CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
5 Kebijakan Transportasi Anies Baswedan Cegah Sebaran Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6edde19a972e1c505df2c3/5-kebijakan-transportasi-anies-baswedan-cegah-sebaran-corona

5 Kebijakan Transportasi Anies Baswedan Cegah Sebaran Corona

TEMPO.COJakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran virus corona di Ibu Kota. Salah satunya adalah kebijakan di bidang transportasi. Berikut kebijakan yang dibuat Anies dan mulai berlaku per hari ini:


1. Ganjil Genap Ditiadakan

5 Kebijakan Transportasi Anies Baswedan Cegah Sebaran Corona© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto

Mobil berplat nomor ganjil melintas di Jalan MT Haryono pada Kamis, 12 September 2019. Pemerintah DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap di ruas Jalan MT Haryono, Gatot Subroto, dan Jalan HR Rasuna Said pada pagi ini sehubungan dengan wafatnya mantan Presiden RI BJ Habibie. Tempo/Adam Prireza

Anies meniadakan kebijakan ganjil genap untuk sementara waktu dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Menurut Anies, hal itu dilakukan lantaran potensi penyebaran Covid-19 di kendaraan umum cukup besar. “Terkait dengan lalu lintas dan transportasi dalam kondisi normal kami menganjurkan masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi,” kata Anies Ahad, 15 Maret 2020.

Anies mengatakan, dengan begitu masyarakat dapat menggunakan moda transportasi lain yang minim penyebaran Covid-19 seperti kendaraan pribadi. Kebijakan itu, kata Anies, mulai berlaku hari ini. “Mulai Senin besok akan berlaku,” kata Anies.

2. Batasi Operasional Transjakarta

5 Kebijakan Transportasi Anies Baswedan Cegah Sebaran Corona© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO fotoPetugas membersihkan interior bus TransJakarta tipe Royaltrans di Pool Bus TransJakarta, Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020. Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan pencucian bus menggunakan cairan disinfektan khusus saat sebelum dan sesudah bus beroperasi. ANTARA

Anies memutuskan membatasi operasional bus Transjakarta. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Nadia Diposanjoyo menuturkan, operasional bus transjakarta dimulai pukul 06.00-18.00 WIB.

"Untuk senin besok 16-30 Maret 2020 layanan transjakarta hanya beroperasi di 13 rute dengan headway 20 menit, dengan waktu operasional mulai pukul 06.00-18.00 WIB," kata Nadia dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 15 Maret 2020.

Nadia menyebut, seluruh layanan non koridor (non BRT), royaltrans, dan mikrotrans ditiadakan.

Berikut 8 rute bus Transjakarta yang beroperasi pada 16-30 Maret 2020:

1. Blok M-Kota

2. Pulo Gadung 1-Harmoni

3. Kalideres-Pasar Baru

4. Pulo Gadung 2-Tosari

5. Kampung Melayu-Ancol

6. Ragunan-Halimun

7. Kampung Rambutan-Kampung Melayu

8. Lebak Bulus-Harmoni

3. Operasional MRT Dipangkas

5 Kebijakan Transportasi Anies Baswedan Cegah Sebaran Corona© Disediakan oleh Tempo.coPetugas memeriksa suhu tubuh penumpang sebelum menaiki kereta MRT setelah dua warga Depok terinfeksi virus corona di Jakarta, 5 Maret 2020. REUTERS/Willy Kurniawan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona alias Covid-19, jumlah penumpang yang berada di stasiun MRT akan dibatasi. Tak hanya itu, pembatasan juga akan dilakukan untuk jumlah penumpang dalam tiap gerbong kereta MRT.

“Tujuannya adalah mengurangi potensi interaksi yang dekat yang ada potensi penularan,” kata Anies pada Ahad, 15 Maret 2020.

Menurut Anies, gerbong kereta MRT yang mulanya dapat diisi sampai 300 orang per gerbong akan dibatasi menjadi 60 orang setiap gerbongnya. Di setiap pintu masuk stasiun MRT, lanjut Anies, Pemprov juga akan menyediakan petugas pemeriksa suhu para penumpang.

“Bagi mereka yang ditemukan memiliki suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius, akan ditempatkan di ruang tertentu untuk ditangani lebih jauh,” kata Anies.

