CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fenomena Truk "ODOL",Membuat Negara Rugi 43 Triliun Setiap Tahun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6fa97e09b5ca53bd569fc1/fenomena-truk-quotodolquotmembuat-negara-rugi-43-triliun-setiap-tahun

Fenomena Truk "ODOL",Membuat Negara Rugi 43 Triliun Setiap Tahun


Fenomena Truk "ODOL",Membuat Negara Rugi 43 Triliun Setiap Tahun


Dalam bidang industri dan logistik truk menjadi salah satu kendaraan yang penting,mulai dari truk berukuran medium (sedang) sampai yang berukuran besar.Bisa dibilang truk sebagai salah satu penggerak ekonomi dinegeri ini.


Tapi terkadang truk dipaksa membawa muatan yang melebihi kapasitas angkutnya,lebih mengkhawatirkan lagi banyak truk yang dimodifikasi sasisnya.Sehingga truk memiliki ukuran yang lebih panjang agar lebih banyak membawa muatan,dimana muatan barang yang biasanya dibawa dalam tiga kali angkut,bisa dibawa sekali angkut saja.


Fenomena Truk "ODOL",Membuat Negara Rugi 43 Triliun Setiap Tahun


Mungkin banyak yang masih belum tahu tentang istilah ODOL,yang dimaksud ODOL disini bukan pasta gigi untuk sikat gigi itu ya gan sist emoticon-Ngakak (S)
ODOL sendiri adalah singkatan dari Over Dimension Over Load.


Over dimension adalah kondisi dimana dimensi pengangkut kendaraan tidak sesuai dengan standar produksi pabrik (modifikasi). Sedangkan over loading adalah kondisi dimana kendaraan yang mengangkut muatan melebihi batas muatan beban yang ditetapkan
Dibawah ini akibat kendaraan over load (muatan berlebih),btw ini bukan lagi atraksi atau pamer skill ya gan sist emoticon-Big Grin


Fenomena Truk "ODOL",Membuat Negara Rugi 43 Triliun Setiap Tahun



Selain membahayakan diri sendiri,tentu juga berbahaya bagi pengendara lain yang berada dibelakang truk tersebut.Apalagi jika kejadian seperti foto diatas terjadi dijalan tanjakan atau turunan,tentu akan lebih beresiko.Seperti foto dibawah misalnya emoticon-Takut (S)


Fenomena Truk "ODOL",Membuat Negara Rugi 43 Triliun Setiap Tahun


Memodifikasi sasis truk hanya akan memberi keuntungan jangka pendek,memang muatan lebih banyak diangkut,dan juga akan menekan biaya pengeluaran perusahaan.Tapi jika itu terus berlanjut tentu komponen mesin akan cepat aus,dan juga kemungkinan sasis truk patah dijalan lebih besar.Karena terus digunakan membawa muatan yang berlebihan.


Selain berdampak buruk bagi pemilik jasa angkutan dan sopir sendiri,truk ODOL juga berpotensi merusak jalan dan jembatan serta menimbulkan korban jiwa dijalan.Menurut data kementerian PUPR yang pernah ane baca dibeberapa media massa gan sist,negara dirugikan sekitar 43 triliun untuk perbaikan jalan nasional akibat dilewati truk ODOL emoticon-Nohope


Fenomena Truk "ODOL",Membuat Negara Rugi 43 Triliun Setiap Tahun


ODOL sendiri ibarat budaya yang mengakar diangkutan logistik Indonesia,meskipun berkali-kali dilakukan penindakan.Tapi jumlah truk ODOL dijalan bukannya berkurang,justru semakin banyak.Merubah sasis menjadi hal yang dianggap wajar,sasis panjang bisa menjadi salah satu penyebab kemacetan dijalan.Ditambah muatan yang ditumpuk tinggi melebihi kapasitas angkut,tentu akan membahayakan pengguna jalan lain.


