CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6e4cc765b24d577e309e20/ri-bakal-krisis-ekonomi-kalau-jakarta-lockdown-kok-bisa

RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?

RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?

RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?

RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?

RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?

Jakarta - Usulan lockdown Jakarta menjadi perbincangan di tengah mewabahnya virus corona di Indonesia. Berbagai negara pun telah melakukannya untuk menekan angka penularan virus dari China ini.

Namun, dampak melakukan lockdown di Jakarta cukup besar ke perekonomian. Peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksi Indonesia bisa terkena krisis ekonomi apabila Jakarta diisolasi.

"Indonesia bisa krisis karena lockdown di Jakarta," tegas Bhima kala dihubungi detikcom, Minggu (15/3/2020).

RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?

Dia menjelaskan sejauh ini 70% pergerakan uang dalam perkonomian nasioanl berada di Jakarta. Akan sangat beresiko bila aktivitas perekonomian di Jakarta lumpuh karena melakukan lockdown di Jakarta.

"70% uang juga berputar di Jakarta, ada bursa efek, ada bank sentral. Terlalu beresiko kalau kita mengambil langkah lockdown," kata Bhima.

Belum lagi pasokan bahan baku pokok bagi masyarakat Jakarta akan terhambat, utamanya pangan. Sejauh ini Jakarta mengandalkan pasokan pangan dari luar daerah.

"Arus barang yang masuk juga terganggu. Jakarta mengandalkan sebagian besar bahan pangan dari luar daerah," papar Bhima.

RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?

Sementara itu Jakarta juga menyumbang 20% angka inflasi nasional. Kalau barang langka di Jakarta dan berujung pada kenaikan harga secara lokal, maka angka inflasi nasional bisa saja terkerek hingga 6%.

"Sementara Jakarta menyumbang 20% total inflasi nasional, kalau barang susah masuk, terjadi kelangkaan pastinya inflasi nasional akan tembus diatas 4-6%. Yang rugi adalah masyarakat sendiri," kata Bhima.
Lockdown

☆☆☆☆☆

Saling Tuding, Sombong, Takut

Indonesia adalah bagian dari peradaban dunia. Indonesia bukanlah negara antah berantah yang tak punya hubungan dengan negara-negara lain di dunia. Indonesia juga bukan negara yang warganya kebal senjata, kebal penyakit, dan bukan juga keturunan highlander. Jadi jika ada sebuah wabah diluar sana terjadi, tak pernah ada kata mustahil andai wabah itu bakal mengetuk pintu negara kita. Tak perlu kata permisi lagi. Begitu dia memaksa masuk, maka ibarat harimau yang kelaparan masuk kedalam rumah, seisi rumah akan kalang kabut dibuatnya tanpa bisa berpikir jernih lagi.

Indonesia masih terpecah paska pilpres? Ya. Bahkan sekarang isu Covid-19 jadi senjata untuk dimainkan menodong lawan, mantan lawan, atau bahkan calon lawan.

Ada yang bekerja dalam diam, dimaki. Ada yang tak bekerja dalam diam, dipuji. Ada yang kerja tanpa banyak omong, dicaci. Ada yang tak bekerja tapi banyak omong, disanjung. Tapi Corona seperti tak peduli. Dia mengintai siapa saja, ummat apa saja, masyarakat seperti apa saja. Tak peduli mereka saling serang, sehingga melupakan malaikat kematian datang.

Jika ada yang patut dipersalahkan dalam hal ini, maka yang paling layak dipersalahkan adalah KESOMBONGAN. Siapa yang sombong? Kita. Kita sebagai warga +62 terlalu sombong dalam menilai Covid-19. Kita sombong seolah sebagai masyarakat muslim terbesar di dunia, Indonesia pasti akan dijauhkan dari wabah ini. Kita sombong dengan tertawa diatas penderitaan bangsa lain. Kita sombong dengan menghakimi bangsa lain. Kita sombong seolah Covid-19 adalah pelindung kita yang dikirim Tuhan Semesta Alam untuk melindungi kita. Kita sombong terlalu percaya diri akan iklim tropis kita. Kita sombong dengan hasil alam dan rempah-rempah kita. Kita sombong karena justru sibuk dengan urusan lain yang akan sia-sia tak berguna. Kita sombong karena memang warga +62 terkenal sombong. Dan kesombongan itu didengungkan oleh para pejabat kita, para pemuka agama kita, bahkan oleh rakyat jelata. Lalu masihkah kita mau saling tuding jika kesombongan itu nyatanya ada di diri kita masing-masing?

