CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Perlu Mengunggah Masalah Pribadi di Media Sosial? Yuk Renungkan Bersama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f752182d4957d782b023d/apakah-perlu-mengunggah-masalah-pribadi-di-media-sosial-yuk-renungkan-bersama

Apakah Perlu Mengunggah Masalah Pribadi di Media Sosial? Yuk Renungkan Bersama

Bijak Bermedia Sosial
Apakah Perlu Mengunggah Masalah Pribadi di Media Sosial? Yuk Renungkan Bersamasumber gambar

Media sosial, sejatinya diciptakan agar mendatangkan manfaat bagi penciptanya maupun penggunanya. Namun sayang, di era digital seperti sekarang ini banyak orang tidak dapat mengontrol penggunaan media sosial.

Alih-alih menggunakan media sosial untuk kegiatan yang bermanfaat, banyak orang justru menggunakannya untuk hal-hal tidak penting dan bisa dibilang tidak mendatangkan manfaat sama sekali. Salah satu contoh yang paling sering dilakukan oleh masyarakat kita adalah mengunggah masalah pribadi di media sosial. Entah itu permasalahan dengan keluarga, suami, sahabat bahkan tetangga.

Tak jarang tindakan-tindakan tersebut sering kali berujung pada kasus hukum. Jika sudah seperti itu siapa yang dirugikan, tentu pengguna itu sendiri bukan?

Untuk itu mari kita renungkan bersama, Apakah Perlu Mengunggah Masalah Pribadi di Media Sosial?

Bagi saya sendiri jawabannya tentu tidak! mengapa saya mengatakan demikian?

Pertama, mengunggah permasalahan pribadi di media sosial tidak menyelesaikan masalah malah sering kali menambah masalah. Karena tidak semua orang bisa bersikap bijak saat membaca postingan tentang masalah yang sedang kita hadapi, sehingga bukannya memberi solusi malah justru memperkeruh suasana.

Kedua, di dunia ini tidak semua orang menyukai kita, dengan memberitahukan permasalahan yang kita punya pada publik itu hanya akan membuat orang-orang yang membenci kita merasa senang.

Ketiga, pada akhirnya tindakan mengunggah permasalahan pribadi di media sosial hanya mempermalukan diri sendiri. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan hidup kita kedepan. Saat ini mungkin kita mempunyai masalah dengan seseorang dan membencinya, tapi beberapa saat kemudian yang terjadi bisa saja justru sebaliknya.

Itulah mengapa bagi saya mengunggah permasalahan pribadi di media sosial itu tidak perlu, karena sama sekali tidak membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang di hadapi. Mari bijaklah dalam menggunakan media sosial. Karena jika dulu ada istilah mulutmu adalah harimaumu, sekarang juga ada istilah jarimu harimaumu.

Jadi berhati-hatilah ketika hendak mengunggah apapun di media sosial. Jadilah manusia yang mampu memanfaatkan teknologi, bukan dimanfaatkan teknologi.

Sekian thread dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Perlu diingat, thread ini saya buat tanpa ada niat untuk menggurui siapapun, melainkan sebagai self reminder bagi diri sendiri agar saya tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan apa yang saya tulis di sini.

Jika Agan dan Sista mempunyai pendapat berbeda, mari diskusikan di kolom komentar dengan cara damai.




💓💓💓💓💓💓💓



Tara Anggara, 16 Maret 2020
Narasi: Murni opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TaraAnggara
Halaman 1 dari 9
boleh berbeda pendapat, asal jangan memaksakan pendapat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
nga perlu lah karna kebanyakan orang hanya kepo dan bukan bersimpati emoticon-Angkat Beer
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Ya seharusnya sihh ga usah ya.. klo ada masalah pribadi lebih baik diskusikan ama keluarga lebih nyaman emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
ruthsteve dan TaraAnggara memberi reputasi
Sayangnya kita hidup di era smartphone,
Tapi pemakai nya masih goblok.

