CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
[Curhat] Kalau Baca Dijamin Pengen Jualan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6e5f61f4d695316b5b9497/curhat-kalau-baca-dijamin-pengen-jualan

[Curhat] Kalau Baca Dijamin Pengen Jualan

Di tahun 2009 adalah catatan sejarah dimana gue yang notabene adalah seorang pemalu berhasil berjualan face to face pertama kalinya.

Oke... Lo yang nganggap jualan itu mudah.... Ya lo bener tapi naklukin nyalinya itu gak gampang cuy. Disaat lu mau mulai rasanya itu berat banget. Kayak ada sensasi dimana lu bakalan jadi pusat perhatian, feelnya itu kayak ketahuan melakukan kesalahan yang benar-benar fatal padahal niatnya jualan.

Back to topic, gue jualan apa? Es lilin cuy lu bayangin.... Gue gak mau bahas itu produk di tahun 2009 kenapa masih ada karena ada faktor X yang bakalan gue jelasin nanti. Tapi gue mau cerita dari awal dulu.

Awal cerita gue terpaksa pindah sekolah kemudian karena gue balik ke kampung halaman. Walaupun itu tahun 2008 gue kayak melintasi dua zaman. Karena kemajuan teknologi di kampung halaman gue bener-bener ketinggalan men.

Lu bayangin aja listrik baru masuk ditahun 2007, artinya barang-barang elektronika masih belum lengkap. Masih jamannya radio tau gak dan keluarga gue yang pindahan dari daerah yang sudah sedikit maju memiliki elektronika pada masanya.

Akibat kejadian pulang kampung, ekonomi keluarga gue hancur. Dan gue yang awalnya tinggal minta ke orang tua terpaksa gigit jari dengan kekurangan yang ada. But its ok! Jajanan yang menggiurkan nyaris gak ada.

Tapi tetep gue butuh duit juga.

Singkat cerita gue lagi nyari-nyari barang digudang dan ketemu sama yang namanya plastik es lilin. Wow harta karun buat gue saat itu. Gue punya kulkas dan ada plastik es lilin, tunggu apa lagi, karena kebutuhan gue akan duit ya gue mulai ngumpulin duit jajan gue dan boom gue beliin susu. Kalau gue kalkulasikan modal gue saat itu hanyalah 10.000 diluar biaya listrik. Keluarga gue ngedukung dan gue mulai praktekin bikin tuh adonan es lilin.

Gak ada varian lain hanya rasa susu. Setelah semua gue masukin ke kulkas. Gue mulai menunggu malam. Dan di malam hari berbagai pikiran menghantui cuy...!

"es gue bakalan laku kagak ya?"
"enak kagak ya?"

Ditambah keyakiann gue mulai goyah. Gak sadar gue ketiduran. Dan di pagi hari booom! Gue bener-bener hilang keberanian. Tapi ada temen gue yang ngeyakinin dan bantu dorong motivasi gue.

Sampai disekolah, jujur gue bener-bener gak tau apa yang musti gue lakukan. Gue taruh tu termos dan masuk ke kelas. Hingga pelanggan pertama datang. Nyamperin cuy! Ya karena dia tahu itu barang dagangan gue. Gue jual per bijinya 500 rupiah. Dan keuntungan gue dihari pertama adalah 40.000 artinya gue berhasil menjual semua es gue. Gue juga heran....

Tapi, yang lu harus tau.... Jualan itu memiliki sensasi dan kebanggaan ketika lu berhasil jual produk ke konsumen. Inget itu baik-baik mangkanya gue ampe sekarang masih jualan meskipun kerja karena sensasi itu gak bisa gue dapat ketika gue nerima gaji yang jauh lebih gede dari keuntungan gue.

Gue mau bedah kenapa jualan gue laku keras.
Hal itu berkaitan dengan pemanfaatan peluang. Sederhananya... Kondisi pasar saat itu memungkinkan untuk menerima produk gue.

Lama kelamaan gue semakin menekuni dunia bisnis dan Tuhan memberi gue jalan hingga waktu gue SMK dijodohin tempat prakerin program entrepreneur marketing online di Cengkareng Jakbar
Quote:


Jujur, terjun langsung kelapangan mampu membuat kita menguasai pasar yang sulit, makanya masih banyak perusahaan yang mengandalkan sales marketing. Habis itu tinggal asah kemampuan yang menyesuaikan zaman.

Inget, teori juga perlu... Jadi jangan enggan mempelajari ilmu ekonomi dan komunikasi karena dalam jualan itu adalah modal paling utama.

Sekarang, gue ngerasa mudah untuk mencapai kesepakatan dengan konsumen. Ujungnya gue udah naik ketahapan client. Ekspansi bisnis itu perlu... Dan inget, klien adalah manusia dan pembisnis artinya keutuhan hubungan bisnis ada pada cara lo melukis image lo dihadapan klien lo.

Kesimpulannya : Taklukan diri sendiri sebelum menaklukan orang lain

Thanks....emoticon-Rate 5 Star
Thanks to Pay&DoIt! atas terlaksananya program itu hingga sampai sekarang.
lu jadiin ini sbg ajang bisnis ? whhaaattss ? emoticon-Cape d...
Quote:


kok bisnis? ane kan ngucapin mksh ganemoticon-No Hope


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di