CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lockdown Untungkan Orang Kaya, Miskin & Pengangguran Gimana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e703e9628c991459c08c3d4/lockdown-untungkan-orang-kaya-miskin-amp-pengangguran-gimana

Lockdown Untungkan Orang Kaya, Miskin & Pengangguran Gimana?

Lockdown Untungkan Orang Kaya, Miskin & Pengangguran Gimana?

Jakarta, CNBC Indonesia - Malaysia sudah mengumumkan kebijakan lockdown nasional. Sedangkan di Indonesia, kebijakan ini belum terpikir oleh Presiden Jokowi. Kebijakan ini memang jadi pilihan sulit, karena menyangkut efeknya yang sangat luas, meski ada sisi positifnya pergerakan manusia bisa dikendalikan dengan harapan penularan virus corona bisa ditekan.

Namun, ada banyak aspek bisa dilihat, yaitu soal ketimpangan yang akan terjadi. Bagi kaum berduit kota atau kelas menengah atas, lockdown tak jadi persoalan karena mereka bisa mampu menimbun stok pangan di rumah dalam jumlah besar. Bagaimana dengan orang-orang tak mampu, pengangguran atau orang-orang yang mendapatkan kebutuhan sehari-hari dari kerja harian? dampaknya tentu akan terasa bila lockdown dilakukan.

Hal ini menjadi perhatian dari anggota Dewan Penasihat Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) Tutum Rahanta, mengatakan lockdown tak bisa jadi pilihan begitu saja, karena harus mempertimbangkan solusi dari dampaknya. 


"Bagaimana impact-nya, bagi saudara kita yang nggak ada kerja, terutama bagi orang yang biasa mendapat rezeki dari keramaian," kata Tutum kepada CNBC Indonesia.

Menurut Tutum kebijakan lockdown harus benar-benar dipersiapkan, karena konsekuensi saat banyak orang tak bisa keluar rumah maka segala kebutuhan pokok harus tetap tersedia. Ia mencontohkan kebijakan lockdown yang terjadi di Kota Wuhan, asal mula virus corona.

"Kalau di China dilakukan lockdown, setiap orang tak boleh keluar rumah, supermarket tetap tersedia hanya 2 hari sekali dijatah. Lalu pemerintah membuat dapur umum yang disediakan, lalu pemerintah harus beri subsidi bagi pemberi kerja saat lockdown terjadi. Apakah kita tak mampu? tak mampu," kata Tutum.

Secara umum lockdown adalah bisa didefinisikan sebagai pembatasan akses dari dan ke suatu wilayah atau bisa juga pembatasan aktivitas orang sehari-hari. Semua ini bergantung dari seberapa genting dan kebijakan pemerintah masing-masing.

Saat ini wilayah Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) menjadi wilayah episentrum COVID-19 dan berpotensi terkena lockdown. Jika opsi tersebut dipilih oleh pemerintah, maka lebih dari 10 juta warga Jabodetabek akan diisolasi. Akses dari dan ke Jabodetabek akan sangat dibatasi. Kalau lockdown total, maka askes benar-benar akan ditutup.

Selain akses ke luar yang dibatasi, ada kemungkinan aktivitas setiap orang juga akan sangat dibatasi. Setiap orang akan diminta untuk tinggal di rumah dalam waktu yang tidak diketahui sampai kapan, setiap orang dilarang untuk berkumpul dan membentuk kerumunan.

Bahkan bisa jadi keluar rumah saja dilarang kecuali untuk kegiatan yang benar-benar mendesak seperti mengambil peralatan medis maupun untuk mengambil makanan. Lockdown memang memiliki keuntungan maupun kerugian.

Ditinjau dari sisi positif, lockdown memiliki keuntungan seperti kontrol dan penanganan wabah yang lebih optimal, pencegahan transmisi hingga membantu pelacakan terhadap suspect COVID-19. Ini semua tentu berakibat pada kemungkinan tingkat infeksi dan mortalitas yang lebih rendah hingga beban biaya yang ditanggung untuk kit, peralatan, logistik hingga tenaga medis yang lebih rendah.

Apa yang harus disiapkan bila Lockdown?

Lockdown juga memiliki sisi negatif seperti kecemasan yang memicu panic buying terutama pada barang-barang pokok seperti makanan hingga peralatan medis seperti masker dan hand sanitizer. Jika stok semakin menipis maka kelangkaan bisa terjadi dan ujung-ujungnya harga naik secara gila-gilaan.

Dampak negatif lain dari lockdown adalah aktivitas ekonomi yang lumpuh. Hal ini memicu turunnya produktivitas setiap orang. Aktivitas produksi dan suplai menjadi terganggu. Namun di sisi lain, karena warga masyarakat tetap tinggal di rumah konsumsi pun ikut merosot.

Lockdown juga berpotensi besar membuat orang-orang berbondong-bondong menarik uangnya dari bank dan lebih memilih menyimpannya dalam bentuk cash. Jika ini terjadi tentu likuditas perbankan akan jadi kering kerontang. Ini jelas bahaya besar bagi perekonomian.

opsi lockdown ini bagaikan 'makan buah si malakama'. Dimakan ibu mati, tak dimakan bapak mati. Jika lockdown dilakukan, perekonomian terancam, jika tidak di lockdown jutaan nyawa jadi taruhan.