Covid-19 tak peduli seseorang makannya bagaimana, apa yang dimakan, apa doa makannya. Covid-19 juga tak peduli seseorang siap mati atau tidak. Merasa berjihad atau tidak. Menjadi syahid atau tidak. Toh nyatanya kepanikan itu ada, ketakutan itu ada, sampai semua yang yang kemarin-kemarin menyebarkan kesombongan kini diam tak bersuara. Kemana mereka? Bersembunyi dalam ketakutan?

Krisis Ekonomi

Wabah Covid-19 tak pelak telah memukul perekonomian dunia. Bukan hanya Indonesia. Semua sektor dibuat tak berdaya. Ekspor Impor macet yang mengakibatkan pasokan apapun ke sebuah negara terhambat. Pariwisata lumpuh. Perbankan kolaps. Transportasi mulai oleng. Dan hal ini bisa menyebabkan krisis multi dimensi seperti tahun 98. Lantas siapkah Indonesia? Pasti siap. Indonesia bukan negara cengeng. Indonesia bukan negara yang warganya tak bisa makan apa-apa. Tapi bukan berarti Indonesia ingin resesi ekonomi terjadi. Dampaknya terlalu besar. Dan Indonesia terlalu berbeda dengan negara lain. Disini, apapun bisa dijadikan komoditas politik. Jadi ajang balas dendam. Jika hal ini terjadi, maka akan ada gonjang-ganjing pemerintahan. Dan itu pasti!

Tapi jika kita menilai hal ini mirip dengan 98 pun tak selamanya benar, sebab rupiah masih stabil. Harga barang-barang kebutuhan sehari-hari masih stabil. Sembako masih aman harganya dan masih terjangkau. Lantas, siapkah Indonesia lockdown? Indonesia? Oh, terlalu luas bicaranya. Karena wabah Covid-19 belum merata penyebarannya di Indonesia. Masih terpusat pada beberapa kota besar, dan nama Jakarta termasuk.

Jakarta Lockdown

Haruskah Jakarta lockdown? Itu pertanyaannya. Jika Jakarta lockdown, apa dampaknya yang paling besar? Berapa lama Jakarta harus lockdown? Dan jika Jakarta lockdown, bagaimana dengan wilayah penyangga ibukota seperti Bogor, Bekasi, Banten, Depok? Lumpuh juga kah? Ini semua adalah pertanyaan lanjutan. Dan pertanyaan terakhir yang paling penting, jika Jakarta sampai lockdown, siapa yang patut dipersalahkan? Pemerintah pusat atau pemerintah daerah?

Banyak yang memperkirakan, jika Jakarta lockdown, maka Indonesia akan lumpuh. Itu tidak selamanya tepat. Tapi jika Jakarta lockdown, jelas warga Jakarta yang akan lumpuh, sebab kebutuhan sembako warga Jakarta dipasok dari luar. Barang-barang di gerai-gerai akan habis dengan cepat. Sementara masyarakat diluar Jakarta, yang jauh dari Jakarta akan tetap aman. Masih banyak pintu masuk barang dari luar, seperti Surabaya. Tinggal warga Jakarta yang menangis.

Lalu berapa lama Jakarta harus diisolasi? Akankah pengisolasian total Jakarta bisa meredam Covid-19? Jawabannya MUSTAHIL! Warga Jakarta itu ndableg! Mereka sulit diatur. Masyarakat Jakarta akan tetap wara-wiri kesana kemari meskipun didalam kota. Mereka akan tetap berkumpul. Kenapa? Ah, jangan dibahas. Bakal ada yang tersinggung nantinya. Bisa-bisa TS dimaki-maki dengan ocehan SARA.

Mungkin ada beberapa bidang perekonomian yang lumpuh. Bersyukurnya, kini jamannya digital. Semua serba digital. Ambil uang ke bank tak perlu harus antri. Tinggal klik lewat smartphone beres. Namun tetap saja masyarakat tak bisa membeli apa-apa, karena pergerakan manusia didalamnya juga terbatas. Siapa kurir yang mau kesana kemari mengirim barang belanjaan ditengah kota yang sedang diisolasi total?

