CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gubernur Sulteng soal 'Lockdown': Siap Biayai Penduduk?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7047c2337f933fb45132f5/gubernur-sulteng-soal-lockdown-siap-biayai-penduduk

Gubernur Sulteng soal 'Lockdown': Siap Biayai Penduduk?

Gubernur Sulteng soal 'Lockdown': Siap Biayai Penduduk?
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola menyatakan keputusan untuk mengisolasi wilayah guna mencegah penularan Virus Corona memiliki konsekuensi biaya besar.

"Lockdown itu mengisolasi diri. Apakah kita siap membiayai penduduk Sulteng kalau lockdown dilakukan, karena mereka tidak boleh beraktivitas di luar rumah? Tidak bisa,"  kata Longki menanggapi usul Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira, dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Palu, Senin (16/3), dikutip dari Antara.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tidak punya cukup dana untuk menanggung hidup sekitar tiga juta warganya jika menerapkan isolasi wilayah.


"Yang ada itu pembatasan sosial. Aktivitas penduduk Sulteng di luar rumah dibatasi," katanya.

Ia mengatakan pembatasan interaksi sosial langsung antara lain dilakukan pemerintah dengan meniadakan sementara kegiatan belajar di sekolah di semua jenjang pendidikan hingga 14 hari ke depan serta mengupayakan penutupan tempat hiburan.

Selain itu, Pemerintah Provinsi menunda kegiatan yang mengumpulkan massa dan untuk sementara meniadakan apel pagi dan upacara tanggal 17 bagi aparatur sipil negara.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga untuk sementara melarang warna mancanegara masuk ke wilayahnya, utamanya warga dari negara yang melaporkan kasus penularan Virus Corona.

Kepada warga, Gubernur menganjurkan mereka mengurangi kontak fisik dengan orang atau benda yang dapat menyebarkan penularan virus, antara lain dengan mengganti jabat tangan dengan ucapan salam, serta menghindari kerumunan massa.

Hingga Minggu (15/3), sebanyak 117 orang di Indonesia dinyatakan positif Virus Corona. Lima orang di antaranya meninggal dan delapan orang dinyatakan sembuh.

Tagar #lockdownindonesia sendiri sempat menjadi trending di dunia maya. Namun, Presiden Jokowi memilih untuk sekadar mengimbau warga untuk beraktivitas dari rumah.


Enggak Ngerti Lockdown, enggak usah comment

Kan sudah ada kebijakan self isolated. Kalau mau lockdown pun apa yakin bisa benar benar lockdown? Ada juga keluyuran kelaparan...

Yang namanya Lockdown itu, pasar tutup, carefour, alfamidi, alfamart, indomaret, semua tutup, Pegawai PLN, PDAM, Listrik padam, semua tutup tidak ada yang terkecuali. Benar benar sepperti tinggal di hutan ?? Gimana, siap?? Ntar kalau kelaparan dan mokat jangan ngeluh.

Mau selamat, lockdown diri masing masing, tergantung kesadaran masing masing, tanpa itu mau lockdown2 pun tetap aja bablas, ngak guna.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
mana ada lockdown listrik padam, air mati...warga wuhan aja pada bikin tiktok dirumah...emoticon-Cape d... (S)

lagian modern market disana jg buka 2 hari sekali spy warganya tetep bs makan, dapur umum byk, pkl2 sayuran jg buka terbatas.

asbun jgn diborong semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Orang panik gak bakal bisa diajak berpikir jernih emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siloh dan 3 lainnya memberi reputasi
Siap ga pemerintah meberlakukan lockdown? lockdown punya konsekuensi yakni matinya kegiatan ekonomi. Mangkanya pemerintah harus memberikan jaminan dan kepastian kepada masyarakat dan dunia usaha. Tapi ini worth it kok untuk mencegah menyebarnya Covid-19, sebelum menjadi outbreak.

pemerintah juga harus menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar warganya. Supply makanan dan bahan pokok jangan sampai putus. Pemerintah juga harus menangguhkan pembayaran segala bentuk kredit jika bisa. Tapi ingat, ga semua warga Indonesia itu rumahnya nyicil.

