CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengalaman Tes Virus Corona di RS di Jakarta, Biayanya Rp 700 Ribu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6e5e10af7e93318951a200/pengalaman-tes-virus-corona-di-rs-di-jakarta-biayanya-rp-700-ribu

Pengalaman Tes Virus Corona di RS di Jakarta, Biayanya Rp 700 Ribu

Virus corona sudah masuk di Indonesia. Dua warga Depok tertular oleh WN Jepang dalam sebuah pesta dansa di sebuah restoran di Jakarta. Di luar negeri pun kasus corona mencapai ribuan.

Hal ini menyebabkan masyarakat di Tanah Air meningkatkan kewaspadaan. Salah satu caranya adalah dengan deteksi dini berupa melakukan tes corona ke rumah sakit rujukan sepulang dari luar negeri.

Seperti yang dilakukan Natali, warga Jakarta yang baru saja mengunjungi beberapa negara di Eropa. Begitu mendarat di Jakarta akhir pekan lalu, dia berinisiatif untuk tes virus corona.
Tes dilakukan di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, salah satu RS rujukan corona.

Sebagai informasi, Natali yang menguji ini dalam keadaan sehat. Tidak pilek, demam, batuk ataupun sesak napas.

Kepada kumparan , Natali menceritakan proses tes virus corona yang dijalaninya di RSUP Persahabatan.

Tes corona di RSUP Persahabatan dimulai dengan registrasi. Di sana sudah ada 13 orang yang lebih dulu mengantre.

"Terus saya tanya tes ini bisa ditanggung asuransi atau BPJS enggak. Enggak bisa, udah aturannya demikian, kata pihak rumah sakit," jelas Natali, Rabu (4/3).

Natali menjelaskan, biaya uji corona sebesar Rp 700.000. Karyawati swasta ini harus mengeluarkan kocek pribadi untuk membayar ongkos tersebut.

Uji corona berupa tes darah, rontgen dada/ thorax , dan terakhir konsultasi dokter. Natali menyebut tidak ada tes usap tenggorakan ( swab) seperti yang biasa dilakukan pada pasien yang dicurigai terpapar corona.

Hal ini, kata Natali mengutip penjelasan petugas medis, karena dia tidak memiliki gejala mirip corona seperti pilek, demam, dan sesak napas.

Natali menceritakan, mereka yang mendaftar untuk tes corona dibagi menjadi dua kelompok, yaitu yang demam atau pilek dan yang tidak.

"Jadi yang demam dan pilek sama yang enggak, dipisah gitu," jelas dia.

Hasil dari tes ini keluar hari ini juga. Tepatnya 3 sampai 4 jam setelah proses rontgen selesai.

"Hasilnya harus diambil hari ini juga. Terus langsung konsultasi dokter. Enggak bisa diambil besok," jelas Natali.


BPJS Kesehatan Tak Menjamin

Sementara itu, dalam akun Twitternya, BPJS Kesehatan menyebut pihaknya tidak mejamin biaya terkait kasus
virus corona .

"Penyakit corona tidak dijamin BPJS Kesehatan karena masuk ke penyakit yang dapat menimbulkan wabah.
Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020," tulisnya.

"Segala bentuk pembiayaan dalam rangka upaya penanggulangan ditanggung Kemenkes, Pemda, dan atau sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," lanjut BPJS Kesehatan.


SUMBER : https://m.kumparan.com/kumparannews/...bu-1sxUDNwntNz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
gara2 ini kan makanya kemarin anis bilang untuk menggratiskan biaya tes korona


entah kenapa statemen anis ini malah di bully sama buzzer disini, padahal memang ada kejadian riil dilapangan dan setelah anis bilang begitu langsung gratis semuanya. mungkin buzzer disini perlu check informasi lebih mendalam biar ga bikin pembaca macam saya jengah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Kalo masi disuruh bayar sekarang ya udh gk usah periksa biar kita jd carrier aje rame2 biar sama sama metongemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mumetendasku dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Di Surabaya gratis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Quote:


Gak usah ke RS kalau batuk gak demam tinggi. Dari yang gak corona bisa corona gan, karena di RS kemungkinan lebih besar. Apalagi kita gak tau tenaga medis udah ketemu pasien yang seperti apa aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:


ane curiga tes yang ini sebetulnya bukan tes spesifik untuk corona
tapi tes infeksi secara umum

emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
di suruh bayar sendiri 700rb??

kebangetann...

di jamin para calon suspect milih ga periksa dah..

liat ni pas di gratisin..pasti lngsng melonjak angka suspect nya..

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan stuckonyou32 memberi reputasi
Diubah oleh suryahendro
kalo positif dibayarin menkes, negatif bayar sendiri, kayanya gitu ya...
harusnya ini tuh tes untuk kepentingan pemerintah dan di gratis kan.. dan harusnya dilakukan random sampling bukan berdasar riwayat perjalanan lagi, karena udah susah nge trace nya...
Kalo bisa malah, Indonesia bikin sendiri lah test kit nya, mungkin bisa kerjasama ama swasta... Harus bersatu lah untuk kaya ginian...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh capcayster
Lihat 1 balasan
langkah yang baik dari natali dalam meningkatkan kewaspadaan. Salah satu caranya adalah dengan deteksi dini berupa melakukan tes corona ke rumah sakit rujukan sepulang dari luar negeri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
selama bukan pake teskit reagen spesifik covid-19 ya bukan test covid-19..

nepu konsumen itu RS kalo bilangnya itu tes covid-19.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 16 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah disini juga kelemahannya, harusnya ada RS khusus corona, yang emang SOP nya udah pasti beda dan bener2 dipisahkan lah.. menurut ane sih, minimal beli lah 1 gedung untuk dijadikan rs darurat..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau suruh tes COVID-19 BAYAR 700.000 Mana ada mau yang dateng periksa tes COVID-19


Jumlah yang sakit di warga bukan nya makin meledak kalau seperti itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Di tit kemaren kaanya ditanggung pemprov dki.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 2 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:

Justru salah langkah,
dia ga merasakan gejala apapun ya jangan deketin RS, apalagi RS rujukan corona. Apalagi tesnya tes umum begitu. Ga worth it.

Kecuali kalo udah ada pemeriksaan model drive thru macem di korea.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Setelah periksa, jangan lupa beli masker 300ribu/box emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh entecavir
Lihat 1 balasan
mungkin, pasien corona yg kabur kemarin takut ditampar nota pembayaran..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Di RSPAD 1jt kalo ga salah
profile-picture
mows memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lihat 1 balasan
yah udah lah jokowi... udah hilang respek ke antum.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ueki19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di