CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Waspada Corona: Ayo Jujur, Berapa Kali Kita Menyentuh Wajah Sehari?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f330b28c9915aea641b83/waspada-corona-ayo-jujur-berapa-kali-kita-menyentuh-wajah-sehari

Waspada Corona: Ayo Jujur, Berapa Kali Kita Menyentuh Wajah Sehari?

Katanya, salah satu cara mengurangi kemungkinan terkena virus corona adalah hindari menyentuh muka alias wajah bila gak perlu. Sungguh anjuran yang maha sulit ya... kayaknya gak ada hari tanpa menyentuh wajah karena di sana ada hidung, mata, bibir... atau karena gatel di daerah tertentu, ya kan?

Waspada Corona: Ayo Jujur, Berapa Kali Kita Menyentuh Wajah Sehari?
(sumber: healthline)

Sering-sering cuci tangan. Itu anjuran dari pihak medis dari seluruh penjuru dunia. Tapi, sesering apa kita cuci tangan tiap hari sehingga ketika hidung atau pipi gatal masih aman untuk digaruk?

Bayangin deh gansis lagi di dalam kendaraan umum, entah itu bus atau kereta. Penumpang padat... desak-desakan. Trus, ada yang batuk-batuk tapi doi gak pake masker... parno kan? Sementara kita masih harus memegang sesuatu supaya gak oleng atau jatuh selama di kendaraan itu.

Waspada Corona: Ayo Jujur, Berapa Kali Kita Menyentuh Wajah Sehari?
(sumber: The Independent)

Nah, tiba-tiba hidung kita gatal, apakah tahan gak garuk tuh hidung hanya karena takut tangan kita gak bersih selama di kendaraan umum itu? Sebuah pertanyaan sederhana tapi siapa yang dengan mudah bisa menjawabnya?

Ane pernah dengar di sebuah radio, perwakilan UNICEF di Indonesia bilang begini, "Rata-rata manusia itu menyentuh wajahnya per hari 3.000 kali."

Gilaaaa gak tuh. Entah karena emang ada yang gatal atau refleks karena ada rambut yang mengganggu di wajah.

Waspada Corona: Ayo Jujur, Berapa Kali Kita Menyentuh Wajah Sehari?
(sumber: AHTBM)

Tapi, dari bacaan sumber lain (fox13), ada penelitian yang menyebutkan manusia itu rata-rata menyentuh wajahnya 23 kali per jam... ini lebih masuk akal. Anggaplah kita beraktivitas dari jam 6 pagi hingga 10 malam, berarti 16 jam sehari... kali kan deh 23 sentuhan wajah per jam, total 368 setiap hari. Sebanyak itu pula kemungkinan kita tertular virus corona?

Oh ya, penelitian itu menyebutkan 44% sentuhan tangan kita itu mengarah ke mulut, hidung, dan mata... itulah pintu masuk virus.

Lewat bacaan Healthline, katanya kita menyentuh wajah itu rata-rata 16 kali per jam. Itu hasil studi tahun 2008 lewat 10 orang yang diobservasi selama 3 jam di kantor. Kalau dikali 16 jam aktivitas per hari berarti 256 sentuhan ke wajah sehari.

Waspada Corona: Ayo Jujur, Berapa Kali Kita Menyentuh Wajah Sehari?
(sumber: the boston globe)

Studi lain pada 2015 menyebut 26 mahasiswa di Australia yang dijadikan obyek penelitian menyentuh wajah mereka 23 kali per jam.

Boleh juga sesekali dihitung berapa kali kita menyentuh wajah dalam satu jam... atau gantian deh ama teman melakukannya dalam situasi santai, gak dibuat-buat ya. Ayo, rajin cuci tangan... dan tetap sehat, ya gansis!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kikin24 dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
wah gak keitung juga ya berapa kali nyentuh wajah, apalagi kalo pas pake makeup
belum lagi kalo ada yang gatal di area hidung
jaga kebersian gansis
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan citra1717 memberi reputasi
Puluhan kali mungkin. Kadang suka ga sadar megang muka. Gatau reflek aja tiba2 gitu emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
ikcai dan gabener.edan memberi reputasi
wah iya sih bener jugaa dan mungkin emang kenyataannya begitu
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
kalo udah reflek susah buat dihindarin ya gan sis.. tapi mau ga mau sih harus kita biasain..
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
kalo ane malah refleknya megang pipii.. jadi malah selalu muncul jerawat baruuu emoticon-Frown
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


iyaa yaa reflek bener bener reflek.. sekalipun ga gatel...
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
apalagi kalo cewek... benerin rambut atau kerudung.. kayaknyaaa bisa berkali kali lipat ituu tanpa sadar nyentuh muka
Quote:


iyaa ga keitungg... siapa juga yang rajin banget ngitungin yaaakk
refleks euy... kadang hidung kalo gatal gak nahan utk gak digaruk... tapi mulut, hidung, mata pulak yg jadi pintu masuk virus yaaa..
Quote:


Apalagi kita para cewek
Bulu mata kibas dikit gatel hahaha
profile-picture
citra1717 memberi reputasi
asli sering banget gan. masih belom bisa mengontrol untuk gak pegang wajah emoticon-Mewek
jujur ini sangt sulit untuk ane hindariii... megang megang barang.... terus megang wajah.... udah gitu ane anaknya gatelaan.... kayak gx puas kalo belum nyentuh langsungg..... yaaa tindakan ane paling sering sering cuci tangan sama cuci muka aja siiichh....
Quote:


iyaaa sissttt ahahahaha emang gatelnya suka ga tau waktu wkwkwkwk
Quote:


Dan gak tau tempattt wkwk
profile-picture
citra1717 memberi reputasi
Tak terhitung gan. emoticon-Nohope rasanya itu otomatis gan. Dikit dikit auto pegang.
Quote:


plusss ga tau diri ya wkakakakak
ratusan.... (iklan wafer)
hampir setiap saat sih pegang2 hidung, muka apalagi pas dikantor
ane jadi takut ngelakuinnya skrg,
Quote:


Bener gan, dikit2 pegang dikit2 pegang, kek udah jadi kebutuhan setiap saat
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Quote:


Bener banget gan, sulit buat diatasin, paling bisa dicegah pakek kebiasaan cuci tangan setiap saat gt
emoticon-Betty
ga keitung gan emoticon-Wakaka Waspada Corona: Ayo Jujur, Berapa Kali Kita Menyentuh Wajah Sehari?
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di