CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gegera Corona, Jokowi Minta Anggaran Perjalanan Dinas Pejabat Rp 40 Triliun Dialihkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e704ad24601cf58b70380e0/gegera-corona-jokowi-minta-anggaran-perjalanan-dinas-pejabat-rp-40-triliun-dialihkan

Gegera Corona, Jokowi Minta Anggaran Perjalanan Dinas Pejabat Rp 40 Triliun Dialihkan

Mewabahnya virus corona atau Covid-19 hingga ke Indonesia membuat berbagai sendi kehidupan terganggu, khususnya di daerah yang sudah ada pasien positif kena corona. Salah satu sendi kehidupan yang kena imbasnya secara signifikan adalah perekonomian. Maka itu dibutuhkan solusi yang cepat dan cerdas untuk menghadapinya.


Dilansir dari merdeka.com (16 Maret 2020) Jokowi meminta agar anggaran perjalanan dinas pejabat berkisah Rp 40 Triliun dialihkan untuk mendorong perekonomian. "Anggaran-anggaran untuk paket-paket perjalanan dinas, rapat-rapat, pertemuan-pertemuan yang tidak perlu agar lebih banyak, dihold lebih dulu," ujar Jokowi. Beliau menginginkan anggaran tersebut dialihkan untuk membantu para petani, petani, nelayan, hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menggerakan perekonomian yang tengah terganggu gegera mewabahnya virus corona Covid-19.

Gegera Corona, Jokowi Minta Anggaran Perjalanan Dinas Pejabat Rp 40 Triliun Dialihkan

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas bersama para menterinya melalui teleconference di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barart, Senin (16/3).

"Ini ada kurang lebih Rp 40-an triliun yang bisa segera dialihkan dengan program-program yang berhubungan langsung dengan konsumsi masyarakat, dengan daya beli masyarakat," kata Jokowi.

++++++++++++++

TS mendukung penuh kebijakan pak Jokowi untuk mengalihkan dana yang saat ini menjadi tidak terlalu penting. Ini adalah contoh penerapan fiqih prioritas yang sangat apik. 

Dalam situasi mewabahnya virus dan untuk mengantisipasi penyebaran kita diminta untuk mengurangi bepergian. Anggaran perjalanan dinas bagi para pejabat menjadi tidak tepat bila tetap dialokasi untuk perjalanan. Maka itu memang akan sangat tepat ketika dialihkan untuk mendorong sektor ekonomi yang tengah lesu khususnya rakyat kecil seperti pelaku UMKM.

Gegera Corona, Jokowi Minta Anggaran Perjalanan Dinas Pejabat Rp 40 Triliun Dialihkan

Dan TS menilai dengan situasi impor yang bisa dikatakan lumpuh ini sebenarnya adalah peluang besar bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikira Kecil Menengah). Saatnya pelaku usaha dalam negeri memaksimalkan penjualan. Mengisi kekosongan barang-barang yang tadinya didapat dari impor. Pemerintah juga perlu mempersiapkan strategi penguatan produk lokal.

Bila dicermati lebih jauh, ini adalah kesempatan emas untuk bangsa kita bisa mandiri. Saat yang tepat untuk belajar berhenti bergantung pada produk-produk dari luar negeri, terutama untuk produk yang kita sanggup memproduksinya sendiri. 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Sekalian gaji politikus juga dipangkas 50-60% selama 3 bulan, kalo bener bener niat mau urus pandemik corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Air.Gate dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tuh kan. kalo setengah aja dapet 20 t

tunjangan n gaji pns, bumn, pres, menteri n dpr mpr sekalian lah pak

Gegera Corona, Jokowi Minta Anggaran Perjalanan Dinas Pejabat Rp 40 Triliun Dialihkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprilice dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


sekalian pajak lo dinaekin ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rianna.nai dan inovator.4id memberi reputasi
Harusnya udah sejak 5 thn lalu alokasikan dana utk konsumsi spy daya beli kaga hancur begini

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rp.1000000 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Anggaran formula eek juga sebaiknya dialihkan untuk penanganan corona di DKI emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan mataduniawi memberi reputasi
buseh 40 triliun
profile-picture
mataduniawi memberi reputasi
Harusnya politikus sadar, rakyat daya belinya lagi rendah2 trus diterpa perang dagang yang membuat barang2 sulit di pasaran skrg kena corona.

Beruntung cuma dipotong anggaran perjalanan dinas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salam.rekber dan 5 lainnya memberi reputasi
Seekor mewek

Edit :
2 ekor mewek
profile-picture
profile-picture
anuku20cm dan mataduniawi memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Liburan berkedok perjalanan dinass


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau dikerjakan, langkah bagus
saran yang baik
40 T buat subsidi kebutuhan pokok warga jika benar2 lockdown
profile-picture
aprilice memberi reputasi
Langkah bagus, kalo bisa tambahin anggara2 lain yg ga perlu2 amat dialihkan dulu aja. Beli tes kit sebanyak2nya, tes masal, isolasi itu kalo ga mau lockdown. Rumah saki juga disiapkan
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harus disegerakan. Untuk penanggulangan corona jauh lebih penting.
Quote:


Kalo pegawai pns jangan dulu lah, kasian, masih banyak yg susah.
Minimal DPRD naik ke atas, semua tunjangan & anggaran jalan2 dicabut semua selama 1 taun APBD/APBN. Pasti lumayan hasilnya
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
kadrun pasti protes banget nih
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan chisaa memberi reputasi
Anjir perjalanan dinas 40 T
Bagus itu sarannya...
Semua perjadin yg ga penting dihold...
Buat ASN juga klo perlu...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
gimana gak banyak hutang

buat biaya ini saja sampai 40 t
Dialihkan aja pak
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di