CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kendala Kreator Bikin Thread di Forum Berita dan Politik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f3116337f9309792cdcaa/kendala-kreator-bikin-thread-di-forum-berita-dan-politik

Kendala Kreator Bikin Thread di Forum Berita dan Politik



Tanpa bermaksud mengkritik apalagi memprotes kebijakan aturan dalam Forum Berita dan Politik di Kaskus ini, di sini Ane hanya berbagi pengalaman tentang susahnya menulis thread di forum tersebut bagi Kaskuser yang berstatus sebagai Kreator.

Thread-thread yang Ane posting di Forum Berita dan Politik ini, semuanya berstatus “Tidak Lolos”, kecuali satu thread. Alangkah senangnya hati Ane, apalagi ternyata thread tersebut ‘Naik Daun’, eh ‘Naik HT’ maksudnya. emoticon-Big Grin

Tapi kegembiraan itu tiba-tiba sirna, karena thread tersebut juga tiba-tiba lenyap, dengan message error “thread tidak ditemukan,” yang berarti thread tersebut telah dihapus oleh mimin atau momod. Lalu Ane Kasak Kusuk alias Kaskus untuk mencari tahu penyebabnya. Setelah Ane buka Metadata aka Cache postingan tersebut, sehingga baru Ane tahu alasannya “Melanggar Pasal 1”.

Kendala Kreator Bikin Thread di Forum Berita dan Politik

Kembali lagi Ane Kaskus mencari keterangan lengkap pasal 1 tentang larangan mengubah judul berita tersebut, sehingga Ane sadar, oh ini tuh dosa Ane. emoticon-Big Grin

Akhirnya Ane mikir dan bingung sendiri jadinya. Sebab Ane selalu memperhatikan alasan ‘tidak lolosnya’ thread itu, lalu memperbaikinya pada thread berikutnya.

Kendala Kreator Bikin Thread di Forum Berita dan Politik

Namun tetap tidak lolos, sehingga Ane rasa ada beberapa kendala bahkan jadi problem bagi Ane khususnya saat bikin thread di Forum BP ini, yaitu:


1. Dilarang Mengubah Judul Berita

Maksudnya judul thread harus sama dengan judul di sumber berita. Yang jadi kendala, jika sumber berita ada dua atau lebih, bagaimana menulis judulnya? Sedangkan prinsip Ane sendiri, judul itu sebisa mungkin ringkas dan padat dan tidak lebay, serta menggambarkan keseluruhan isi thread.

Kalau judulnya hanya diambil dari salah satu sumber, maka ada kemungkinan antara judul dan isi tidak singkron, sehingga ini juga menjadi satu alasan thread tidak lolos. Atau dianggap semacam clickbite.

Kendala lainnya, bagaimana jika memang judul pada sumber juga tidak sesuai isi? Tentu sumber ini tak bisa dikutip, dan harus selektif memilih sumber, termasuk memperhatikan ‘daftar hitam’ situs yang haram dijadikan referensi.


2. Dilarang Mengubah Isi Berita

Artinya, kutipan berita itu harus dicopas bulat apa adanya, tidak boleh digubah atau diubah redaksinya, walaupun maksudnya atau esensinya tetap sama. Jika ini dilakukan, maka thread juga tidak akan lolos dengan alasan ‘tidak lolos plagiarisme, atau konten mirip dengan yang sudah dipublish di kaskus atau media lain’, dan blaa blaaa.

Jadi yang benar bijimane, bingung Ane. emoticon-Big Grin

Juga ada larangan memberikan opini TS di tengah berita. Opini harus di bagian akhir katanya, sedangkan bagian awal adalah judul dan isi kutipan berita. Jika ini dilakukan, maka tulisan menjadi kaku dan kadang tidak nyambung, jika tidak ada pengantar pada bagian awal dan interpretasi dari TS pada kalimat-kalimat tertentu, atau di antara dua sumber kutipan.

Karena itu, biasanya konten berita Ane gubah total menjadi cerita, sehingga bisa Ane posting di Forum Bangku Panjang. Tapi kadang ditarik lagi oleh Momod ke forum Berita. Kalau udah gitu, pasrah aja lagi Ane, menunggu takdir apakah thread tidak lolos atau didelete. Sedangkan bisa lolos adalah kemungkinan kecil, bak sebuah mukjizat. emoticon-Big Grin

Nah barangkali ada Kaskus Kreator di sini yang punya pengalaman dan tips agar bisa lolos bikin thread di forum BP ini, silakan tuliskan di kolom komentar. Tq (*)
Diubah oleh Aboeyy
Reserved
Keras hidup di bp bree...


emoticon-Leh Uga
BP itu wild west nya kaskus emoticon-Leh Uga
Kan ada rules-nya gan di BP emoticon-Big Grin
mnding lonje aj om BP g ramah untuk umum 😂😂
Quote:


Yup ada, cuma aturannya kadang terasa berbenturan dengan aturan thread kreator.

Quote:


Nah ini solusinya. Hanya saja kadang kita dapat berita bagus untuk diposting di BP, maka digubah sedemikian rupa agar bisa masuk lounge. emoticon-Big Grin
Ane ngalamin seminggu yg lalu,kbetulan ane nobgkrong dimari jg blm genap sebulan.
pas liat thtead ane dipost di BP wih lgsg panen viewer.. alangkah senengnya..
eh sejurus kemudian..
eng ing eng... !π
thread yg ane bkin hampir dua jam lbih sirna bak ditiup puting beliung..emoticon-Hammer2 binggung dgn keadaan ntu(mklum ank bawang blom tau ini itu)..
lgsg ane PM momod.
dan...

alangkah terkejutnya siti badriah..bahahah
ya ane ngaku salah n jd plajarnemoticon-Mewek
Quote:


cakep gan.. emoticon-Salaman
Quote:


Memang om BP untuk copas murni, plagiat pure...
Kendalanya disana banyak buzzer emoticon-Ngakak (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di