Kabar baiknya pemerintah pusat mewacanakan Indonesia bebas ODOL mulai 2023 nanti,program ini dinamakan Zero ODOL.Dan mulai seminggu kemarin kemenhub mulai melakukan razia dan sosialisasi pada truk ODOL,dengan menempelkan stiker pada truk yang terindikasi ODOL.Razia dimulai dari beberapa titik dipintu masuk tol,denigan harapan para pemilik jasa dan sopir truk lebih memahami masalah ODOL ini.Dan juga mulai 1 Mei 2020 nanti hal yang sama akan dilakukan,mulai dari pelabuhan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.


Selain itu sanksi berupa tilang dari pihak kepolisian juga menanti untuk truk yang terindikasi ODOL,tentu ini akan menambah kerugian bagi pemilik truk sendiri.Sudah kena tilang,harus rela truk dipotong sasisnya oleh petugas.Karena setiap truk yang panjangnya tidak sesuai standart,akan diberi tanda dan diminta melakukan pemotongan sasis,nah bukannya untung malah buntung emoticon-Hammer (S)
Seperti gambar dibawah,yang dikasih tanda sama pak dishub itu yang harus dipotong gan sist emoticon-Big Grin


Fenomena Truk "ODOL",Membuat Negara Rugi 43 Triliun Setiap Tahun


Ane berharap semoga saja angkutan barang terutama truk,kedepannya bisa lebih baik lagi.Waktunya kita berbenah,anggaran 43 triliun habis hanya untuk pembangunan jalan akibat efek ODOL setiap tahunnya.
Tentu dengan adanya tindakan tegas seperti razia seperti ini,diharapkan dapat mengurangi kerugian negara.Sehingga anggaran 43 triliun tadi bisa dianggarkan ke hal lain yang lebih penting,coba bayangkan 43 T habis buat ngaspal jalan nasional setiap tahun,mubazir bukan ?.Akibat tidak taat aturan,negara jadi rugi emoticon-Hammer (S) emoticon-Nohope


Daripada habis untuk mengaspal jalan,bukankah lebih baik 43 T tersebut diaanggarkan untuk sarana pendidikan dan kesehatan ?.Angkanyaa lumayan besar,dan negara terus merugi tiap tahunnya,pemerintah harus tegas terhadap kasus ini.Selain dengan angkutan darat (truk),angkutan logistik melalui udara maupun laut juga harus dioptimalkan.Untuk mengurangi aksi naka pemilik angkutan truk,yang mengubah sasisnya tidak sesuai standart pabrikan.


Dan satu lagi buat para sopir yang mungkin masih terganggu dan merasa dirugikan atau dizolimi karena terkena razia odol ini,jangan sampai salah sangka menilai bahwa pemerintah mempersulit pekerjaan sopir.Justru pemerintah ingin melindungi keselamatan anda sebagai sopir,dan juga pengguna jalan yang lain.Karena peraturan ini sudah disosialisasikan kepada semua pemilik angkutan truk,diharapkan tidak ada lagi keluhan maupun protes seandainya truknya terkena razia.


Kebijakan ini untuk kebaikan bersama,baik sopir dan pemilik jasa angkutan juga pengguna jalan yang lain.
Jangan karena alasan ingin menghemat ongkos,tuntutan perusahaan dan menekan biaya pengeluaran,keselamatan diri sendiri dan orang lain menjadi tidak dihiraukan.Ingat keselamatan tetap harus diutamakan emoticon-Toast




Quote:



Sekian dulu thread dari ane,jangan lupa komen ya mengenai fenomena ODOL ini emoticon-Toast