Apalagi kalau yang di lockdown adalah kota-kota besar yang menggerakkan perekonomian tanah air seperti Jabodetabek. Maka dampak ekonominya bisa sangat signifikan. Namun jika kasus semakin bertambah dengan tak terkendali, lockdown tak bisa dihindarkan.

Lockdown harus dipersiapkan dengan matang. Pertama, adalah batasan lockdown yang harus jelas. Pemerintah harus tegas dalam mendefinisikan lockdown ini, tak boleh setengah-setengah.

Kedua, pemerintah harus menyiapkan segala protokol yang dibutuhkan untuk lockdown. Poin pentingnya adalah, pemerintah harus memastikan keamanan warga masyarakat tetap terjamin. Keamanan ini bukan hanya dari segi keamanan kesehatan dan fisik, tetapi juga keamanan finansial.

Dengan diberlakukannya lockdown, maka jutaan orang terutama yang bekerja di sektor informal akan kehilangan penghasilan. Pemerintah harus menyiapkan stimulus berupa dana tunai untuk diberikan pada kelompok masyarakat ini agar daya belinya tetap terjaga.

Poin kedua yang masih terkait dengan keamanan finansial adalah memastikan bahwa setiap warga masyarakat memperoleh kesempatan yang sama untuk memperoleh makanan dan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. 


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ngguran-gimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tomez dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
lockdown mana ada yg untung? orang kaya usahanya juga tutup kali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Pengangguran dan miskin bisa pake kartu jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fellinoncek dan 5 lainnya memberi reputasi
Pasal 34 UUD 45

(1) Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.
(2) Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.
(3) Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak.
(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fellinoncek dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 3 balasan
Kalau terpaksa lockdown tp pengen situasi normal bisa contoh cara malaysia menetapkan semi lockdown bagi negaranya.
Semua akan senang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
lokdon2 mulu. kesannya kek udah siap aj masyarakatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 3 lainnya memberi reputasi
CNBC komunes kah?

Lock down sama sekali tidak menguntungkan orang kaya.


Yang benar adalah orang kaya lebih bisa bertahan kalo terjadi lock down.

CNBC? komunes kah? emoticon-fuck2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhdxt dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Oposishit bakal seneng kalo sampe lockdown
Mau kud*t* gampang banget tuh situasi mendukung sekali

Makanya dr kmrin ribut ribut pengen lockdown mulu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Lihat 1 balasan
Malaysia Lockdown ?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Yang misqueen metong lah...abis itu klo metongnya gara2 corona....nanti ada acara berkabung...yang angkut mayat dan ngurus pemakaman
...auto nyebar tuh corona emoticon-Kiss emoticon-Ultah emoticon-Recommended Seller





Ada benernya tuh kan kalau mayit bisa mandi sendiri supaya ga nyebar coronanya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
chisaa dan extreme78 memberi reputasi
ada yang hidupnya cuma harian, kerja sekarang buat makan besuk
ada yang mingguan dan ada yang bulanan, silahkan lockdown kalau mau memperparah keadaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cupilonlen dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Pusing mereka
Di agama ga boleh kremasi wajib dikubur, kalo kremasi masuk neraka emoticon-Ngakak (S)
Tapi prosesi steril virus corona wajib kremasi

Pusing ga tuh emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
mebipulamp dan chisaa memberi reputasi
Susah yang kerjanya dari upah harian. Atau orang orang yang mencari nafkah dari ojek online.
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan chisaa memberi reputasi
duitnya abis buat bangun ibukota baru, buzzer n formula e

cara biar bisa survive, pemerintah musti mau turunin belanja rutin cem gaji pns, menteri, pres, dpr mpr sama bumn yg modalnya di talangi dari duit rakyat

Lockdown Untungkan Orang Kaya, Miskin & Pengangguran Gimana?
Lihat 2 balasan
ada 3 cara yg biasa di gunakan
untuk mengatasi Covid 19

1 Lockdown .... isolasi atau karantina.

2. Thelock Thelock ....
yaitu delok delok .. mengamati dulu sebelum ambil tindakkan lockdown.

3 Theleck Theleck...( delek delek ) pengambilan keputusan yang telat yg menyebabkan telah menyebarnya virus corona

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pisangkepok008
Quote:


Emang semi lock down bijimana?
Lihat 1 balasan
Mana ada yg diuntungin dr lockdown, bego

Tp yg punya duit bs bertahan, yg pengangguran palingan ngejarah
Pengangguran setiap bulan bakal digaji kata pinokio emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan Lockdown666 memberi reputasi
Quote:


Panjang, gan kalo mo diceritakan. Yg gw inget cuman akses masuk dan keluar negri total dihentikan sementara yg berhubungan dgn fasilitas kesehatan, transportasi publik, perbankan, supermarket/mall, dll msh diperbolehkan beroperasi.
Gt yt gw inget, gan.
profile-picture
profile-picture
Nibrashilmy2 dan chisaa memberi reputasi
Lockdown apa, sembuhin satu persatu saja,kalo inkubasi 29 hari, diwaktu itu kita bisa sembuhkan berapa?
profile-picture
liemswieking2 memberi reputasi
Diubah oleh ekliptika
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di