CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6edd2e82d4956f225be788/5-alasan-kenapa-daun-pisang-baik-untuk-membungkus-makanan

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan


Kamu pasti sering kan menyantap kuliner khas Indonesia, baik makanan berat ataupun jajanan pasarnya, yang dibungkus atau dialasi dengan daun pisang? Ini dia manfaat daun pisang yang mesti kamu ketahui. Mau beli gado-gado, dibungkus pakai daun pisang. Beli nagasari, dibungkus pakai daun pisang juga. Sebenarnya kenapa sih dari semua daun harus daun pisang yang paling sering dipakai untuk membungkus atau mengalasi hidangan makanan? 

Menurut Wikipedia, daun pisang sering digunakan karena bentuknya yang lebar, fleksibel, dan bisa digunakan sebagai hiasan. Makanya wajar banget kalau banyak yang menggunakan daun pisang untuk memasak, membungkus makanan, dan sebagai alas saat menghidangkan makanan. Daun ini memang populer, apalagi di daerah-daerah tropis dan subtropis. 

Selain dipakai buat masak-memasak, daun pisang juga kerap digunakan sebagai dekorasi rumah. Bakal cocok banget kalau kamu ingin membangun konsep rumah tropis. Dijamin suasana tropikal makin kental kalau ada dekorasi daun pisang deh.  

Liwet Tidak Bakal Lengkap Tanpa Daun Pisang

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Nasi liwet (sumber: inovasee.com)


Pernahkah kamu ikut makan liwet? Makan bersama-sama dengan hidangan nasi dan lauk-pauknya yang digelar di lantai dengan menggunakan daun pisang? Makan liwet bisa mengeratkan kedekatan satu sama lain loh, karena kita jadi bisa saling berbagi tanpa pandang bulu. Cerminan makhluk sosial banget kan? 

Balik lagi soal daun pisang, makan liwet tidak bakal lengkap tanpa daun pisang. Yap, beberapa daerah di dunia memang mempunyai tradisi makan bersama-sama di lantai dengan daun pisang, seperti India dan Indonesia. Sejak dulu, penggunaan daun pisang memang sudah turun temurun dari nenek moyang kita. Dan entah mengapa setiap makanan yang dibungkus dengan daun pisang jadi memiliki cita rasa khas tersendiri. Liwet yang tadinya sudah enak, bakalan lebih enak lagi kalau ada sentuhan daun pisang. Percaya? Daripada penasaran, mendingan cobain deh.
Daun Pisang untuk Alas Makan

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Gado-gado dengan alas daun pisang (sumber: id.tastemade.com)



Masih memiliki korelasi dengan pembahasan di atas, sejah dahulu kala, nenek moyang memang menggunakan daun pisang sebagai alas makan sebelum adanya piring. Bahkan sampai sekarang, daun yang satu ini masih sering digunakan sebagai wadah makanan. Memang deh, daun pisang tidak bakal hilang ditelan zaman.
Bahkan di restoran mewah sekali pun masih banyak yang menggunakan daun pisang untuk alas makanan loh. Padahal sudah banyak piring-piring dengan bentuk yang super keren dan modern. Akan tetapi daun pisang masih menjadi juaranya. 
Daun Pisang untuk Membungkus Makanan

5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Jajanan pasar (sumber: baligetaway.co.id)


Kalau kita bicara soal kuliner Indonesia memang tidak bakal ada habisnya. Berbagai macam jenis makanan mulai dari makanan berat sampai makanan ringan, makanan yang manis, gurih, sampai yang pedas, semuanya ada dan pastinya nikmat banget. Bentuk makanan dan cara pengemasannya pun berbeda-beda loh. Termasuk yang dibungkus dengan daun pisang.
Saat pergi untuk membeli jajanan pasar, di sana banyak pedagang yang menjajakan  berbagai jenis kue tradisional khas Indonesia. Uniknya, hampir semua kue dibungkus dengan daun pisang. Coba deh kita sebutkan satu per satu. Ada nagasari, lontong, arem-arem, tapai, dan masih banyak lagi. 
Manfaat Daun Pisang Sebagai Pembungkus Makanan

