CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[Nasionalisme] Demokrasi - Sedikit Sejarahnya dan Demokrasi Pancasila
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6f1a34af7e93201e57220f/nasionalisme-demokrasi---sedikit-sejarahnya-dan-demokrasi-pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi - Sedikit Sejarahnya dan Demokrasi Pancasila


Artikel kali ini membahas ttg Demokrasi Pancasila. Juga ttg Pengertian Demokrasi dan Sedikit Sejarahnya serta Demokrasi Pancasila . Dibeli dan Dibaca Artikel ini. Semoga Bermanfaat, Aamiin YRA...

Pengertian Demokrasi dan Sedikit Sejarahnya

Demokrasi adl Sistem Berbangsa dan Bernegara yg banyak dianut di banyak negara di dunia ini. Berasal dari Sejarah yg sudah Dahulu Kala yaitu di Yunani sejak jaman Aristoteles dan Plato. Murid dan Guru tsb merupakan Bapak dari Ilmu2 Filsafat yg sdh banyak diadopsi di negara2 barat sana. Dgn Sistem Demokrasi memisahkan Kekuasaan menjadi 3 "Kamar" Kekuasaan, yaitu Legislatif (MPR dan DPR), Eksekutif (Pemerintah) dan Yudikatif (Hukum) dari sebelumnya bersifat Monarki atawa Kerajaan. Masing2 "Kamar" Kekuasaan tsb setara, setaraf dan selevel, tidak ada yg lebih tinggi, dan seharusnya saling mengawasi demi kesejahteraan dan kemakmuran dan pertahanan bangsa dan Negara dan akhirnya terjaganya Keberlangsungan Bangsa dan Negara.

Sejak sebelum Revolusi Industri (Dimana banyak ditemukan mesin2 yg memudahkan pekerjaan manusia) di Eropa sewaktu Bulan May (makanya ada istilah MayDay dan Hari Buruh Internasional di Bulan May), lebih tepatnya di Perancis mulai ada pemisahan Kekuasaan dari Monarki Absolut (yaitu Kekuasaan dimiliki sepenuhnya oleh Raja) menjadi 3 "Kamar" Kekuasaan. Pencetus dan tokoh yg terkenalnya adl John Locke. 3 "Kamar" Kekuasaan tsb adl Legislatif(MPR dan DPR), Eksekutif(Pemerintah) dan Yudikatif (Hukum).

Nah sejak sebelum PD I (Perang Dunia I) itulah mulai ada pemisahan Kekuasaan dari Sistem Monarki menjadi Demokrasi dan banyak diadopsi di negara2 di dunia ini.

Pengertian Demokrasi Pancasila

[Nasionalisme] Demokrasi - Sedikit Sejarahnya dan Demokrasi Pancasila

Jika diatas adl sedikit pengertian dan sejarah demokrasi, sekarang saya bahas ttg Demokrasi Pancasila. Pancasila juga adl sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum. Pencetus dan pembuatnya adl Para Founding Father dari Negara Kita Tercinta, Indonesia.

Demokrasi Pancasila berarti Sistem Berbangsa dan Bernegara Kita Semua, Indonesia, yg mengadopsi Demokrasi dgn 3 "Kamar" Kekuasaan. Tetapi dgn Berasas dan Bersumber dari dan dgn Pancasila. Dikarenakan Pancasila adl juga sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum.

Sebagai juga Sumber dari Segala Sumber Hukum maka Pancasila selayaknya (dan memang layak) dijadikan Asas dan Nafas dari Sistem Demokrasi yg Kita Semua adopsi. Tidak bisa dipisahkan ataupun tidak bisa dikesampingkan dari Demokrasi yg Semua Kita melaksanakannya.  Bagaikan sebuah koin dgn 2 sisinya ataupun Oksigen dlm darah manusia. Tidak boleh dan tidak terpisahkan. Begitulah Demokrasi Pancasila dan Pancasila.

Bagaimana menghayati dan Mengamalkan Demokrasi Pancasila di Jaman Sekarang

Banyak dan beragam cara yg dapat dilaksanakan utk mengamalkan Demokrasi Pancasila di Jaman Sekarang. Sebagai manusia di jaman ini dimana terdapat banyak tercampuraduknya berbagai budaya dan pemahaman2 yg (mungkin) tidak atau kurang sesuai dgn Nilai2 dan Adat Istiadat yg sejak turun temurun tersirat dan terpatri dlm Jiwa Orang Indonesia, yaitu Jiwa Orang Timur. 



Cara2 utk menghayati dan mengamalkan Demokrasi Pancasila di Jaman Sekarang dapat Kamu lihat dan Baca di Post2 di Thread ini

----------- Sekian dan Semoga Bermanfaat -----------

----------- Aamiin YRA -----------


emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax

[Nasionalisme] Demokrasi - Sedikit Sejarahnya dan Demokrasi Pancasila


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di