CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6cec0cc8393a43de6cbfad/apa-kita-siap-menghadapi-indonesia-lockdown

Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?

Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?
Pic Source

Sebuah thread di twitter yang saya baca baru-baru ini benar-benar menyadarkan pikiran saya.

Kemarin-kemarin saat semua orang ribut meminta pemerintah untuk me-lockdown, alias mengunci dan menutup akses ke dan keluar indonesia demi mengurangi penyebaran wabah pandemik COVID-19 CoronaVirus, hati saya sempat setuju.

Saya berpikir kenapa pemerintah belum juga mengambil jalan ini? Apa harus menunggu sampai banyak orang yang tertular dulu? Apa sih yang mereka pertimbangkan?

Lalu thread yang ditulis oleh akun twitter @queensky021 ini melintas dan seolah menjadi jawaban bagi saya yang sangat berkebatasan dalam pengetahuan di bidang ekonomi, politik, dan sebagainya.

Akan saya rangkum beberapa dampak yang kemungkinan akan disebabkan dari Indonesia Lockdown seperti dijelaskan oleh sang TS.




Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?
Pic Source: Jakarta Globe

1. Maskapai penerbangan akan mengalami kerugian yang amat besar, akibatnya para karyawannya akan dipotong gaji/PHK. Hal ini seperti yang terjadi pada maskapai penerbangan Hongkong Cathay Pasific Airlines yang sudah memberlakukan unpaid leave (karyawan dirumahkan tanpa bayaran) akibat dampak dari korona, travel ban dan lockdown.





Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?
Pic Source: CNBC Indonesia

2. Sektor pariwisata indonesia yang selama ini menyumbang pendapatan cukup besar pada negara akan runtuh. Pendapatan menurun drastis. PHK dimana-mana. Inilah jawaban dari pertanyaan “kenapa harga penerbangan dari dan keluar Indonesia kok malah jadi dimurahkan, didiskon dimana-mana?” Ya karena di sektor pariwisata kita sudah mulai siaga satu, sudah sepi, sedikit pemasukan dan ratusan bahkan mungkin ribuan orang terancam diberhentikan dari pekerjaannya bahkan sebelum indonesia di lockdown. Bisa bayangkan apa yang akan terjadi pada sektor ini dan sektor-sektor lainnya kalau lockdown ini diberlakukan?





Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?
Pic Source

3. Sekolah diliburkan. Kerja diliburkan. Tempat-tempat rekreasi ditutup. Bisa tebak apa yang akan dilakukan rakyat indonesia yang perantauan?
Yup, mudik.

Orang indonesia tidak akan bisa dilarang mudik. Sulit sekali.
Bisa bayangkan apa yang akan terjadi jika arus mudik dimana-mana? Macet, chaos, kecelakaan, angka kematian meningkat. Selain itu akan terjadi penumpukan manusia di stasiun, terminal, pelabuhan dan tempat-tempat umum lainnya. Kalau salah satu saja diantara manusia ini adalah pembawa virus, apa yang akan terjadi ketika ia berdesak-desakan dengan banyak sekali orang di tempat yang sama?
Yup, penyebaran virus akan semakin melonjak.





Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?
Puc Source: CNN Indonesia

4. Human Selfishness. Para kaum menengah dan menengah ke atas akan memborong makanan dan bahan pokok. Akibatnya stoknya akan habis dalam sekejap. Lalu in no time kelangkaan akan terjadi.

Quote:


Tak bisa terbayangkan apa yang akan terjadi pada nasib banyak orang yang tidak mampu jika mereka tidak punya uang dan tidak bisa membeli makanan dan bahan pokok emoticon-Mewek





Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?
Pic Source: Line Today

5. Lockdown sedikitnya pasti akan berpengaruh kepada kegiatan ekspor/impor. Mengingat di negara ini banyak sekali perusahaan ekspor impor. Sudah tidak ada pemasukan dari sektor pariwisata, pajak eskpor impor pun berkurang. Nilai rupiah anjlok.

Krisis Moneter jilid dua sangat mungkin terjadi.


Hal-hal di atas hanya sebagian kecil dari efek domino yang bisa terjadi jika pemerintah Indonesia memutuskan untuk melakukan Lockdown. Tak terhitung banyaknya kerugian yang akan negara ini alami kalau harus ditotalkan hingga ke dampak dari sektor terkecil. Sebelum GanSis meneriakkan opini, mohon pikir berkali-kali akan semua kemungkinan yang bisa terjadi.

Bagi yang masih berpikir kalau pemerintah blunder dan malah menunggu sampai terjadi lonjakan pasien, pikirkanlah lagi. Virus ini seperti buah simalakama, semua jalan yang akan ditempuh sebagai preventif penyegahan penyebaran virus pasti ada dampaknya. Jika kita hanya berkonsentrasi kepada pencegahan penularan virus namun mengabaikan faktor lainnya, masalah bukannya selesai malah jadi semakin parah.

Kita sedang menghadapi ini bersama-sama, mari kita bantu pemerintah dan negara ini memerangi musibah pandemik ini bersama-sama. Mari turut andil dengan lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh, kurang-kurangi menelan bulat-bulat berita di sosial media dan pilah dengan baik sumber yang faktanya jelas, JANGAN PANIK karena kepanikan hanya akan membuat kita semakin lemah dan mudah kalah.

Apa Kita Siap Menghadapi Indonesia Lockdown?
Pic Source: CNBC Indonesia

Kita bisa jika kita memerangi ini bersama-sama. Stay healthy, stay safe everyone!
Sekian thread Ane kali ini, mohon maaf atas segala kesalahan yang Ane buat karena Ane hanya manusia biasa yang beropini. Matur Nuwun... emoticon-Angel



Sumber:

Thread Twitter

dan Opini Ane sendiri
profile-picture
muthialaqilah memberi reputasi
Diubah oleh ayaswords
Terserah pemerintah lah...dia yg mikirkan efek Domino apa yg terjadi kl lockdown....santai aja ngapain panik gitu seh😁
Lihat 1 balasan
njiiir itu semprotan biasa ane gunain buat nyemprot cabe.. kereen sih emoticon-Matabelo
selama masih bisa ngopi ama ngerokok, santai
Jika yg dimaksud lockdown adalah urusan luar negri, terserah saja deh.

Jika "anjuran" menghentikan kegiatan / rutinitas seperti sekolah, pasar, wisata, bisnis, dll dsb. Silahkan.. namanya anjuran tdk harus digubris, tetapi jika "melarang" itu namanya tolol Dan sinting, maka omongan orang tolol Dan sinting tdk usah diladenin Sri.. emoticon-linux2


Quote:


Tapi kan imbasnya juga merata ke rakyat. Masa rakyat juga gamau mikirin?
Diubah oleh ayaswords


Quote:


Wkwk nyemprot cabe emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Quote:


Wkwkwk iya gan emoticon-Ngakak


Quote:


Hahahaaha emoticon-Ngakak
Pertanyaanya juga sampai kapan kita mampu bertahan jika lockdown diberlakukan

& apa itu efektif? tentu tidak!
mau ga mau ya harus siap


Quote:


Yeeep betul
Quote:




emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
Makasih banyak buat threadnyaaa.. sangat menjawabbb sissss


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di