CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Fitness & Healthy Body /
Tetap Bugar dan Produktif dengan 6 Tips Mengatur Jam Biologis Tubuh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e70453f365c4f3bf72f4c4f/tetap-bugar-dan-produktif-dengan-6-tips-mengatur-jam-biologis-tubuh

Tetap Bugar dan Produktif dengan 6 Tips Mengatur Jam Biologis Tubuh

Tetap Bugar dan Produktif dengan 6 Tips Mengatur Jam Biologis Tubuh


Dalam kurun waktu 24 jam setiap harinya, tubuh kamu mengalami sebuah siklus alami yang dikenal dengan istilah ritme sirkadian alias jam biologis tubuh. Ritme ini membantu menjaga keseimbangan tubuh dengan cara mengatur beragam fungsi tubuh, seperti regulasi hormon, siklus tidur, sampai suhu badan. Jika ritme sirkadian ini terganggu, tubuhmu akan mengalami berbagai gangguan yang tentunya dapat menghambat aktivitas rutin kamu setiap harinya. 


Gangguan yang ditimbulkan bisa membuatmu jadi mudah lelah, kesulitan tidur (insomnia), berkurangnya kemampuan konsentrasi, dan masih banyak lagi lainnya. Maka dari itu, agar tubuh kamu senantiasa bugar dan selalu produktif, beberapa tips mengatur jam biologis tubuh berikut bisa banget untuk dicoba! 

1. Sesuaikan Jam Tidur 

Tetap Bugar dan Produktif dengan 6 Tips Mengatur Jam Biologis Tubuh

Sumber: unsplash.com

Jam biologis tubuh memiliki peran krusial dalam hal mengatur waktu tidur dan bangun kamu setiap harinya. Penyesuaian jam tidur ini berkaitan erat dengan waktu terbaik otak bekerja yang turut dipengaruhi oleh sekresi berbagai jenis hormon. Bagi kamu yang kesulitan tidur di malam hari, ada kemungkinan disebabkan oleh jam biologis tubuh yang mengalami gangguan. Secara perlahan, sesuaikanlah jam tidur setiap harinya untuk memberikan waktu bagi tubuh beradaptasi dan menormalkan ritme sirkadian. 

Tips sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menghitung durasi tidur dengan jadwal yang kamu tentukan. Kalau ingin bangun pagi pukul 6 misalnya, berarti kamu harus sudah tidur paling lambat sekitar pukul 10, supaya tubuh bisa mendapatkan durasi tidur 8 jam. Cara lain yang dapat kamu coba adalah dengan memajukan waktu tidur 15 menit lebih cepat setiap harinya. 



2. Hindari Tidur Siang 

Tetap Bugar dan Produktif dengan 6 Tips Mengatur Jam Biologis Tubuh

Sumber: unsplash.com

Meski berat dan memang cukup mengecewakan, tapi tidur di waktu siang hari dapat mengganggu siklus tidurmu di malam hari. Saat kamu tidur di siang hari, otomatis akan membuat tubuh terjaga lebih lama di malam harinya. Imbasnya berdampak pada keseluruhan jam biologis tubuh yang dapat mengalami perubahan. 


Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan rasa kantuk di kantor yang dapat kamu lakukan. Mulai dari berolahraga kecil atau sekadar berjalan-jalan ringan sebelum kembali bekerja selepas waktu makan siang. Tapi jangan lupa, hal yang paling esensial untuk diperhatikan tentu saja adalah dengan tidur secukupnya supaya kamu tetap produktif saat bekerja. 
3. Taati Jadwal Tidur 

Tetap Bugar dan Produktif dengan 6 Tips Mengatur Jam Biologis Tubuh
Sumber: unsplash.com


Nah, jika kamu sudah mencoba beberapa tips mengatur jam tidur di atas, waktunya untuk ke tahap yang bisa dibilang paling menantang bagi sebagian orang. Apalagi kalau bukan disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat. Setelah kamu menentukan waktu tidur yang paling ideal, konsistensi adalah hal berikutnya yang perlu kamu lakukan. 

Yap, jadi harus benar-benar telaten dan sebisa mungkin tidur sesuai jadwal tersebut. Jangan tidur terlalu larut atau bangun terlambat. Saat kamu tidak disiplin dengan jadwal tersebut, semua progres yang sudah dicapai bisa rusak dan jam biologis tubuh pun bisa kembali terganggu. 

Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan rasa kantuk di kantor yang dapat kamu lakukan. Mulai dari berolahraga kecil atau sekadar berjalan-jalan ringan sebelum kembali bekerja selepas waktu makan siang. Tapi jangan lupa, hal yang paling esensial untuk diperhatikan tentu saja adalah dengan tidur secukupnya supaya kamu tetap produktif saat bekerja. 

3. Taati Jadwal Tidur 

Tetap Bugar dan Produktif dengan 6 Tips Mengatur Jam Biologis Tubuh
Sumber: unsplash.com


Nah, jika kamu sudah mencoba beberapa tips mengatur jam tidur di atas, waktunya untuk ke tahap yang bisa dibilang paling menantang bagi sebagian orang. Apalagi kalau bukan disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat. Setelah kamu menentukan waktu tidur yang paling ideal, konsistensi adalah hal berikutnya yang perlu kamu lakukan. 

Yap, jadi harus benar-benar telaten dan sebisa mungkin tidur sesuai jadwal tersebut. Jangan tidur terlalu larut atau bangun terlambat. Saat kamu tidak disiplin dengan jadwal tersebut, semua progres yang sudah dicapai bisa rusak dan jam biologis tubuh pun bisa kembali terganggu. 



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di