CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
GM, tapi Wanita?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6d9926a727686af050336d/gm-tapi-wanita

GM, tapi Wanita?

GM, tapi Wanita?

GM atau grandmaster adalah rating tertinggi yang ada dalam dunia Catur. Merupakan gelar yang diidamkan oleh semua pecatur di dunia. Saat ini grandmaster dengan rating tertinggi dipegang oleh GM Magnus Carlsen yaitu dengan Elo rating 2875. Jika anda berselancar internet akan ada banyak grandmaster yang ada didunia ini dan kebanyakan merupakan laki-laki. Tapi taukah anda bahwa ada grandmaster wanita? Grandmaster memang didominasi oleh kaum pria, namun ada juga Grandmaster seorang wanita. Pernahka anda mendengar nama Judit Polgar? Dalam dunia catur Judit Polgar sudah tidak asing lagi. Termasuk dalam orang-orang yang memiliki banyak pengalaman di dunia catur.
Judit Polgar, merupakan grand master kelahiran Hongaria, yang lahir pada tanggal 23 juli 1976. Dia dianggap sebagai pemain catur perempuan terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1991, Polgár memperoleh gelar grandmaster saat masih berusia 15 tahun dan 4 bulan, dan pada masa itu merupakan orang termuda yang memperoleh gelar tersebut dan telah memecahkan rekor mantan juara dunia Bobby Fischer. Pada masanya judit polgar merupakan orang termuda yang masuk dalam daftar 100 besar pemain FIDE dan juga termasuk kedalam peringkat 55 pada januari 1989, yang saat itu masih berusia 12 tahun. Di usianya yang masih sangat muda judit polgar sudah dapat menembut pemain-pemain terbaik dunia dan termasuk kedalam orang-orang dengan permainan catur yang luar biasa. Dia juga merupakan perempuan pertama yang menembus Elo rating 2700 dan puncaknya memperoleh rating 2735 pada tahun 2005.

GM, tapi Wanita?

Judit Polgar
Sumber: chess-DB.com

Dia merupakan pemain yang senantiasa bertengger pada puncak daftar pemain catur perempuan terbaik dunia pada januari 1989 hingga maret 2015. Merupakan waktu yang lama dalam mempertahankan posisnya sebagai pemain perempuan terbaik dunia. Bukan hanya judit polgar, keluarganya, lebih tepatnya kedua kakaknya juga merupakan grandmaster, namun karirnya tidak secermelang Judit Polgar. Pada perjalanan karirnya Judit polgar tidak mengikuti turnamen khusus wanita, apalagi kejuaraan catur wanita. Hal ini lah yang menyebabkan Judit Polgar berbeda dengan pemain wanita lainnya. Kemunculan Judit polgar ini menguatkan argument bahwa wanita juga mampu atau pantas mendapatkan gelar yang sama dengan para laki-laki.
Awal kemunculan Judit Polgar, dia mampu mengalahkan banyak pemain grandmaster lainnya namun ada seorang yang menurutnya berbeda, yang langkahnya sulit untuk prediksi ketika berhadapan diatas papan, ia merupakan Garry Kasparov (sekarang pensiun). Judit Polgar disebut-sebut sebagai anak ajaib
Karena pada usia 5 tahun ia dapat mengalahkan saudara-saudaranya tanpa melihat papan catur. Menurut saudaranya, Susan Polgar, Judit Polgar merupakan anak yang lamban tapi sangat keras dan terlalu obsesif terhadap catur.
Dalam permainan catur tidak semuanya dapat dilalui dengan mulus ada banyak rintangan yang harus dihadapi baik dalam dunia sehari-hari ataupun di atas papan. Dalam perjalanan catur Judit Polgar ia banyak mengalami kegagalan, posisinya sabagai pemain nomor 1 perempuan terbaik didunia pernah direbut oleh pemain Tiongkok Hou Yifan, namun dengan semangat dan obsesinya di catur Judit Polgar dapat merebut kembali posisinya. Sayangnya momen ini merupakan momen terkhir dalam penampilan terakhir dalam Ranking FIDE. Pada 13 Agustus 2014, ia mengumumkan bahwa ia akan mundur dari dunia kompetisi catur. Pada juni 2015 ia terpilih menjadi kapten dan pelatih tim catur laki-laki nasional Hongaria kemudian pada 20 Agustus 2015 ia memperoleh anugerah tertinggi di Hongaria yaitu Salib Agung Ordo Santo Istvan.
Banyak sekali pengalaman yang sudah dilalui oleh GM Judit Porgar, dengan semangatnya ia bisa meraik posisi yang tinggi didalam permainan catur. Ia juga mampu mematahkan pendapat orang-orang bahwa wanita juga mampu untuk meraih gelar tertinggi.
Diubah oleh bcc.ub


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di