CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e70284f28c99139bf05d757/apa-sih-puisi

APA SIH PUISI?

Hai Agan-Aganwati, ini adalah thread pertama Ane. Agan-Aganwati pasti ngga asing dong sama apa itu PUISI?

Yap, bener banget puisi itu semacam tulisan-tulisan yang ada bait-baitnya gitu kan ya. Mwehehehe emoticon-Big Grin

JADI APA SIH PUISI?

Pengertian puisi menurut KBBI ialah ragam sastra dengan penggunaan bahasa yang masih terikat oleh matra, irama, penyusunan larik, bait, atau rima. Arti puisi lainnya ialah sebagai sebuah gubahan atau sajak dalam bahasa, dimana bentuknya dapat ditata dan dipilih dengan cermat, sehingga dapat mempertajam kesadaran orang terhadap pengalaman sekaligus membangkitkan tanggapan secara khusus lewat irama, penataan bunyi, dan juga makna khusus.

Secara pribadi puisi itu adalah tempat dimana kata hatiku tercurah, dimana setiap katanya mampu mewakili rasa yang ku pendam dalam hati.

Oke, kali ini Ane bakal kasih tunjuk beberap ungkapan hati Ane. Kebanyakan muncul ide-ide itu ketika Ane lagi bingung, gundah, galau, sedih, dan intinya ngga ada tempat lain untuk bercerita selain lewat kata-kata. Karena terkadang luapan hati kita hanya mendapatkan balasan "Yang sabar aja, semua itu bakal baik-baik aja. Jangan negatif thinking." atau "Yang ngerasain kaya seperti itu bukan cuma kamu." intinya daripada masalah kita tersebar luas, mending jadikan dalam deretan kata-kata.

1. Perginya Asa Datangnya Kecewa.

Puisi ini Ane buat ketika Ane merasa napas yang selama ini Ane hembuskan itu tak berguna. Kecewa yang Ane rasakan itu sakit banget (alah lebay) ngga bisa Ane cerita ke orang, karena bingung mau cerita dari mana. Semangat Ane waktu itu melebur, hilang, tak berbekas. Ane terlalu lemah untuk sebuah kesedihan.

Dalam catatan Ane buat, puisi ini dibuat tanggal 29 Februari 2020. Penghujung bulan lalu. Mwehehehe.

Quote:


2. Tunggulah Esok Hari
Masih ditanggal yang sama yaitu 29 Februari 2020. Perasaan Ane yang ngga karuan bisa untuk menghasilkan beberapa rentetan huruf ternyata. Saking pusing dan ngga bisa tidur, bingung mau apa. Nangis pun ngga bakal menyelesaikan masalah 'kan? Gengsi juga sama hujan kalau gue nangis ahahaha.


Quote:



3. Administrasi Pajak
Cukup aneh bagi Ane judul puisi yang ini. Puisi yang Ane buat pada tanggal 25 Februari ini adalah luapan rasa bosan Ane ketika sedang pelajaran di kelas. Iya, gurunya menyebalkan tapi sadar semua itu bakal Ane rindukan. Mwehwhehw.

Quote:


Sekian thread pertama Ane yang terlalu subyektif ini. Ada banyak salah mohon dimaafkan.

Quote:
profile-picture
penggilacoklat memberi reputasi
Diubah oleh bistome.diyoni

Dalam Diam Ku


APA SIH PUISI?


Dalam Diam ku
-Bistome Diyoni-

Jiwaku goyah
Limbung tak terarah
Berjalan selalu salah
Berlari hasilkan masalah

Dunia begitu gemerlap
Hingga lupa untuk terlelap
Dengar sana-sini layaknya penyadap
Yang terdengar tak selalu sedap

Berulah, salah, dan menjadi masalah
Berdiam, tak berkutik selalu dikata kalah
Duduk bersimpuh menengadah beralasan lelah
Mendongak, memejam, lalu terhuyung pasrah

Berdiri pun dilakukannya
Kaki menopang rapuhnya raga
Berjalan mandiri tak meraba-raba
Namun kata-kata itu hanya rekayasa

Terpuruk, terseungkur, tak berbentuk
Bukan karena raga yang terkutuk
Bukan karena jiwa yang tengah tertekuk
Namun, bercampur ketiganya hingga melapuk

Tersentil goyah
Tersindir melemah
Terpojokkan berujung pasrah
Jiwa raganya memang payah

Kota Kelahiran, 11 Maret 2020


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di