CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI Perbolehkan Umat Islam Tidak Sholat Jum'at karena Virus Corona (COVID-19)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7051ee9a972e6c1e722dc5/mui-perbolehkan-umat-islam-tidak-sholat-jumat-karena-virus-corona-covid-19

MUI Perbolehkan Umat Islam Tidak Sholat Jum'at karena Virus Corona (COVID-19)

MUI Perbolehkan Umat Islam Tidak Sholat Jum'at karena Virus Corona (COVID-19)
[KASKUSER] Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa hukum salat Jumat bagi umat Islam di tengah merebaknya virus corona (Covid-19). MUI memperbolehkan kalangan muslim tidak menjalankan salat Jumat di masjid jika di suatu dearah ditetapkan sebagai zona bahaya penyebaran virus mematikan itu.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, bagi muslim yang terpapar korona, wajib baginya untuk mengisolasi diri agar tidak terjadi penularan kepada orang lain. Karena itu, dia dapat mengganti salat Jumat dengan salat zuhur di tempat kediaman.

"Karena salat Jumat merupakan ibadah wajib yang melibatkan banyak orang sehingga berpeluang terjadinya penularan virus secara massal," kata Ni'am dalam konfrensi pers di Gedung MUI, Senan (16/3/2020).

Adapun bagi umat Islam yang belum terjangkit virus korona namun berada di lokasi berbahaya penyebaran virus tersebut, mereka juga diperbolehkan untuk tidak menjalankan salat Jumat. Pertimbangannya juga demi keselamatan.

Tidak hanya itu, untuk menghindari terjangkitnya virus korona, umat muslim di zona penularan tinggi juga diperbolehkan meninggalkan jamaah salat lima waktu dan tarawih di masjid.

"Di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang, maka boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan salat zuhur di kediaman atau rumah masing-masing," ujarnya.

Menurut dia, keselamatan umat lebih penting. Jika kawasan itu dinilai membahayakan karena sebararan virus tersebut, umat Islam dapat meniadakan salat di masjid sampai keadaan menjadi normal kembali. Kendati demikian, dia wajib menggantinya dengan salat zuhur.

Ni'am melanjutkan, tetapi jika di suatu kawasan yang potensi penularannya rendah berdasarkan ketetapan pemerintah, umat tetap wajib menjalankan kewajiban ibadah sebagaimana biasa.

"Namun wajib menjaga diri agar tidak terpapar virus korona seperti tidak kontak fisik langsung, membawa sajadah sendiri, dan sering membasuh tangan dengan sabun," ucapnya.

Sejumlah negara yang terpapar virus korona telah memberlakukan kebijakan serupa. Di Singapura, salat Jumat ditiadakan demi menghindari penyebaran virus yang telah merenggut ribuan nyawa ini. Begitu juga di Iran, setelah virus itu menginfeksi ribuan warganya.

Sumber: inews
Jangan lupa mampir ke => SINI <=

FOLLOW ig: https://www.instagram.com/salmanainurridho/?hl=id
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan tepsuzot memberi reputasi
Diubah oleh bacotan.netizen
Halaman 1 dari 3

RE: MUI Perbolehkan Umat Islam Tidak Sholat Jum'at karena Virus Corona (COVID-19)

PertamaX diamankan dulu ya gan dan sist emoticon-Cool
kadrun mau membantah anjuran MUI kah?
justru ada wabah
kaum religius harus makin tebal imannya
harus lebih sering ke tempat ibadah dan berdoa pada tuhan
biar di jauhin dari penyakit

jgn karena ada wabah
malah pada ga percaya sama kuasa tuhan

emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abi.molay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Apakah pemerintah sudah rilis daerah2 yang terjangkiti virus corona?
saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah, kata jokowi
Lihat 3 balasan
Gak ada penyakit tau kesembuhan tampa seizin allohhh..umat islam jangan takut sama virus seharus ny takut sama allohh...ini saat nya umat islam perbanyak wberzikir bersama memanjatkan doa ...kota dan negara boleh takedown tp keiman jgn down ..take beerr ... Dasar rezim komunis ..laknat inggin merusak keimanan umat islam emoticon-Cool
di bikin fatwa ginian, abis sebagian oematnya emg ogeb2, di bikin fatwa ginian jg msh aja ada yg ga nurut, tp udh ada fatwa ginian, msh ada ustadz2nya yg sama2 ogebnya blg mati krn corona = mati syahid

oematnya yg ogeb dg jargon hidup & mati di tangan alloh ketemu ustadz dongok blg mati krn corona = mati syahid menjadi racikan maut antara keogeban oemat dan kegoblokan ulamanya di hadapan seleksi alam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gogoYubari dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

Ntah lah gan

Quote:

Ini demi kebaikan bersama gan, biar virusnya kga menyebar luas kemana-mana

Quote:

Kurang tau dah klo soal itu
Lihat 1 balasan
liat aja nih pasti jumat besok masih banyak yg ngotot harus pergi emoticon-Ngacir
Di IG dan FB udh mulai nongol komen kontra ogeb nih fatwa :

1. Buat apa ada masjid kalo ga di pake
2. Sukanya melarang-larang ibadah
3. Tetap ramaikan masjid, hidup mati di tangan Allah.


emoticon-Belgia
profile-picture
tepsuzot memberi reputasi
tuhan yang butuh dibela itu dan harus dipuja-puji pake toa memangnya membolehkan hamba sahayanya absen jedug jumat?
hati-hati lho belio murka dan menurunkan banjir.
profile-picture
ossal memberi reputasi
lha balita yg ga tau apa apa di masjid dianggap pengganggu kok mereka egois mikirin ibadahnya masing masing daripada ikhlas biar si balita jadi kenal masjid kok, adaloh masjid yg egois ky gini
Quote:


Terserah lu aja gimana menyikapai himbauan dari Jokowi tsb.
Quote:

Namanya juga kadal gurun gan:v Wkwkw

Quote:

Oke siap
profile-picture
profile-picture
rajkapoor dan ossal memberi reputasi
Online dong kan dah jaman milenial
profile-picture
ossal memberi reputasi
Sholat dirumah gak bisa ya? Or buat live, tuh yg mimpin solo di mesjid dia, yg lain nonton di internet sambil sholat?
profile-picture
profile-picture
ossal dan kaiserwalzer memberi reputasi
akhir nya ngikutin negara majikan ikhwan dan uktie turki yg jg melarang shalat jumat

emoticon-Leh Uga
profile-picture
ossal memberi reputasi
Quote:

Yoiii, skrng jamannya sudah jaman online

Quote:

Ntah lah(?) Kita ikuti arahan dari atasan kita aja
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
bagusnya saat ini ibadah bersama dihindari dahulu sampai reda bencana coronavirus ini.
Quote:

Alow itu apa ya gan?

Quote:

Betul
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di