CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tangki PROPELANT TERCANGGIH Milik Nasa Untuk Misi Kembali KE BULAN | Artemis Nasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6cc896c9518b19e37e0653/tangki-propelant-tercanggih--milik-nasa-untuk-misi-kembali-ke-bulan--artemis-nasa

Tangki PROPELANT TERCANGGIH Milik Nasa Untuk Misi Kembali KE BULAN | Artemis Nasa

emoticon-Hot News
Tangki PROPELANT TERCANGGIH Milik Nasa Untuk Misi Kembali KE BULAN | Artemis Nasa
Nasa pernah mengatakan suatu saat akan kembali menginjakkan kaki ke bulan. Artemis merupakan nama misi yang telah di persiapkan NASA untuk mewujudkan komitmen misi masa depan ke Bulan tersebut. Untuk mempersiapkan misi tersebut , Menurut Nasa, Beberapa masalah harus di atasi terlebih dahulu, salah satunya yaitu , boiloff atau penguapan pada tangki penyimpanan bahan bakar.

Untuk mengatasi masalah boiloff atau penguapan yang terjadi pada bahan bakar, tim proyek eCryo NASA sedang mengevaluasi serangkaian teknologi , yang bertujuan untuk mengurangi kerugian yang di sebabkan karna terjadinya boiloff saat misi berlangsung.

Untuk menguji beberapa teknologi baru ini pada skala yang relevan, Tim eCyro Nasa membangun sebuah tangki propelan kriogenik besar, yang berdiameter lebih dari 13 kaki, yang disebut SHIIVER (Structural Heat Intercept, Insulation and Vibration Evaluation Rig).

"SHIIVER adalah tangki bahan bakar terbesar untuk penelitian yang pernah dibangun NASA untuk menguji teknologi kriogenik, dan menunjukkan skalabilitas yang merupakan aspek penting dari impuls ke dalam aplikasi propelan kriogenik dalam sebuah ruangan," kata Hans Hansen, manajer proyek eCryo di Glenn.

Pada musim gugur 2019, para insinyur NASA menjalankan uji vakum termal pada SHIIVER di dalam fasilitas Propulsi Nasa (ISP = In-Space Propulsion yang berlokasi di Stasiun Plum Brook NASA) Uji coba ini untuk menilai manfaat kinerja isolasi uap dan pendingin multilayer untuk kondisi di dalam ruang.

Pada uji coba vakum pertama, hasil yang didapat cukup menjanjikan , menunjukkan pengurangan panas total lebih dari 55% dibandingkan dengan desain sistem tangki bahan bakar saat ini," kata Hansen. "Pengurangan boiloff bervariasi berdasarkan jumlah cairan dalam tangki, tetapi secara keseluruhan, hasilnya positif dan kami melihat pengurangan yang signifikan dalam boiloff."

Tim SHIIVER kemudian menggunakan ruang uji akustik terbaik di dunia ,letaknya di Space Environments Complex , uji coba yang di lakukan untuk mensimulasikan lingkungan peluncuran dinamis, menekankan fitur tangki dan manajemen termal untuk memastikan material dan teknologi yang di gunakan dapat bertahan saat peluncuran berlangsung . Uji coba ini berakhir pada bulan Januari.

SHIIVER hanyalah salah satu cara NASA meningkatkan teknologi penyimpanan propelan kriogenik canggih, yang bertujuan untuk dapat menghemat energi, dan biaya misi peluncuran.

Inikah yang dinamakan termos es ? emoticon-Hammer2

Referensi : nasa.gov
newsbreak.com
gobtribe.com
Diubah oleh yrart


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di