Terakhir. Setelah Jakarta menjadi pusat pandemi wabah Corona, banyak orang yang melupakan peran seseorang. Orang ini hanya disorot saat pandemi sudah berjalan, tapi tak pernah disorot saat awal pandemi datang. Dan dia mendapat panggung serta tepuk tangan. Seolah menjadi hero. Menjadi penyelamat masyarakat. Padahal sebenarnya dialah yang paling bertanggungjawab mengenai wabah Corona di Jakarta. Entah apa maksud dari beberapa media, orang ini justru dijadikan headline sebagai pahlawan. Setelah gelar pahlawan disandang, maka lunturlah segala kesalahannya. Hilang lenyap segala permasalahan yang tengah membelitnya. Secepat Corona menginfeksi seseorang, maka dia akan menyebar kemana-mana. Secepat sosmed berbicara, maka gaung seragam tiba-tiba bermunculan.

Nah, sekarang dia tengah berhitung untung ruginya melockdown Jakarta. Selain dia berhitung demi masyarakat Jakarta, dia juga pastinya berhitung demi dirinya pribadi. Demi masa depan karir politiknya.

Jakarta siap? Kita tunggu sama-sama.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
bsshhsvebsj dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh i.am.legend.
Halaman 1 dari 6
Berita tambahan.

Ekonom Tolak Lockdown: 70% Uang Berputar di Jakarta

Jakarta - Peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menolak apabila Jakarta melakukan lockdown alias isolasi wilayah. Bhima menyebutkan 70% pergerakan uang nasional berada di Jakarta.

Mulai dari bursa efek hingga bank sentral pun berada di Jakarta. Bhima menyimpulkan bahwa langkah lockdown terlalu beresiko, karena aktivitas ekonomi akan berhenti.

"70% uang juga berputar di Jakarta, ada bursa efek, ada bank sentral. Terlalu berisiko kalau kita mengambil langkah lockdown," kata Bhima kepada detikcom, Minggu (15/3/2020).

RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?

Skenario terburuk menurut Bhima, bisa saja Indonesia krisis ekonomi apabila Jakarta melakukan lockdown.

"Indonesia bisa krisis karena lockdown di Jakarta," ungkap Bhima.

Dari catatan detikcom, berdasarkan kamus Bahasa Inggris, lockdown artinya kuncian. Maksudnya, negara yang terinfeksi virus corona mengunci akses masuk dan keluar sebagai pengamanan ketat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Lockdown juga dilakukan dengan larangan mengadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang, penutupan sekolah, hingga tempat-tempat umum. Dengan begitu, risiko penularan virus corona pada masyarakat di luar wilayah lockdown bisa berkurang.

Lockdown memiliki arti yang sama dengan isolasi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, isolasi berarti pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia yang lain.
sumber

■■■■■■■

Larangan mengadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Siapa yang mau melarang dan mengawasi andai Jakarta lockdown? Satpol PP?

Yakin tak ada perlawanan dengan dalih ibadah?

Gw koq sangsi. Apa perlu gw upload foto-foto kegiatan yang melibatkan banyak orang di sekitar gw?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh i.am.legend.
Lihat 1 balasan
Bisakah social distancing tanpa harus lockdown?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Ga usah lockdown juga bsk makin parah ihsg ma dollar..

profile-picture
profile-picture
rizaradri dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Covid-19 adalah tentara Allah - sesuai sabda somad
Si kang haram msh WNI, pasti aman lah kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 3 lainnya memberi reputasi
kesadaran masing masing individu kalau mereka sadar untuk tidak berpergian keluar kalau dirasa ga perlu
mungkin ga akan ada lockdown. buat ane sebagai prang introvert ga masalah lockdown karena sudah terbiasa melockdownkan hati dan fisik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Trus gimana solusi buat social distancing? Karena tanpa itu virusnya bakal terus menular menurut ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Nah itu dia. Makanya ane ragu kalo ngandelin kesadaran orang2 Indo buat tetep di rumah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Udah pada teriak2 anies presiden tuh di tuiter, dimana aja rame, tinggal menunggu waktu Indonesia dipimpin Anies Baswedan, siapkah anda emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ane setuju bgt ttg orang2 rakus kekuasaan dan memanfatkan gerakan politiknya di tengah kecemasan dan kepanikan masyarakat...