Kalau tadi kami sudah membahas soal penggunaan daun pisang di kehidupan sehari-hari, sekarang saatnya kami membahas seputar manfaat daun pisang. Ternyata ada segudang manfaat yang berguna banget buat kesehatan kamu loh. Sayang banget kan kalau kekayaan manfaat yang dimiliki daun pisang belum kamu ketahui. Langsung saja kita lihat sama-sama. 
1. Menjaga kesehatan tubuh kamu
Kok bisa? Bukannya yang bisa menjaga kesehatan tubuh itu biasanya vitamin atau suplemen tubuh ya? Jangan salah, daun pisang juga bisa menjaga kesehatan tubuh kamu loh. Di dalamnya terdapat senyawa nabati yang disebut dengan polifenol. Senyawa ini juga ditemukan dalam teh hijau. Pada dasarnya, polifenol adalah antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas dan mencegah datangnya penyakit.
Makanan yang dibungkus dengan daun pisang akan menyerap polifenol yang ada di bagian daun. Dari situ kemudian kamu mendapatkan manfaat nutrisi. Selain itu, daun pisang juga dipercaya memiliki sifat anti-bakteri yang mampu membunuh semua kuman di dalam makanan. Jadinya bisa mengurangi kemungkinan kamu jatuh sakit.  
2. Memberikan cita rasa yang khas pada hidangan makanan
5 Alasan Kenapa Daun Pisang Baik untuk Membungkus Makanan

Gudeg dengan alas daun pisang (sumber: bookmundi.com)


Seperti yang sudah kami bahas di atas, tanpa kamu sadari, makanan yang dibungkus dengan daun pisang akan memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Ternyata di bagian lembaran daun terdapat semacam lapisan lilin yang memiliki aroma khas. Ketika makanan yang masih panas dibungkus atau disajikan di atas daun pisang, maka lapisan lilin akan mencair dan mampu meningkatkan cita rasa makanan yang bakal kamu santap.
3. Ramah lingkungan banget

Manfaat daun pisang yang berikutnya adalah ramah lingkungan. Maraknya penggunaan plastik di kalangan masyarakat tentunya semakin memperburuk keadaan lingkungan. Plastik membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai loh. Bayangkan kalau ada banyak plastik yang belum terurai, pastinya sampah semakin menumpuk. 
Balik lagi soal daun pisang, mereka tidak hanya terurai dalam waktu yang singkat, tetapi kamu juga bisa menghemat waktu dan usaha ekstra yang dibutuhkan untuk mencuci piring. Ditambah lagi, ada fakta kalau sabun cuci piring itu mengandung bahan kimia. Kalau masuk ke air tanah, bisa membahayakan permukaan air dalam jangka yang panjang. 
Bukan berarti kamu harus benar-benar meninggalkan wadah makan yang sekarang kamu gunakan. Tapi tidak ada salahnya untuk mulai mengurangi penggunaan plastik dan bahan kimia yang bisa mencemari lingkungan. Dimulai dari diri sendiri dan rasakan perubahan positif yang kamu dapatkan nantinya.    
Bukan berarti kamu harus benar-benar meninggalkan wadah makan yang sekarang kamu gunakan. Tapi tidak ada salahnya untuk mulai mengurangi penggunaan plastik dan bahan kimia yang bisa mencemari lingkungan. Dimulai dari diri sendiri dan rasakan perubahan positif yang kamu dapatkan nantinya.    
Sekarang kamu jadi tahu kan apa saja manfaat daun pisang. Ternyata banyak banget! Tidak heran banyak makanan khas Indonesia menggunakan daun ini sebagai pembungkusnya. Dari semua makanan yang dibungkus atau dialasi dengan daun pisang, manakah yang menjadi favoritmu.

Ikuti Pollingnya Disini Yuk




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di