CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Antrean Transjakarta Mengular, Yunarto: Orang Dianggap Semua Punya Kendaraan Pribadi?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f2be588b3cb1184305796/antrean-transjakarta-mengular-yunarto-orang-dianggap-semua-punya-kendaraan-pribadi

Antrean Transjakarta Mengular, Yunarto: Orang Dianggap Semua Punya Kendaraan Pribadi?

Antrean Transjakarta Mengular, Yunarto: Orang Dianggap Semua Punya Kendaraan Pribadi?

Judul Asli : Antrean Penumpang Transjakarta Mengular, Yunarto: Orang Dianggap Semua Punya Kendaraan Pribadi?

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya merasa heran dengan pembatasan transportasi di DKI Jakarta.

Sebagaimana yang telah diinstruksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, layanan bus Transjakarta hanya melayani 13 rute dengan headway 20 menit.

Namun, tampaknya penerapan layanan tersebut tak berjalan mulus.
Sebab, antrean penumpang baik Transjakarta, LRT maupun MRT justru mengular panjang.

Seperti yang terlihat di Halte Busway depan Universitas Budi Luhur Ciledug.
Melalui akun Instagram @tmcpoldametro, TMC Polda Metro Jaya mengunggah foto yang menunjukkan antrean panjang para penumpang pada Senin (16/3/2020) pagi.

"08:14 Antrian Warga yang akan menaiki Bus Transjakarta di Halte Busway depan Univ. Budi Luhur Ciledug," tulis TMC Polda Metro Jaya.

Bahkan antrean penumpang mengular sampai di jalan, seperti yang tampak di Halte Busway Kalideres Jl. Daan Mogot Jakarta Barat.

"07:58 Antrian Warga yang akan menaiki Bus Transjakarta di Halte Busway Kalideres Jl. Daan Mogot Jakarta Barat," tulis TMC Polda Metro Jaya.

Antrean mengular yang terjadi di halte Transjakarta dan stasiun MRT serta LRT ini pun memicu komentar dari publik.

Transjakarta bahkan menjadi trending di media sosial Twitter akibat banyaknya publik yang membuat tanggapan.

Padatnya antrean penumpang Transjakarta juga menyita perhatian Yunarto Wijaya.
Melalui akun Twitternya, @yunartowijaya, mengunggah foto yang memperlihatnya antrean penumpang TransJakarta yang mengular panjang.

"Logika apa entah yg dipake sama pemprov DKI dgn ngurangi route bus trans jakarta & MRT...
orang dianggap semua punya kendaraan pribadi n naik ojek daring yg tarifnya baru naik???," tulis Yunarto, Senin (16/3/2020).

Antrean panjang penumpang TransJakarta, menurut Yunarto, merupakan indikasi jika DKI Jakarta memutuskan untuk lockdown, karena harus mempertimbangkan banyak hal.

Termasuk kesiapan logistik, transportasi, rumah sakit, hingga reaksi sosial dari masyarakat yang hidup dari penghasilan harian.

"Ini indikasi keputusan ttg lockdown bukan sekedar ttg berani atau gak, hrs ada persiapan matang, terkait kesiapan logistik, transportasi, rumah sakit, dan reaksi sosial dr org yg hidupnya dari penghasilan harian... potensi chaos kalo gak... IMO," tambahnya.

Penumpukan Penumpang di Halte TransJakarta

Penerapan layanan bus transjakarta yang hanya melayani 13 rute dengan headway 20 menit tampaknya tak berjalan mulus.

Layanan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur DKI Jakarta tentang pembatasan angkutan umum di DKI Jakarta guna mencegah potensi penularan covid-19 yang disebabkan virus corona tipe 2.

Penumpukan justru terjadi di sejumlah halte, salah satunya di Halte Mangga Besar.
Seorang pengguna transjakarta Lia Muspiroh mengatakan, penumpang yang mengantre di halte Mangga Besar menumpuk.

Padahal saat belum ada pembatasan, halte ini kerap lengang.