So pemerintah harus siap untuk meberlakukan sistem ini sebelum terlambat. Sebelum virus corona menyebar kemana mana. Apalagi Indonesia terdiri dari ratusan juta penduduk yang padat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manroe2404 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greenology
Lihat 5 balasan
Quote:


Lockdown di Wuhan China dan Italia itu begitu..emoticon-Big Grin
Seperti yg disampaikan oleh kaskuser pertamax di atas..emoticon-Big Grin

Orang di Wuhan dan Itali diizinkan keluar rumah hanya utk belanja bahan makanan..emoticon-Big Grin
Air, listrik, internet masih nyala biasa..emoticon-Big Grin
Tentara hanya menjaga di setiap jalan memeriksa warga yg masih di jalanan..emoticon-Big Grin

Jd kau buzzer otak kopong tak usah sok membela si planga plongo yg ketakutan utk melockdown..emoticon-Big Grin

Inget ya, Anies kemarin mau lockdown Jakarta tp dilarang Pusat..emoticon-Big Grin
Akhirnya hanya bs meliburkan saja dan membatasi fasilitas transportasi umum.. emoticon-Big Grin
Tp endingnya warga malah jalan2 liburan karena tidak dilockdown..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Natsirrazaq dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:

Gubernur Sulteng soal 'Lockdown': Siap Biayai Penduduk?
Gubernur Sulteng soal 'Lockdown': Siap Biayai Penduduk?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
natokh02 dan 10 lainnya memberi reputasi
Quote:



Lockdown itu daerah yg terdampak saja sri..emoticon-Big Grin
Lockdown itu ada kategorinya juga..emoticon-Big Grin

Seperti Solo kemaren yg diterapkan Gub Ganjar dan Walikota Solo Hadi Rudyatmo..emoticon-Big Grin

Jd kabupaten atau propinsi saja, bukan 1 negara..emoticon-Ngakak (S)
Kan sudah ada itu peta sebarannya..emoticon-Big Grin
Jalan protokol Solo ditutup, stasiun dan bandara Solo ditutup..emoticon-Big Grin
Tp air, listrik dan internet msh nyala..emoticon-Big Grin
Warga keluar rumah utk belanja saja..emoticon-Big Grin

Kemudian yg tidak terdampak ya tidak dilockdown..emoticon-Big Grin
Contoh Papua tidak ada Corona, ngapain Papua dilockdown..emoticon-Ngakak (S)

Wuhan itu Propinsi, yg di Wuhan itu dilockdown hanya 1 propinsi..emoticon-Big Grin
Bukan 1 negara China..emoticon-Big Grin

Kesimpulannya si planga plongo ketakutan saja dg istilah lockdown..emoticon-Ngakak (S)
Bisa jadi memang karena tidak berkompeten memimpin..emoticon-Ngakak (S)

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:



Buzzer ampas satu ini memang sudah tugasnya menutupi aib dan menjaga marwah si plonga plongo yg tidak berkompeten memimpin..emoticon-Big Grin

Gubernur Sulteng soal 'Lockdown': Siap Biayai Penduduk?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wowwaw dan 4 lainnya memberi reputasi
Lockdown menurut saya pengisolasian suatu wilayah dimana setiap pintu keluar masuk wilayah dijaga ketat oleh tentara, warga lokal dilarang keluar kota, begitu sebaliknya, suplai makanan didatangkan dari luar terkoordinir. Setiap warga di dalam kota akan dilakukan pemeriksaan intensif, intinya membatasi pergerakan manusia sementara waktu guna membatasi penyebaran virus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
Gaya lah tong pake lockdown segala, gw setuju sama TS yang penting kesadaran dari diri sendiri percuma dibuat boundary2 tapi ujungn2nya kesadaran kaga ada. Liat tuh DKI dibatasin operasional angkutan umum malah blunder eh ga sampe sehari langsung dicabut lagi, buat kebijakan tapi ga mikir dampak sama sekali ke masyarakat, hidup itu ga terus2an cari panggung, 2024 masih lama.

jr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:


Masih dipertanyakan sebenernya apakah sistem lockdown itu efektif di Indonesia? Kalau kalangan menengah kebawah masih mengkhawatirkan makan apa besok ketimbang pandemi corona. Mereka lebih khawatir itu. Pemerintah kalau ga pengen virus ini menyebar kemana mana apalagi dengan jumlah penduduk Indonesia yang padat harus menjamin keberlangsungan hidup mereka.

Indonesia masih sangat2 belum siap dengan pandemi ini kalau menurut gw. dari saksi eks pasien positif virus corona yang gw simak mereka disatukan dengan pasien positif lain dan menunggu hasil lab sampai 3 hari. Selagi menunggu mereka dibawa pulang ke rumah masing2. Bayangin 3 hari harus nunggu di rumah ada kemungkinan nyebarin ke kerabat lain nya.

