CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Minta Pengusaha Tak PHK Pegawai di Tengah Wabah Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e703622f4d6956087110fb1/jokowi-minta-pengusaha-tak-phk-pegawai-di-tengah-wabah-corona

Jokowi Minta Pengusaha Tak PHK Pegawai di Tengah Wabah Corona

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah wabah virus corona (covid-19).

"Usahakan, beritahukan kepada perusahaan-perusahaan agar tidak melakukan pemutusan hubungan kerja baik Menteri Perindustrian, baik Menteri UKM, yang berkaitan dengan ini," tutur Jokowi dalam Rapat Terbatas Percepatan Agenda Kerja Kementerian melalui konferensi video dari Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3).

Jokowi mengungkapkan perekonomian Indonesia saat ini tengah berada di situasi yang tidak biasa. Selain persoalan ekonomi global yang melambat, Indonesia juga menghadapi pandemi covid-19.


Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga meminta Menteri Desa dan Menteri Dalam Negeri mendorong percepatan penyerapan dana desa yang anggarannya mencapai Rp72 triliun. Penggunaannya diarahkan untuk kegiatan yang bersifat padat karya sehingga bisa memperkuat daya beli masyarakat.

Jokowi juga memerintahkan agar seluruh program yang ada difokuskan pada kegiatan untuk mengedukasi masyarakat terkait virus corona. Termasuk permintaan untuk menunda penggunaan anggaran yang bisa ditunda.

"Sehingga anggaran yang ada diarahkan sebesar-nya untuk menolong masyarakat, menolong rakyat, buruh, petani, nelayan, pekerja, usaha mikro, usaha kecil," jelasnya.

Tak hanya itu, kegiatan yang dibuat harus tepat sasaran sehingga bisa mengurangi pergerakan dan menekan kemungkinan penyebaran virus corona lebih lanjut.

Dampak wabah covid-19 sendiri sudah terasa di sektor pariwisata RI. Beberapa waktu lalu, pengusaha agen perjalanan sudah mempertimbangkan untuk mengambil langkah PHK. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno menyebut penjualan industri anjlok hingga 80 persen selama periode Januari-Februari 2020.

Secara terpisah, Ketua Harian Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Ashok Kumar mengungkap beberapa hotel di kawasan Banten mulai merumahkan para pekerjanya karena sepi.

Dia menyebut untuk hotel-hotel di pesisir pantai yang biasanya meraup pemesanan di atas 50 persen, kini hanya mengantongi okupansi sebesar 20 persen. Bahkan, bisnis perhotelan di jantung kota Banten pun ikut rontok, hotel yang rata-rata diisi 70 persen wisman kini harus puas dengan angka 20-30 persen pemesanan.

"Karyawan sudah ada yang dicutikan dan diliburkan, okupansi sudah rontok. Walau (wisman) sudah bayar uang muka tapi tetap dibatalkan," jelasnya kepada CNNIndonesia.com pada Senin (16/3).

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...h-wabah-corona

Waduh susah juga ya, banyak yg di PHK karena mengalami kerugian emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kalo kerjaannya demo trus gimana pak ?
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Boleh kalau lu sama sri mulyani mau bayar kerugian si penguasaha emoticon-Wakaka




ngutang lagi jawabannya emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fauzan432176 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tenggelamkan pak.. wkwkwkwkwk..emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 37sanchi memberi reputasi
Ngimpi aja kalo pemerintah bisa kendalikan kapitalis. Yh ada malah sebaliknya. Percuma mengimbau sana sini. Begitu ada celah langsung aja phk diobral
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan chisaa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Situasi yg tidak pasti saat ini
Semoga segera berakhir
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Boleh pak, asalkan bapak mau menanggung semua kerugian kami dan mau membayar gaji karyawan per bulan
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan chisaa memberi reputasi
Kartu prakerjanya harus stok banyak, Pakde
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
gw ga tau jamsostek nanggung force majeur akibat wabah begini apa ngga ya, soalnya klo hanya kecelakaan kerja yg mengakibatkan pekerja tidak bs masuk selama menjalani terapi/pengobatan itu gajinya bs ditanggung jamsostek.

cb gw ulik2 lagi
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh dr.anonymous
Lihat 7 balasan
cucah pak, pemasukkan tidak ada.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Oh boleh2 saja pak, tapi jangan lupa kewajiban pemerintah juga ya, bebaskan pajak selama berapa tahun gitu. Jgn cuma bisa minta saja.

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
terus pengusaha disuruh bayar gaji tapi mereka ga masuk?

BATA!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
omong sih gampang

potong nih gaji pns, bumn, menteri, pres, dpr n mpr
biar nunjukkin pemerintah serius

karyawan di phk ataupun unpaid leave gak ada ruginya buat pengusaha. tinggal makan bunga deposito aja. malah pemerintah yg kerepotan banyak pengangguran. ujung2nya chaos karna gak ada penghasilan buat makan n bayar tagihan

bentar lagi ada pns yg mewek potong gaji

Jokowi Minta Pengusaha Tak PHK Pegawai di Tengah Wabah Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Quote:


kalo di phk bisa parklaring terus klaim ke bpjs tenaga kerja
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kasihan sales nih mesti corona mewabah to harus tetep muter2 biar dapat orderan, klo nga abis kena semprot bos 😓
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan chisaa memberi reputasi
susah yang ini, di kantor ane aja udah ada pemabahsan pengurangan karyawan pagi ini , bukan cuma buruh , staff office juga terancam
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan chisaa memberi reputasi
Quote:


Unpaid leave tapi bisa cairin bpjs tenaga kerja kayaknya gak ada
Lihat 1 balasan
Sendirinya si krempeng memeras pengusaha dengan pajak dan ijin bejibun, sekarang enak bener ngomongnya jgn phk karyawan sendiri emoticon-DP

Bong goblok, bisnis sekarang itu semua sepi macam kuburan kecuali bisnis buzzer dari lu dasar cebi goblok
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan chisaa memberi reputasi
Quote:


Katanya gotong royong, tapi swasta aja yg di suruh ngegotong. Pns n duit yg di di gunakan buat nalangin bumn kalo rugi gak boleh kurang
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
PHK sih nggak, tapi perusahaan gulung tikar karena ekonomi lesu dan harus tetap menggaji karyawannya
emoticon-DP
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Rugi tp ttp disuruh bayarin karyawannya ? duit drmn pak ?
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan chisaa memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di