"Desakan banget sih enggak, tapi dalam busnya desakan. Sebagian juga nunggu bus berikutnya karena sudah enggak muat, yang padahal bus berikutnya juga penuh," ucap Lia saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Lia sebenarnya tak mempermasalahkan waktu beroperasi transjakarta diperpendek.
Namun armadanya harus tetap banyak untuk menghindari penumpukan baik di kereta maupun di halte.

"Enggak masalah sih dibatasi, tapi armadanya jangan cuma satu bus, apalagi jedanya 20 menit sekali. Yang ada penumpukan penumpang dan malah makin nempel-nempel tuh manusia satu dan manusia lainnya. Kalau pun 20 menit sekali, busnya nambah jadi 2 atau 3. Apalagi di halte yang besar," kata dia.

Pengguna transjakarta lainnya, Filda Ningsih juga merasa keputusan transportasi ini kurang tepat.

Apalagi di jam-jam sibuk seperti jam pergi dan pulang kantor membuat penumpang justru berdesak-desakan.

"Ini hari Senin dan jam pergi kantor loh. Enggak semua perusahaan sudah punya kebijakan work from home. Jadi harusnya beroperasinya justru seperti biasa," ungkap Filda.

Karyawati salah satu perusahaan ini menuturkan, penumpang di halte transjakarta Lebak Bulus justru berdesak-desakan dan potensi tertular virus corona makin besar.
"Yang diinginkan pemerintah kan kita harus jaga jarak untuk mencegah corona, lah kalau kayak begini malah bikin makin rentan corona," kata dia.

Diketahui, mulai 16 hingga 30 Maret 2020, layanan bus transjakarta hanya akan melayani 13 rute.

Dalam kurun waktu itu pula, transjakarta memberhentikan sementara layanan AMARI (Angkutan Malam Hari).

"Untuk Senin besok 16 hingga 30 Maret 2020 layanan transjakarta hanya beroperasi di 13 rute dengan headway 20 menit dengan waktu operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Ini berarti seluruh layanan non-koridor (Non BRT), Royaltrans dan Mikrotrans ditiadakan," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya, Minggu (15/3/2020).

Selain itu, di halte akan diberikan marka, sehingga penumpang akan berdiri dengan jarak yang sudah diatur.

Di dalam bus pun juga sama, transjakarta akan mengatur jarak duduk sehingga bisa meminimalisasi interaksi antar penumpang.

"Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte dan mengharapkan kesabaran pelanggan untuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan," ujar Nadia.

Transjakarta juga akan memasang fasilitas hand sanitizer di halte dan bus di tengah maraknya wabah covid-19.

"Untuk sementara ini, transjakarta juga mengubah pola pengurusan kartu gratis. Pengurusan secara langsung ke kantor kami istirahatkan terlebih dahulu," ujar Nadia.
Adapun 13 rute transjakarta yang beroperasi pada 16-30 Maret 2020, yakni :
1. BLOK M - KOTA
2. PULO GADUNG 1 - HARMONI
3. KALIDERES - PASAR BARU
4. PULO GADUNG 2 - TOSARI
5. KAMPUNG MELAYU - ANCOL
6. RAGUNAN - HALIMUN
7. KAMPUNG RAMBUTAN - KAMPUNG MELAYU
8. LEBAK BULUS – HARMONI
9. PINANG RANTI - PLUIT
10. PGC 2 - TANJUNG PRIOK
11. KAMPUNG MELAYU - PULO GEBANG
12. PENJARINGAN - SUNTER BOULEVARD BARAT
13. 13A PURI BETA - BLOK M

Sumber : [url]https://ternate.tribunnews.com/amp/2020/03/16/antrean-panjang-penumpang-transjakarta-jadi-indikasi-bila-dki-lockdown-yunarto-tak-sekedar-berani?page=4 [/url]

===========================================

Silakan kalau mau direvisi kembali kebijakannya..
supaya tidak semakin memperbesar potensi kontak fisik antar warga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 39 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
haryomukti dan 44 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Antrean Transjakarta Mengular, Yunarto: Orang Dianggap Semua Punya Kendaraan Pribadi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madbunny23 dan 39 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Malah jadi bumerang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kopiluwa dan 9 lainnya memberi reputasi
Gila Abud memang gendeng. Kalau gitu kan malah makin banyak kerumunan masa dan potensi penularan virus corona meningkat.

