CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sesal Pembuat Hoax TKA China Masuk Kendari di Tengah Wabah Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7025d02525c34f8804dd2e/sesal-pembuat-hoax-tka-china-masuk-kendari-di-tengah-wabah-corona

Sesal Pembuat Hoax TKA China Masuk Kendari di Tengah Wabah Corona

Jakarta - 

Hardiono (39), warga Desa Onewila, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), diamankan polisi karena menyebarkan video yang berisi informasi bohong atau hoax. Hardiono menyesal telah menyebarkan video tersebut.

Kasus Hardiono berawal dari penyebaran video kedatangan puluhan WNA di Bandara Haluoleo Kendari yang kemudian menjadi viral. Para WNA itu diketahui merupakan tenaga kerja asing.

Baca juga:Tak Ditahan, Pembuat Video TKA China Corona Masuk Kendari Wajib Lapor

Hardiono membuat narasi ada puluhan TKA asal China datang ke Kendari. Video ini kemudian memicu kontroversi dan keresahan di tengah wabah virus Corona. Pasalnya virus Corona berasal dari China.

Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam membenarkan soal kedatangan WNA tersebut. Merdisyam menyebut mereka merupakan tenaga kerja asing dari perusahaan tambang.

"Kami sudah lakukan pengecekan langsung, iya benar mereka (TKA) dari perusahaan smelter yang ada di Sultra," katanya saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (15/3/2020).

Merdisyam menyebut puluhan TKA itu bukan dari Cina, melainkan dari Jakarta. Merdisyam mengatakan mereka dari Jakarta dalam rangka memperpanjang visa.

"Mereka kembali dari memperpanjang visa di Jakarta," ujarnya.

Hardiono pun diamankan polisi dan menyampaikan permohonan maaf atas video viral dengan durasi 52 detik. Dalam video itu, Hardiono tampak berada di kantor polisi.

Baca juga:Pembuat Hoax Rombongan TKA China Corona Masuk Kendari: Saya Hanya Main-main

"Saya pembuat rekaman video yang viral pada 15 Maret terkait kedatangan warga China di Kendari dalam video itu saya mengomentari 'Itu e satu pesawat Corona semua' hal itu saya ucapkan secara spontan dan hanya untuk main-main," terangnya, Senin (16/3/2020).

Hardiono mengaku tidak mengira dampak dari perbuatannya itu akan menyebabkan keresahan banyak orang, khususnya warga Kota Kendari. Dia menegaskan video itu tidak benar.

"Saya jelaskan bahwa hal tersebut tidak benar, mereka bukan datang dari China tapi mereka baru pulang dari Jakarta habis mengurus visa di Jakarta," katanya.

"Saya akui kesalahan saya dan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya. Saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi jika saya mengulanginya lagi maka saya siap dihukum sesuai dengan hukuman yang berlaku," tuturnya.

Baca juga:Pembuat Video Hoax Rombongan TKA China Corona Masuk Kendari Diamankan!

Namun Hardiono tak ditahan. Setelah menjalani pemeriksaan selama beberapa jam, akhirnya Hardiono dilepaskan. Hal tersebut diungkapkan Kabid Humas Polda Sultra AKBP La Ode Proyek.

"Sekarang wajib lapor," kata AKBP La Ode Proyek kepada detikcom melalui pesan WA, Senin (16/3).

(rfs/rfs)

https://m.detik.com/news/berita/d-49...orona?single=1
profile-picture
C4lyps0 memberi reputasi
gak ditahan, minta maaf, kasus selesai
gerombolan yang lain, ahhhh gak ditahan, cuma minta maaf, ngehoax ahhhh

Enak cuma minta maaf pulang dah


emoticon-fuck

Fuceekkkk
Udah umur 39 tahun tapi kelakuan masih Kayak anak jaman now yang masih labilemoticon-Ngakak


Bat@!
Lihat 1 balasan
Ngakak.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
ojo.kondor memberi reputasi
Hoax apa ga si?
yang bener yang mana nih
Hukum sesuai undang2 yg berlaku
Harus ditindak tegas spy jadi contoh utk yg lain nya
HOAX harus ditindak dan dilawan

Posting yg sudah beredar tidak mudah utk diralat
Setiap orang harus bertanggung jawab atas apa yg diposting
ya sudah jangan kau ulangi lagi
Sebaiknya ditelusuri dulu manusia jahanam ini agamanya apa. Nanti dari sana baru terlihat jelas dia ini masuk golongan penyembah setan apa Tuhan
Trrnyata yang hoax pejabatnya... Polisi sama kemenkumham beda2 suara.. Yang valid tentu saja pejabat imigrasi...
Kok diberita yg lain itu bukan hoax ya..curiga nih apalagi dia cm wajib lapor. Apakah memang benar adanya?
imigrasi sudah mengklaim mereka memang izinkan masuk emoticon-Leh Uga
justru yg benar yg dianggap bikin hoax dan dipaksa mewek mewek itu.. emoticon-Malu (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di