Jadwal keberangkatan kereta MRT yang mulanya setiap 5-10 menit akan diubah menjadi setiap 20 menit. MRT yang biasanya beroperasi dengan16 rangkaian kereta setiap harinya, akan dipotong menjadi 4 rangkaian saja. “Waktunya yang semula pukul 05.00 pagi sampai pukul 24.00, sekarang berubah hanya pukul 06.00 sampai pukul 18.00 sore,” kata Anies.

5. Operasional LRT Dibatasi

Selanjutnya, untuk LRT, Pemprov memotong waktu keberangkatan tiap kereta dari semula setiap 10 menit menjadi 30 menit. Waktu operasinya yang semula dari pukul 05.30 sampai dengan pukul 23.00 diubah menjadi pukul 06.00 sampai jam 18.00.


“Ini semua dilakukan seiring dengan arahan kita untuk penduduk Jakarta, warga Jakarta mengurangi secara signifikan kegiatan di luar rumah. Kami benar-benar berharap ini kita kerjakan sama-sama,” ujar Anies.



Spoiler for Sumber:




profile-picture
MTantra memberi reputasi
kebijakan blunder semua logikan semakin dibatasi semakin menumpuk semakin besar juga kesempatan virus menyebar ini gubernur lulusan mana ya?
Lihat 1 balasan
ya bagus juga
Kebijakan Govlog oleh Gubernur Govlog
profile-picture
furlongcath memberi reputasi
yang kebijakan nomor 2 benar2 parah..

tadi pagi aaya berangkat kerja sampai muntah ke jalan yg ngantri busway.

per 20menit busway datang itu benar2 ngotak gak sih bikin kebijakan kaya gitu. dan endingnya terpaksa harus naik ojol drpd harus ngantri..

anis oh anis geram saya kamu buat.
profile-picture
furlongcath memberi reputasi
Kebijakan yang sangat goblok bin bebal. Itu malah bikin manusia menumpuk dan terkonsentrasi. Akibatnya penularan malah bisa tinggi. Social distance gak berjalan kalo kebijakan kayak gini.
Transport jangan dibatasi, agar tidak terjadi konsentrasi massa. Agar transport umum bisa lowong, sehingga konsentrasi massa bisa diurai. Social distance berjalan.

Ini namanya mempercepat penyebaran corona.
Diubah oleh greengeckoijo1
malah numpuk tadi ane liat, banyak antrian deket2an emoticon-Ngakak
Quote:


Yang sabar ya, gan... moga Gubernur mendengarkan. 🙏
contoh ketololan yang paling hakiki...

mau cari panggung biar keliatan kerja ya pak gabener?
bikin kebijakan yang pinteran dikid lah, goblok emang gratis, cuma ngga perlu juga lu borong semua nya, sisain lah dikid buat yang laen.
Ganti kebijakan jadi kebodohan, trims emoticon-Shakehand2
yaelah nis. barus di puji dikit aj udah bikin ulah lagi

ke ge eran sih
Kok malah aneh ya utk kebijakan transportasi
Udh dibener penumpang di batasi, harusnya lebih di perbanyak perjalanan nya
Ga takut numpuk apa orang di halte
Cuma orang goblok yg percaya sm kemunafikan si anies. D satu sisi dia kurangi konsentrasi massa dgn liburin sekolah dan kurangi angkutan umum. Tp d sisi lain kegiatan maulid, haul, sm tabligh akbar masih boleh d gelar d jakarta.....

Parahnya ada yg tabligh yg mo d hadiri sm anies.... emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

Jakarta mo d bikin kaya acara tabligh akbar d Petaling Malaysia
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
kebanyakan teori, prakteknya jeblok seperti biasa.emoticon-Cape d...
nanggung amat wand
kaya tokai yg udeh diujung
5 Kebijakan Transportasi Anies Baswedan Cegah Sebaran Corona
ya armadanya ditambah dong, bus karyawan pns, truk pol pp, dipakai semua buat angkutan umum.

itu duit operasional gubernur dipake, gaji tgupp dipake, sewa truk dan bus swasta buat tambahan armada. biar penumpang gak padet

gitu aja otaknya gak jalan sih, wan jembud
emoticon-Cape d...
Diubah oleh kureno23q
ibarat cari panggung......eh malah nari monyet.
ganjil genap ditiadakan, transportasi umum malah dibatasi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
entah dimana otaknya si anus ini emoticon-Marah emoticon-Lempar Bata emoticon-Marah emoticon-Lempar Bata


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di