CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Hal yang dilakukan saat akan Melakukan Cuci Darah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f530d10d2954a4f1ab2d3/hal-yang-dilakukan-saat-akan-melakukan-cuci-darah

Hal yang dilakukan saat akan Melakukan Cuci Darah

Hal yang dilakukan saat akan Melakukan Cuci Darah

Ginjal yang berfungsi sebagai menyaring segala kotoran ataupun racun tak mampu bekerja secara optimal, maka akan terjadi penumpukan limbah, kotora, dan racun pada darah. Jika ginjal mengalami kerusakan mencapai 90% maka diwajibkan untuk Anda melakukan cuci darah. Jika Anda akan melakukan prosedur cuci darah, berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum Anda melakukan cuci darah:

Apa itu cuci darah?
Cuci darah atau dialysis merupakan sebuah prosedur yang penting dilakukan untuk penderita penyakit gagal ginjal. Fungsinya sendiri adalah sebagai pengganti fungsi ginjal pada penderita gagal ginjal, yaitu membuang kotoran atau racun berbahaya dan cairan berlebih di dalam tubuh atau toxic clearance.

Dua tipe prosedur cuci darah
Terdapat dua tipe prosedur dyalysis atau cuci darah yang dapat dilakukan bagi penderita gagal ginjal, yaitu hemodialysis dan peritoneal dialysis. Hemodialysis adalah prosedur cuci darah menggunakan ginjal buatan atau hemodializer. Darah penderita akan dipindahkan dari tubuh dan disaring melewati hemodializer. Darah yang sudah tersaring tersebut lalu dikembalikan lagi ke tubuh dengan bantuan dari mesin dialysis.
Sedangkan peritoneal dialysis dilakukan di dalam tubuh pasien. Dokter akan melakukan tindakan bedah ke dalam perut untuk diisi dengan cairan dialisar melalui kateter. Cairan tersebut akan menyerap segala kotoran serta racun dan akan dikeluarkan dari perut pasien.

Frekuensi dan persiapan perawatan cuci darah
Frekuensi perawatan cuci darah dilakukan sesuai dengan situasi kesehatan masing-masing pasien. Ada yang dilakukan selama tiga kali seminggu dalam sesi masing-masing selama tiga jam sampai lima jam. Namun, ada juga yang dilakukan setiap enam atau tujuh kali seminggu selama dua sampai tiga jam sehari.
Persiapan cuci darah dilakukan beberapa minggu sebelum cuci darah pertama. Pasien harus dibuatkan akses pembuluh darah agar darah mudah untuk masuk dan keluar tubuh. Untuk selengkapnya klik link ini.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di