Mereka tak perduli nyawa masyarakat,yg mereka pedulikan tujuan politiknya jalan terus.
Terlihat kog orang2 tersebut terutama sebuah partai biang gaduh negeri ini.

Sayangnya sebagian masyarakat yg dalam kepanikan dan kecemasannya malah bergantung harapan kepada mereka.

Mereka loh tidak punya apa2 tuk menolong kalian dalam menghadapi wabah corona.
Kalo waras....masih waras
Harusnya kita bergantung kepada presiden dan jajarannya ke bawah.
Hanya merekalah yg punya power,dana dan segala kebutuhan tuk menghadapi wabah ini.


Selain doa minta pertolongan Tuhan.
Berharap dan percayakan bahwa pemerintah mampu meredam wabah ini.
Selebihnya mari kita bahu membahu menebar inpo positip ttg wabah ini.
Ini teguran dari Tuhan.
Bahwa menjadi manusia itu tidak boleh sombong.
Tentang apapun.
Makhluk sekecil ini aja mampu memporak porandakan manusia di bumi.
Yuk...kita bersatu dan bahu membahu saling tukar inpormasi kebaikan tuk menghadapi wabah sialan ini...emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tinwin.f7 dan 12 lainnya memberi reputasi
Quote:


hadapi dulu nih wabah...emoticon-Leh Uga

Kalo udah selesai bolehlah lanjutkan bermimpi...sapa tau jadi kenyataan.emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 5 lainnya memberi reputasi
Kita sombong dengan doa, air wudhu dan ruqyah
Kita sombong dengan empon2
Kita sombong dengsn jamu
Kita sombong dengan nasi kucing
Kita sombong dengan nasi kapau
Kita sombong dengan susu kuda liar
Kita sombong dengan angka statistik dimana yg sembuh jauh lebih banyak dibanding yg meninggal
Kita sombong dengan angka kematian yg rendah
Kita sombong dengan sentimen pileg, pilpres dan pilkada dki sehingga selalu menyalahkan pihak yg tak sepihak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kelayan
Pertanyaan nya apakah utk me lock down suatu kota cukup dengan keputusan pimpinan daerah atau harus ada izin dari presiden? Kalau harus ada izin presiden, ya tinggal kita lihat aja permainan catur nya si wan aibon.. Siapa yang di skak atau men skak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Salviharp
anies kan maunya lockdown biar keliatan care, tegas suasana genting padahal yg kena cuma baru 100an, jadi imam mahdi para kadrun
tapi urusan pangan dan keamanan kan ada di pemerintah pusat dan tni kalo lockdown... jadi sekalian tuh, anies keliatan bercitra, pemerintah pusat yang kerja...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan 12 lainnya memberi reputasi


Ya tinggal diuji aja model ini

https://kawalcovid19.id/content/360/covid-19-mengapa-kita-harus-bertindak-sekarang


Itungan gw
Minggu dpan seribu positif
Minggu dpannya enam ribu
Minggu depannya lagi, 1 april dua puluh ribu

emoticon-Big Grin
Ane kira krisis ekonomi udh sejak bbrp taon yg lalu, corona hanya melengkapi aja spy jd komplit


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
RI Bakal Krisis Ekonomi Kalau Jakarta Lockdown, Kok Bisa?emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kita sombong
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan gabener.edan memberi reputasi
yakin masih mau lockdown setelah dijelasin ahlinya? lagian ga yakin klo jakarta di lockdown orang bakal pada stay di rumah. bakalan banyak yang manfaatin buat liburan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Orang sombong itu dibenci Tuhan ya, apa perlu disentil dulu biar sadar??

Kebiasaan orang indo itu ndableg, susah diatur, sak karepe dewe, tukang nyinyir....

jadi meskipun himbauan itu sdh disampaikan via media namun kembali lagi ke telinga & mata masing2 orang indo, kedua indranya itu masih normal atau sudah budeg bin picek emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di