

Arvin menegaskan para WN China tersebut dinyatakan laik untuk masuk ke wilayah NKRI karena telah menjalani proses karantina.

Selain itu, dalih Alrvin, KKP Soetta juga telah menerbitkan surat rekomendasi berupa kartu kewaspadaan kesehatan pada setiap orang tersebut.

Berdasarkan surat rekomendasi itu, Petugas Imigrasi Bandara memberikan izin masuk pada tanggal 15 Maret 2020 sebagaimana tertera pada paspor.

"Kantor Imigrasi membenarkan bahwa pada tanggal 15 Maret 2020 pukul 20.00 WITA sebanyak 49 Warga Negara Tiongkok yang berasal dari Provinsi Henan, Hebei, Jiangsu, Shaanxi, Jilin dan Anhui datang ke Kendari dari Jakarta menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA-696," imbuh Arvin.
https://www.vivanews.com/amp/berita/...mpression=true

jadi rute kendari -jkt-kendari untuk memperpanjang visa adalah HOAX ya
ini WNA baru dari menlen yg transit di thailand

ayo laporin balik tuh kapoldanya
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lusilverstalker dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
tuh kan tka cinak asli yg baru dateng
bukan perpanjang ijin tinggal

itu di karantina di mana?
pietnam?
kagak di karantina lagi di indo?
baru bepergian dari luar kan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ganjabang dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
loh... katanya bukan WNA dari china, tapi rombongan dari jkt, gimana sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sankus010 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh minori2
ah, biasa itu rejim tipu2.

mama ada kejujuran direjim ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ganjabang dan 10 lainnya memberi reputasi
ga jelas banget, tiba-tiba banyak tka china di sini

pemerintah seakan-akan menutup-nutupi dari publik

masyarakat berhak tau juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ganjabang dan 5 lainnya memberi reputasi


Quote:


Katanya sih dikarantina di thailand gan,
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


emang ada yg bilang itu wni?

Quote:


di indo karantina lagi gak?
kan dari daerah endemik
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Luar biasa polkis..
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Kemarin yg upload video koar2, ketangkap lsg jadi alim penakut.

Nah, skrg sdh terbukti itu wna baru masuk indonesia.

Gue penasaran, apa dia balik jadi kadrun koar2 lg apa tobat?
profile-picture
profile-picture
mows dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 3 balasan
aman kalo sebar hoaks membangun, gak akan ditangkap itu kapolda
profile-picture
profile-picture
dunkersz dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Jadi yang bener yang mana
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Waduuh harus dikarantina selama 14 hari dulu sih, bukannya rasis tapi ya gimana lagi, kondisinya emang sedang tidak memungkinkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 3 lainnya memberi reputasi
kira2 lagi ngapain kapoldanya skrg ya???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mows dan 2 lainnya memberi reputasi
jadi gini, mereka tiba dari china di thailand tgl 29 februari, karantina 14 hari terus bisa lanjut ke indonesia di tanggal 15
pertanyaannya, mang imigrasi yakin selama 14 hari mereka di thailand tidak kena corona ? mestinya dikarantina juga dulu disini walau tidak sampai 14 hari

profile-picture
profile-picture
dunkersz dan mows memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


feeling ane kapoldanya bre yg hoax emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dunkersz dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kalau dibaca pernyataan nya di media ya gitulah, hhhhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Jd yg bener yg mana?

Lagi waspada virus malah masukin wna.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh Paidy
Imigrasi Akui Izinkan 49 TKA China Masuk ke Kendari
profile-picture
profile-picture
syahwani.kaskus dan sipit.siput memberi reputasi
Lah kok bisa bukannya sudah dilockdown china, korea, iran, itali, bingung ane gak bisa berkata2 lagi, di natuna dan pulau seribu susah payah dikarantina ini dibiarkan masuk, pemimpinnya sangat lemah gemulai, santuyy gak disiplin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syahwani.kaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 7 Tahun 2020.

1. Pemerintah Indonesia mengizinkan WNA Tiongkok maupun WNA lainnya yang mengambil visa di kedutaan besar Republik Indonesia di Tiongkok untuk masuk ke Indonesia.

2. Syaratnya:
a. WNA ybs mengantongi surat keterangan tidak terjangkit virus corona/penyakit COVID-19 dari institusi kesehatan yang berwenang di negara asalnya (negara pengambilan visa nya).
b. Dikarantina (baca: transit) selama 14 hari di negara lain yang bebas virus corona sebelum masuk ke Indonesia.
c. Menandatangani surat pernyataan yang isinya adalah bersedia untuk dikarantina di Indonesia bilamana ketika sampai di Indonesia terindikasi/suspect virus corona.

3. Tambahan: pihak bandara yang menerima kedatangan WNA tetap melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap WNA yang masuk ke wilayah Indonesia.

Dihubungkan dengan kejadian tersebut:
1. Sepanjang WNA Tiongkok tersebut memenuhi persyaratan di nomor 2a (dapat dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan, yang pastinya harus selalu dibawa oleh WNA), 2b (apat dibuktikan melalui cap pendaratan di paspor), dan 2c (dapat dibuktikan melalui berkas yang disampaikan sewaktu pengambilan visa), maka secara administrasi telah BENAR memasuki wilayah Republik Indonesia.
2. Sang perekam video/yang meneriakkan "corona" atas WNA Tiongkok, SALAH sepanjang WNA tersebut tidak terjangkit virus corona.
3. Kepala polisi, SALAH karena memberikan/mengumumkan informasi yang salah kepada publik/media.
Lihat 4 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di