Sumber:Pemikiran dan opini pribadi TS
Gambar:google image
Referensi: 1 , 2 ,3 ,4 , 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 9
Oalah baru tau klw namanya odol..
profile-picture
profile-picture
yogares dan si.matamalaikat memberi reputasi
diamankan dari sales judi bola onlen,silakan yang mau komen. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan fan.kui memberi reputasi
Oh dari kemaren rame odol baru tau kepanjangannua dan baru tau ternyata banyak truk yg dimodif kaya gitu .bisaan ya orang indo emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Harusnya di bak belakang truk tersebut ditulis:
Beban hidupmu tak seberat muatanku.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zimbenk dan 5 lainnya memberi reputasi
,meskipun berkali-kali dilakukan penindakan.Tapi jumlah truk ODOL dijalan bukannya berkurang,justru semakin banyak.

ya artinya d tindak nya cuma d depan kamera ato seremonial alias pencitraan doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dcmatrix21 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
serem kalo lagi bawa mobil apalagi motor ada truk atw pickup atw bahkan bajaj yg overload gitu..

apalagi inget kasus yg truk tanah nimpa sigra (atw calya.. lupa yg mana) yg blom lama itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
gada trek kygt jg udah rugi bleh
itung aje bunga utang negare udh berape
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan si.matamalaikat memberi reputasi
sering liat truck odol dijalanan malah ngeri sendiri,.
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


iya gan,biar lebih enak nyebutnya disebut odol emoticon-Ngakak (S)


Quote:


demi menghemat ongkos gan,biasanya jatah 3x kirim bisa jadi 1x/2x kirim.orang +62 itu kreatif,tapi kreatifitas yang ini justru membahayakan orang lain emoticon-Hammer (S)


Quote:


kata2 legend dibak truk emoticon-Ngakak (S)


Quote:


nah ini dia gan,sekarang lagi rame razia.mudah2an razia kali ini bukan pencitraan semata,diberita sih mulai dari pintu tol petugas gabungan sudah pada bersiaga. mengingat progam bebas odol dimulai 3 tahun lagi.
profile-picture
srusuut memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Quote:


truk tanah ditol cipali ya gan kalo gak salah,remnya blong akhirnya nabrak banyak kendaraan.
itu kasus kelebihan muatan,sering banget nemuin hal beginian dijalan.apalagi posisi kita dibelakang truk tersebut,harus buat jarak aman.


Quote:


iya sih,setidaknya gan dengan dilakukan razia.negara gak semakin banyak ruginya emoticon-Big Grin
43 T buat aspal tiap tahun,sayang banget kan emoticon-Hammer (S)


Quote:


betul gan,udah truknya panjang+muatannya ditumpuk tinggi gitu.jadi ragu2 kalo mau nyalip,salah perhitungan bisa2 nyawa kita melayang emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh si.matamalaikat
nah yg suka modifikasi badan truk, uda pasti kena tuh emoticon-Wakaka emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
truk tapi jatuhnya ke kontainer emoticon-Leh Uga
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
berkendara di belakangtruk beginian horor brew mau nyalip jadi ciut panjang nyo macam sepur belom mentok gas dibetit sudah nongol kendaraan di hadapan dan jalan nya truk ini lambat sekali
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan si.matamalaikat memberi reputasi
Agak susah sih kalo yg jg nya "oknum dishub" bermain..

Sebisa mungkin minim sdm harus udah computerized, kan udh industry 4.0 emoticon-Toast

Selain ngebahayain kendaraan lain dan ngerusak jalanan, kan ga berkah itu usaha emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kopralicious
Penuh risiko banget ya.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
mau gimana bro? ini kan ulah pengusaha juga buat press budget transport, jangan salahin supirnya dong, leboh kritis lah jadi manusia dan bernalar yang baik
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh febritz
Oh, ane kira isinya odol 😁
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


ini maksudnya dipotong sendiri apa gmn, kalo dipotong ditempat mah bagus, selain itu kalo cmn dipasangi stiker doang ga bakal jera emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan si.matamalaikat memberi reputasi
Gembok bukan ya?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
medeni cukkk
kita nyetir bawa mobil/motor berdekatan sama truk ODOL bawaannya bikin ketar ketir
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di