Paling banter, cuma dapet simpati

Tapi kita lupa,
Di luar sana banyak orang tidak bertanggung jawab yang bisa memanfaatkan keadaan kita.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kombur2020 dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah jadi kebiasaan banyak orang tuh...
emoticon-Cape d...
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Kalaupun bersimpati, kadang simpati palsu😀

Quote:


Setuju gan, biar nggak mengumbar aib sendiri

Quote:


Nah, itu dia. Ujung2nya rugi sendiri

Quote:


Kebiasaan tidak baik yang harus diubah
profile-picture
nadzaaz07 memberi reputasi
berharap di kasihanin mungkin ya, yang curhat2 masalah hidup
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Kalo udah sampe diumbar ke orang yang nggak seharusnya tau sih, menurut ane ya bablas sih itu
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Uhmmm..., now you know what kind of a jungle that you live in right now ... emoticon-Big Grin

Tergantung aja 'gan ..., bagaimana cara-sudut pandang kita memandang dunia ini.

Kalau diri kita ini adalah robot organik, maka secara normal sudut pandangnya adalah logis matematis. Segala sesuatunya dilakukan dengan perhitungan dan pamrih. ===> Bila di medsos ..., mungkin aja yang sedang diajak ngomong itu adalah AI.

Kalau diri kita ini manusia yang punya logika dan rasa, maka sudut pandangnya pun juga akan berbeda ... variannya.
1. Seperti yang dikemukakan sebelumnya ..
2. Memadukannya dengan rasa cinta, dimana kemudian mungkin saja ada beberapa kontradiksi akan dijumpai. Unconditional love termasuk salah satunya.
3. Murni cinta semata, cinta buta ...
4. Logika dengan rasa tapi minus cinta. Sebagai ganti, sumber getarannya timbul dari rasa benci, marah, iri
5. Rasa benci dan marah, iri semata.

Dari pilihan kita pada berbagai sudut pandang itu, kita melihat dunia ini dan kemudian menyikapinya termasuk media sosial sebagai kanvas atau alat bantu.
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Diubah oleh bingsunyata
Suka2 yg punya akun sosmed lah..emoticon-Ngakak (S)

Isi sosmednya mencerminkan dirinya sendiri kok..emoticon-Ngakak (S)

Jangan lupa, orang lain menilai..emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
IMHO masalah itu dicari solusinya, discuss dgn org yg memang kredibel, kemudian selesaikan. Klo di share d medsos, cm cari perhatian doang sih biasanya..
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
jujur ane gak pernah curhat masalah hidup di sosmed... soalnya terkesan semua orang kudu tahu urusan ane, dan ane pusat dunia emoticon-Hammer2

tapi cara orang beda" sih, siapa tahu juga itu pilihan terakhir mereka?? dan dari sosmed akhirnya nemu solusi?? emoticon-Bingung
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
taklah...kurang gawean
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
tak usahlah dikit dikitt unggah ke sosmed, masalah pribadi cukuplah diri kita dan orang terdekat yang tahu,.
profile-picture
profile-picture
kopiputihno1 dan TaraAnggara memberi reputasi
Lebih baik ga usah sih.. Soalnya tidak semua orang yang membaca curhatan kita di medsos itu peduli dan mungkin kebanyakan hanya kepo. Tulisan kita di medsos juga mencerminkan diri kita. Jadi, ya bijak"lah dalam membagikan curhatan di medsos. Lebih baik curhat di dunia nyata aja ke org" yg terpercaya wkwk. Tapi, kembali lagi ke diri masing" sih.
profile-picture
profile-picture
gitaanisa4 dan TaraAnggara memberi reputasi
buat ane privasi itu sangat berharga
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Bisa jadi begitu sist😁

Quote:


Yups, padahal alangkah lebih baik kalau curhat ke orang yang dipercaya dan bisa kasih solusi

Quote:


Panjang banget penjabarannya sist. Mesti dubaca berulang kali untuk memahaminya nih😃

emoticon-Shakehand2

Quote:


Oh, gitu ya gan

Quote:


Biasanya gitu
Lihat 2 balasan
Quote:


Iya juga sih, beda orang beda pemikiran

Quote:


Setuju

Quote:


Sepaket kita

Quote:


Yups, bener banget sist. Tugas kita mengingatkan, tapi keputusan ada di tangan masing2

Quote:


Harus gan
Quote:


Maksunya gimana ini, aku nggak mudeng?
Lihat 1 balasan
sama sekali gak bijaklah. gak dewasa.
dan gak bertujuan apapun yg bersifat menyelesaikan masalah.
salah2 malah nambah masalah.
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di