CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Apa yang sebaiknya saya lakukan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6eee42337f93683837b91c/apa-yang-sebaiknya-saya-lakukan

Apa yang sebaiknya saya lakukan?

Sales Coach | Sales. Semakin hari penyebaran Virus Corona semakin luas. Tentu kita harus tetap waspada dan tetap mengikuti SOP penanganan Virus Corona yang sudah dikeluarkan oleh pihak yang berwenang, serta melakukan berbagai langkah pencegahan yang sudah berulang-ulang disosialisasikan. Selain berdampak pada psikologis, penyebaran Virus Corona juga sangat berdampak pada ekonomi. Banyak sekolah dan kampus yang sudah diliburkan, sebagian instansi sudah menyarankan karyawannya bekerja dirumah, tempat wisata sudah mulai ditutup sementara, berbagai acara ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan, mobilitas manusia jadi berkurang dan masyarakat lebih memilih tinggal dirumah termasuk beribadah juga disarankan dirumah. Jika mobilitas manusia berkurang berbagai sektor ekonomi pasti menurun terutama sektor konsumsi.

Dampak terbesar adalah saudara-saudara yang terlibat langsung dalam bidang penjualan. Jika konsumsi menurun maka penjualan juga akan menurun. Jika penjualan menurun maka penghasilan anda sebagai salesman juga akan menurun. Namun kita harus tetap tenang menghadapi situasi yang penuh dengan ketidakpastian karena khawatir dan panik yang berlebihan tidak akan membawa keuntungan buat anda.

Ada 3 langkah yang bisa anda lakukan dalam situasi seperti ini :

1.Tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan-pelanggan anda.

Tanpa tatap muka anda  tetap bisa menyapa dan melayani pelanggan-pelanggan melalui berbagai media misalnya telepon, email, WA dan berbagai media social lainnya sambil tetap menawarkan produk dan jasa yang anda miliki jika memungkinkan. Pelanggan-pelanggan juga akan memahami anda karena permasalahan mereka juga sama yaitu mencegah penyebaran Virus Corona.

2. Kesempatan untuk melakukan evaluasi dan belajar.

Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja tanpa melakukan aktifitas yang bernilai. Saat dirumah anda bisa melakukan evaluasi atas kinerja penjualan dan merevisi rencana kerja sambil merancang kembali stategi yang tepat untuk langkah berikutnya sambil menunggu penyebaran Virus Corona berhasil dikendalikan. Anda bisa membaca buku-buku pengembangan diri yang berhubungan dengan penjualan. Sambil duduk rilex, tenang dan santai dirumah anda juga bisa menonton youtube yang berhubungan dengan motivasi dan penjualan dari orang-orang yang sudah sukses.

3. Tetap melakukan branding.

Orang-orang tetap harus mengenal anda sebagai seorang salesman yang menjual barang dan jasa yang mereka butuhkan, sehingga saat mereka mau membeli, mereka tetap bisa menghubungi anda. Oleh sebab itu anda harus tetap melakukan branding. Anda harus tetap mengiklankan produk dan jasa yang anda jual. Banyak media yang bisa dipakai untuk melakukan branding yang tentunya tidak akan saya tuliskan di artikel kali ini.

Mari saudara-saudara kita berdoa agar Virus Corona bisa segera dikendalikan penyebarannya dan bagi saudara-saudara kita yang sudah terinfeksi tetap sabar dan kuat. Kita bersama-sama doakan segera sembuh. Kita ingin bisa segera melakukan aktifitas seperti biasanya dengan tenang tanpa rasa khawatir. Semoga Tuhan melindungi kita semua.

Yanto Mulyadi

Sales Trainer and Coach

 



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di