CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Keren, Siswa SMK di Cirebon Gunakan e-KTP untuk Nyalakan Motor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f8dce8d9b17515f0b3798/keren-siswa-smk-di-cirebon-gunakan-e-ktp-untuk-nyalakan-motor

Keren, Siswa SMK di Cirebon Gunakan e-KTP untuk Nyalakan Motor

Keren, Siswa SMK di Cirebon Gunakan e-KTP untuk Nyalakan Motor

CIREBON - Sejumlah siswa yang tergabung dalam komunitas pecinta komputer di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat membuat sebuah teknologi kunci kendaraan anti maling, Senin (16/3/2020) siang.

Dengan memanfaatkan kode unit dari e-KTP siswa yang dibimbing ahli IT tersebut membuat sebuah komponen kelistrikan dan sensor pembaca kode. Hasilnya, sepeda motor mampu menyala dengan hanya menggunakan e-KTP tanpa mengaktifkan kunci kontak.

Para pelajar yang mendapat bimbingan langsung dari ahli IT jagat digital, membuat teknologi anti maling ini membuat riset selama hampir tiga bulan. e-KTP yang memiliki kode unik di dalamnya, sengaja dipilih lantaran hanya memiliki satu kode dan tidak dapat digunakan oleh pemilik e-KTP lainnya.

Baca Juga:

Pelajar pun mengklaim jika kendaraan yang dipasang sensor ini bakal anti maling lantaran kunci kontaknya sudah dinon-aktifkan dan hanya berfungsi untuk mengunci setang.

Ide awal pembuatan kunci kendaraan anti maling ini didasari atas keprihatinan maraknya pencurian sepeda motor, tak terkecuali yang terparkir di halaman rumah.

Para pelajar bersama pembimbing kemudian melakulan riset dan menemukan keunikan dalam e-KTP yang bisa dijadikan alat untuk menyalakan kendaraan. Para siswa yang rata-rata duduk di kelas 1 dan 2 SMK, kemudian diberikan pengarahan untuk membuat kunci anti maling tersebut.

"Dengan biaya tiga ratus hingga lima ratus ribu rupiah, alat tersebut dibuat dengan memakan waktu satu minggu ke depan. Komunitas pecinta komputer bersama jagat digital akan membernyak kunci serupa dan akan mengembangkannya untuk kendaraan roda empat," pungkas Calita, Pembimbing Komunitas Komputer.


Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/15...tor-1584363731

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Keren, Siswa SMK di Cirebon Gunakan e-KTP untuk Nyalakan Motor Gubernur Bali: Kalau Lockdown, Bisa Bahaya

- Keren, Siswa SMK di Cirebon Gunakan e-KTP untuk Nyalakan Motor 49 Warga China Ternyata Berasal dari Heinan

- Keren, Siswa SMK di Cirebon Gunakan e-KTP untuk Nyalakan Motor Digerayangi Pria Hidung Belang, 2 Siswi SMP di Manado Lapor Polisi

profile-picture
profile-picture
davecchio dan wbros memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Amankan...!
Jangan sampe hak paten atau kegunaanya diambil para raksasa prdusen motor.
Harus dikembangkan nihh
profile-picture
ruthsteve memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harusnya bisa sih, karena kan ada chipnya dll tgl bikin pembaca reader chipnya, kalau ga sesuai nama di stnk misalnya ga bisa hidup
simple dan bermanpaat
Gabisa di pinjem2 ,giliran mau pake elunya kagak bawa ktp gabisa nyala emoticon-Leh Uga
keren gan, teknologi harua dipatenkan, bisa dihargai banyak tuh teknologi itu
wah ini nih harus di apresia dan di beri perhatian lebih gan semoga indonesia semakin maju gan sist
ya smoga aja gk hanya sebatas uji coba ato riset sekilas aja.. harus dikembangin krn ini termasuk inovasi yg bagus di dunia otomotif.. apalagi dlm hal keamanan kendaraan
wahh mantab nih, keren kan ya nyalain motor pakek ktp
etapi ini ntar ditilang polisi gak ya, kan gak sesuai standar pabrik motor yg bikin
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


Betul gan, karya anak bangsa nehhh
Harus dipatenkan sebelum dipatenin oranf lain
emoticon-Ngakak
bakal hilang ditelan bumi. apapun yg telah diciptkan di bumi nusantara ini.
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ktp ilang kan jadi repot, mana susah bikinnya sekarang..
pake rfid , mikrokontroler buat proses i/o nya
kalo yg udah belajar mikrokontroler hal ini biasa aja.
Pake bahasa C, kalo buat pembelajaran C arduino pake IDE dari arduino,
Modul belajar nya udah bertebaran di internet,
Di toko ijo Komponennya lumayan murah
profile-picture
almara96 memberi reputasi
Hebat ya.... Harus didukung
semoga nantinya alat itu di-upgrade bukan pake eKTP tapi eSIM.
Biar ga ada kata lupa bawa SIM. dan yg ga punya sim ga usah naik motor.
Ini Keren niiii... Harus di Sponsori supaya bisa lebih mengembangkan hasil prosuksi anak bangsa
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
wah para smk semakin berinovasi, semoga banyak mencetak generasi cerdas
Gak efektif malah bisa merusak ektp nya kalau dipakai berulang-ulang. Mending pakai scan sidik jari
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di