Indonesia terlalu menyepelekan pandemi ini. Disaat virus menyebar di wuhan disini malah dijadiin bahan bercandaan. Bahkan menhub pernah bilang makan nasi kucing aja bisa bikin virus mentall. Tiga pasien sembuh diselebrasikan. Bukannya memberi solusi lebih utama kepada yang sakit.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greenology
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Recommended Seller
tetap waspada, hati² aja dimanapun berada.
profile-picture
profile-picture
tome123 dan angelo.ogbonna memberi reputasi
Quote:



Kebijakan Pemprov:

1. Meliburkan 2 minggu
2. Membatasi transportasi publik
3. Pelarangan berkerumun
4. Stay di rumah

Tapi kalau dilarang lockdown ibukota oleh Pusat, ya bisa apa kebijakan di atas..emoticon-Ngakak (S)

Yg ada malah warga jalan2 keluar rumah sembari antri naik Transportasi Umum..emoticon-Ngakak (S)

Dan itu bukan salah Pemprov..emoticon-Big Grin
profile-picture
angelo.ogbonna memberi reputasi
Quote:


Gubernur Sulteng soal 'Lockdown': Siap Biayai Penduduk?
Quote:

bujjerr ampas anjay.....emoticon-Wkwkwk

profile-picture
angelo.ogbonna memberi reputasi
Hitung2an yuk. Kita pakai ukuran maksimal yah. Kondisi terburuk.

Dengan lockdown
(+) Tracing covid bisa lebih mudah, karena semua penduduk mengunci di rumah, kalo sakit tinggal telpon dijemput petugas dikumpulin di rumah sakit.
(+) Bisa mengurangi penyebaran covid, dengan syarat semua penduduk patuh dan tidak ada yg mbalelo.
(-) dampak negatifnya ekonomi pasti mati.
(-) kalo logistik tidak siap dan ditanggung pemerintah, penduduk miskin, buruh harian, pengusaha/pedagang kecil tidak punya penghasilan. Bisa mati kelaparan.
(-) harga sembako dimainin spekulan mental lintah darat.
(-) kesenjangan kaya vs miskin sangat kentara dan bisa berakhir kerusuhan. Yg kaya memborong dab menimbun sembako yg miskin nggak bisa beli.
Setelah pagebluk covid, ekonomi sudah hancur, hubungan sosial rusak dampak dari kerusuhan. Untuk kembali semakin susah.

Tanpa lockdown
(-) penyebaran covid bisa masif. terparah bisa 90% penduduk kenak.
(-) penduduk berusia tua atau punya penyakit penyerta meninggal dunia . (30% penduduk berkurang)
(+)50% penderita covid sembuh bisa merawat yg sakit dan kembali kerja menggerakkan ekonomi.
(+) Ekonomi masih berjalan, walaupun menurun.
(+) Pekerja informal masih bisa memperoleh penghasilan, bisa membeli makanan, menjaga imunitas diri.
(+) Setelah pagebluk covid selesai, perekonomian lebih cepat pulih.

Ini hitungan ku bagaimana hitungan mu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kawungman dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Quote:


Kita yang ada di kalangan berpendidikan, berpenghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan teredukasi dengan baik akan sadar dengan pandemi virus ini. Tapi bagaimana dengan kalangan menengah kebawah? Mereka lebih khawatir besok ga bisa makan ketimbang virus corona. Pemerintah mau lockdown seperti apapun juga kalau masyarakat menengah kebawah tidak teredukasi dengan baik dan tanpa bantuan apapun mereka nggak peduli dengan pandemi ini. Apalagi kalau sakit mereka berdalih masuk angin biasa dan mereka lebih takut dengan Allah ketimbang corona. Makin banyak yang menyepelekan virus ini akhirnya tanpa sadar mereka menyebarkan nya kepada kerabat terdekat.

Lockdown dan social distancing itu bagus sangat baik untuk memblok virus agar tidak menyebar kemana mana. Tapi ingat apakah efektif?
Diubah oleh greenology
Lihat 1 balasan
Listrik sm pam nga mati juga keleeeeezzz....
profile-picture
angelo.ogbonna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Tsunami, gempa bumi, dll itu apakah gojek masih nyari customer dan kang bakso masih dagang keliling kampung sri..emoticon-Ngakak (S)
Dungu kau itu..emoticon-Ngakak (S)

Saat bencana alam itu logistik didistribusikan oleh Pemda dr daerah lain sampai ke tingkat RT..emoticon-Big Grin
Orang2 miskin itu tetap bisa makan sri..emoticon-Ngakak (S)
Diantar sampai depan rumah mereka..emoticon-Big Grin

Dan wabah virus ini juga termasuk BENCANA NON ALAM..emoticon-Big Grin
Kau kira Pemdanya tidak bisa mengatasi logistik warganya seperti saat mengatasi Bencana Alam..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
masheru31 dan angelo.ogbonna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di