Abud otaknya di bacot, atau bacotnya di otak sih? emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madbunny23 dan 33 lainnya memberi reputasi
ngurus orang banyak memang tidak gampang..
semoga bisa dievaluasi yang terbaik..
yang tidak urgent ya tahan diri juga untuk tidak bepergian..
demi kepentingan bersama..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Motor kan ada.taksi, taksol, ojol, angkot kenapa harus menggantungkan harapan cuman di trans.kalo mengular ato ngeluh kelamaan ya salah si penumpang sendiri donk.ga habis pikir deh.

Kalo males macet, ya sudah ada himbauan sebelum2nya kan.orang klo ga mau kebanjiran ya disuruh enyah dari jakarta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RokoMahal dan 105 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
lebih baik di ikuti himbauan dari presiden jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irumy dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
eh id siapa yg kemaren2 suka bawa klipingan yunarto puji anies.
kira2 di trit ini dia msh brani bawa klipingan itu ga ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madbunny23 dan 10 lainnya memberi reputasi
percis kek transpot tikun emoticon-Ngakak yang ngantri sampe banyak banged.
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan kucingnyapakrt memberi reputasi
Quote:


Si abud jembud pokoknya suci gak pernah salah, bak nabi, gitu kan drun SOP nya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 9 lainnya memberi reputasi
makanya, klo mo dikurangin, mnding stop lsg transjaknya emoticon-Wakaka
mtr juga emoticon-Wakaka

tp klo mo normal2 aja, ya sdh biasa aja ga usa rubah2 emoticon-Wakaka

toh yg kna corona , masuk seleksi , klo kena byk ya resiko yg kena emoticon-Wakaka

byk jg masyarakat yg berdiam dirumah(emng tiap hri sirumah) emoticon-Wakaka

lu kek ga tau aja jkt, macam sedikit warganya emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
Antrean Transjakarta Mengular, Yunarto: Orang Dianggap Semua Punya Kendaraan Pribadi?






Antrean Transjakarta Mengular, Yunarto: Orang Dianggap Semua Punya Kendaraan Pribadi?

kira2 target gabener bisa tercapai gak ya ?

gabener kaum ana emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diamondchest dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
para mantan gerbong pa ahok banyak yang gempur si anies emoticon-Cape deeehh
klo pun "isi celotehan"nya faktual dan aktual, diragukan juga maksud atau niat sesungguhnya....
justru ane lebih respect sama yang complain/kritik si anies...tapi gak punya sama sekali latar belakang gerbong sebelah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Ada-ada saja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan kucingnyapakrt memberi reputasi
Quote:


Ohhhhhhhhh ternyata emang lagi ngejar target.....

Baru ngeh ane emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 4 lainnya memberi reputasi
pembatasan g diikutin dgn libur ya jdnya gini emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 4 lainnya memberi reputasi
Jakarta tambah kacau? Berarti gubernurnya lagi kerja.
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan lonelylontong memberi reputasi
Manajemen kota kayak maen”. Ini para pejabat pemprov emang gak ngerti Plan>Do>Check>Analysis? Bikin kebijakan kok kayak ngasal aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:



"Kepada seluruh rakyat Indonesia saya harap tenang, tetap produktif agar penyebaran Covid-19 ini bisa kita hambat dan kita stop. Dengan kondisi ini, saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah," kata Jokowi dalam konferensi pers, Minggu (15/3).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
baru kemarin lo dipuja sama kampret, kini kena serang sama kampret kalo komen begono to
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di