CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
(Mantep+++) Pendidikan Indonesia Timur Kian Kalahkan Indonesia Barat, Gan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6c67d8c8393a3954096aa4/mantep-pendidikan-indonesia-timur-kian-kalahkan-indonesia-barat-gan

(Mantep+++) Pendidikan Indonesia Timur Kian Kalahkan Indonesia Barat, Gan

(Mantep+++) Pendidikan Indonesia Timur Kian Kalahkan Indonesia Barat, Gan

Mendengar Indonesia Timur apa yang ada di bayangan agan? Pendidikan yang tertinggal kah? Fakta berbicara sebaliknya. Kota-kota yang ada di Indonesia Timur saat ini berbeda dengan yang dulu. Dulu merupakan daerah tertinggal, kini semakin mengejar ketertinggalannya. Sebagai contoh kota Ambon yang sekarang berhasil mengalahkan setiap kota di Indonesia Barat kecuali Banda Aceh. Bagaimana tidak? Rata-rata lama sekolahnya mencapai 11,91 tahun atau nyaris 12 tahun, tertinggi kedua se-Indonesia setelah Banda Aceh. Mau contoh lain? Berikut gan

Di zaman presiden sekarang memang Indonesia Timur semakin dikedepankan. Hal ini tak ayal menaikkan prestasi Indonesia Timur khususnya Papua dan Maluku. Pedalaman Papua yang dulunya merupakan sarang warga yang tidak mengenyam pendidikan formal, kini berlomba-lomba bersekolah setinggi mungkin. Sebagai contoh kabupaten Mimika yang sekarang memiliki rata-rata lama sekolah 9,91 tahun. Tak satupun kabupaten di Banten dan Jawa Barat memiliki rata-rata lama sekolah seperti itu. Atau contoh lain yaitu Jayapura? 

Ibukota Papua ini sekarang memiliki rata-rata lama sekolah 11,55 tahun. Hanya daerah di Jakarta saja yang bisa mengalahkan angka ini, sementara Surabaya setau ane gak nyampe segitu. Belum lagi Medan yang dulu berprestasi kini dikalahkan banyak daerah di Indonesia Timur. Lebih mengejutkan lagi adalah Biak Numfor yang memiliki rata-rata lama sekolah 10,22 tahun, luar biasa. 

Bergeser ke Maluku Utara dimana kota Ternate berhasil meraih rata-rata lama sekolah 11,58 tahun. Luar biasa banget gan mengalahkan Jakarta yang hanya sekitar 11,09 tahun. Bahkan semakin mepet dengan Tangerang Selatan yang memiliki rata-rata lama sekolah 11,80 tahun. 

Sementara data Papua Barat tahun 2019 belum keluar tapi ane yakin makin mantep hasilnya gan. Nah berkaca dari pencapaian tersebut, ada dua kesimpulan gan.

1. Tidak ada yang gak mungkin. Dulunya tertinggal berkat sentuhan sedikit dari pemerintah dan didorong pemerintah setempat jadi deh lebih baik.

2. Salah image. Jadi kalau ada orang masih menganggap Indonesia Timur sumber ketertinggalan sudah tidak relevan lagi. Kabupaten-kabupaten dengan rata-rata lama sekolah terendah sekarang malah terkonsentrasi di pulau Jawa gan. Mungkin karena lebih padat penduduk jadi susah mengelolanya gan.

Nah sekian trit ane mudah-mudahan Indonesia Timur semakin maju dan Indonesia Barat pun demikian bahkan bisa belajar deh dari Indonesia Timur untuk memajukan dunia pendidikan.

Sumber : papua.bps.go.id, maluku.bps.go.id, sumut.bps.go.id, malut.bps.go.id, jabar.bps.go.id, korporat.com
Diubah oleh indonesia85000
wokee


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di