CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPK Temukan Kecurangan Pengelolaan Dana JKN-KIS Capai Rp12 Triliun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f723310d29556f42ebdc2/kpk-temukan-kecurangan-pengelolaan-dana-jkn-kis-capai-rp12-triliun

KPK Temukan Kecurangan Pengelolaan Dana JKN-KIS Capai Rp12 Triliun

KPK Temukan Kecurangan Pengelolaan Dana JKN-KIS Capai Rp12 Triliun

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan kecurangan serta inefisiensi pembiayaan pada pengelolaan dana jaminan sosial dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Jumlah kecurangan dan inefisiensi itu diproyeksi mencapai Rp12,2 triliun. Demikian diungkapkan oleh Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan.

Menurut dia, kecurangan dan inefisiensi tersebut menjadi salah satu penyebab BPJS Kesehatan terus mengalami defisit.

Karena itu, KPK kemudian memberikan sejumlah rekomendasi terkait pengelolaan dana pada program JKN-KIS tersebut. Melalui rekomendasi tersebut diharapkan masalah kecurangan atau fraud serta inefisiensi biaya bisa diselesaikan.

“Selama ini defisit BPJS Kesehatan terus meningkat. Melalui rekomendasi KPK diharapkan ada opsi lain yang diambil secara struktural untuk menghilangkan defisit selain dengan menaikkan iuran,” kata Pahala seperti dikutip Kompas pada Jumat (13/3/2020).

Pahala menuturkan, ada enam rekomendasi yang diberikan lembaga antirasuah sebagai upaya pembenahan pengelolaan dana jaminan sosial.

Pertama, percepat penyusunan pedoman nasional pelayanan kedokteran (PNPK). Pedoman ini diperlukan untuk mengatur batasan layanan manfaat yang bisa ditanggung program JKN-KIS. Misalnya, pelayanan katarak yang mencapai Rp2 triliun bisa dikurangi jadi Rp 200 miliar.

“Dari 80 pedoman yang harus disusun dari tahun 2015 hingga Juli 2019 baru 32 pedoman yang selesai. Ini harus dipercepat karena efiseinsi yang bisa diperoleh dari aturan ini mencapai 10 persen dari yang saat ini dikeluarkan,” ujar dia.

Kedua, perlu pembatasan manfaat untuk penyakit katartropik seperti jantung, kanker, stroke, dan gagal ginjal. Pembatasan ini terutama pada peserta dengan risiko tinggi akibat merokok atau banyak mengonsumsi gula.

“Dengan begitu, upaya preventif atau pencegahan penyakit bisa lebih optimal,” tuturnya.

Ketiga, pemerintah perlu berkoordinasi dengan asuransi swasta dalam pembagian pelayanan perawatan. Dia menyebut pemerintah bisa mencontoh Korea Selatan.

“Praktik di sana, pembagian dengan asuransi swasta mencapai 20 sampai 30 persen. Jika bisa dimanfaatkan maka bisa mengurangi klaim BPJS hingga Rp600 miliar sampai Rp900 miliar,” tutur Pahala.

Keempat, menerapkan urun biaya dengan peserta. Berdasrkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 51/2018 tentang Urun Biaya dan Selisih Bayar dalam Program JKN disebutkan, peserta bisa dikenakan urun biaya sebesar 10 persen dari biaya pelayanan rawat inap.

“Dari hitungan ini diperkirakan pada 2018 ada efisiensi biaya mencapai Rp 2,2 triliun,” kata Pahala.

Kelima, memastikan kelas rumah sakit sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Menurut Pahala, rekomendasi ini sudah dijalankan dengan menemukan adanya sekitar 800 rumah sakit yang tidak sesuai kelas.

Namun, setelah adanya penemuan tersebut, tidak ada tindak lanjut yang jelas dari Kemeterian Kesehatan. “Dari masalah kelas RS yang tidak sesuai ini, efisiensi pembiayaan yang bisa didapatkan sebanyak Rp 6,6 triliun,” tuturnya.

Terakhir, memperbaiki sistem verifikasi di lapangan dari petugas BPJS Kesehatan. Harus ada aturan yang tegas jika ditemukan data yang fiktif. “Jika memang ditemukan ada yang fiktif harus ada pengembalian uang sampai hukuman pidana,” kata Pahala.

kolam

kecurangan adalah bagian dari demokrasi
gak curang gak ada uang gak menang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PapinZ dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Jumlah kecurangan dan inefisiensi itu diproyeksi mencapai Rp12,2 triliun. Demikian diungkapkan oleh Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan.

Menurut dia, kecurangan dan inefisiensi tersebut menjadi salah satu penyebab BPJS Kesehatan terus mengalami defisit.


nah sudah ketemu masalahnya, tinggal gimana jalan keluarnya ?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
kudunye di lokdon aje yg korup2
kalo gaji bpjs yg katanya ketinggian gimana tuh?
sampe bu menkeu mintak datanya gak di kasih
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
KPK menemukan kecurangan serta inefisiensi pembiayaan pada pengelolaan dana jaminan sosial dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Jumlah kecurangan dan inefisiensi itu diproyeksi mencapai Rp12,2 triliun.

KPK pun memberikan rekomendasi terkait pengelolaan dana pada program JKN KIS tersebut.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Sayangnya kpk sudah tidak bisa apa apa emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
celah2 inefisiensi spt ini harusnya yg menemukan & menutupnya adalah direksi bpjs.
tp justru yg menemukan KPK.

itulah makanya, ane bilang, direksi bpjs itu sampah semua...


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
diproses secepatnya itu yang mencurangi, dicari solusi tercepat buat inefesiensinya.
12,2T bisa dipakai buat BPJS dan dana saat masalah coronavirus ini.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Sepertinya bakal tenggelam juga seperti jiwasraya dan asabri.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Berita lu ga laku om.. sekarang beritanya corona.. corona mendunia harun masiku aman terkendali...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ladahitam46
sikat pak bos emoticon-Ngamuk
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Rekomendasinya bagus, sesuai dgn fakta yg ada.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ngeri lah indo ini apa2 dikorupsi.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan extreme78 memberi reputasi
ternyata ohh ternyata...kamu ketahuan..
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


ane dari awal sudah bilang bahwa manajemen BPJS itu buruk dan pempus sistem kontrolnya kurang baik ke BPJS emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Wah wah, kalo gak curang gak dapat duit, duitnya berkah atau tidak, bomat kan yaemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan extreme78 memberi reputasi
Bpjs...

Sistem bnyk celah
Mental peserta yg mau enak sendiri
Mental dokter yg join ama pbrk obat
Pihak rmh sakit yg pasang tarif tinggi

Gimana cara ngeberesinnya?
emoticon-Bingung
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Sikat aja udah BPJS, mending duit bpjs gw kirim ke asuransi elit semodel Allianz
emoticon-Leh Uga
Waw JKN-KiS pake apbn kan ? Gak nyantol k apbn emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di