CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pariwisata Sepi, Bali Menyesal Anak Tirikan Turis Lokal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6c4593c82084404f3b2a5e/pariwisata-sepi-bali-menyesal-anak-tirikan-turis-lokal

Pariwisata Sepi, Bali Menyesal Anak Tirikan Turis Lokal

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengakui selama ini telah menomorsatukan wisatawanmancanegara dan menyiratkan penyesalannya karena menganak-tirikan wisatawan domestik di Pulau Dewata.

Alhasil, saat wabah virus corona menyebar di seluruh penjuru negara di dunia, pariwisata Bali merasakan pukulan paling kencang. Diketahui, pemerintah menutup seluruh penerbangan sementara waktu dari dan ke China. Padahal, China menyumbang wisatawan mancanegara paling banyak ke Bali.

Tak cuma China, banyak negara-negara di dunia juga menerbitkan peringatan perjalanan (travel warning) karena kekhawatiran penularan virus corona. Bali pun terkena imbasnya.


Sekarang, kata Coka Ace, panggilan akrab sang wakil gubernur, Bali kelimpungan melirik wisawatawan domestik, seraya berjanji tidak akan menomorduakan wisatawan domestik.


"Kami mengarah sekarang ke tamu domestik. Ketika kami sering atau ketergantungan dengan tamu mancanegara terlalu tinggi. Kami sering terlalu abai terhadap kemampuan atau potensi domestik kita. Padahal, jumlahnya besar sekali," ungkapnya di Denpasar, Selasa (11/3).

Cok Ace berharap geliat pariwisata Bali di era 1980an bisa terulang. Kala itu, wisatawan domestik datang berbondong-bondong ke Bali menggunakan mobil.

Ia bersama Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Pengurus Daerah (Pengda) Bali mengajak pecinta otomotif atau wisatawan yang senang bepergian menggunakan mobil untuk datang ke Bali.

"Kalau tol Denpasar-Gilimanuk sudah selesai, maka dapat dipastikan akan lebih banyak wisatawan asal Pulau Jawa yang datang ke Bali. Kami harap ke sana, ini kami siapkan dari sekarang," tandasnya.


Sekadar mengingatkan, sejak virus corona mewabah, 1-2 bulan terakhir, pengusaha di Bali mengaku bisnis lesu. Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM) Regional Bali bilang beberapa perusahaan sudah menerapkan cuti tanpa digaji atau tdak dibayar.

Sekretaris FSPM Bali Ida I Dewa Made Rai Budi Darsana mengatakan perusahaan sudah meminta kepada para pekerja untuk cuti tanpa bayaran selama 5 hari hingga 15 hari. "Kebijakan seperti ini sangat lah tidak adil bagi para pekerja," ujarnya di Denpasar, Minggu (8/3).

Menurut Rai, sejumlah perusahaan sudah bereaksi dengan memberlakukan cuti tanpa dibayar. "Kami minta hal ini dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah dengan memberi solusi-solusi terbaik kepada pengusaha agar pekerjanya tidak sampai dijadikan korban atas situasi ini," imbuh Rai.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...an-turis-lokal

Sama sajalah, wisatawan domestik juga udah agak enggan plesiran gara2 korona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Emang beda perlakuan?
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Oh gitu emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
bali overtourism

terlalu kapitalis pariwisata, uang uang dan uang

orang bali saja merasakan,
mereka juga rindu kedamaian yang mereka peroleh bali dulu

momen ini bisa menjadi momen yang tepat
untuk berbenah diri, apalagi sebentar lagi bali nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
bali oh bali
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
semoga wabah virus corona segera berlalu
profile-picture
petani.syusyu memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Perasaan selama ini gk ada beda perlakuan, malah kalo masuk objek wisata/sewa mobil, turis lokal bayarnya lebih murah.

tapi yang patut diakui, 1-2 thn terakhi,r sejak kenaikan harga tiket pesawat, turis lokal turun drastis. Meskipun ditempat makan yg ngetop, banyakan turis asing daripada lokal. Padahal kenaikan tiket ke bali gk terlalu drastis, masih ketolong ada air asia tetap jalan. Gk bisa bayangkan nasib tempat wisata seperti raja ampat dkk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zekrom26 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Saya belum pernah kesana gan
Harap maklum
profile-picture
profile-picture
jaran69 dan petani.syusyu memberi reputasi
Justru kalau fokus ke asing dapat gdp dari asing dan devisa juga jadi lebih bagus bagi negara. Kalau fokus domestik kagak ada penambahan gdp dan devisa karena kagak pakai tuker dollar bayarnya dan tak ada orang asing masuk ke indon buat nambah daya beli di Indonesia.
Diubah oleh slider88
ane gak pernah merasa di anak tirikan kok kalo liburan ke bali, bayar apa-apa lebih murah, masuk bar juga gak ada batas-batasan. tapi emang sih prioritas kalo ada apa-apa emang yang bule di dahulukan
emoticon-Cool
Bali terlalu mengandalkan pendapatan dari wisata, baik lokal maupun luar negeri.
Lihat 1 balasan
Belum pernah wisata ke bali, ngga terlalu tertarik juga sih emoticon-Leh Uga
Quote:


Tapi pengusaha dan karyawan juga butuh makan bre...gk mikir berapa devisa yang didapat negara
Padahal bali ya gt2 aja tp org2 kok seneng ke sana sampai berkali2.
profile-picture
hwarakadah23 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pariwisata Sepi, Bali Menyesal Anak Tirikan Turis Lokal
Post ini telah dihapus oleh KS06
jiaaaj berati selama ini
emoticon-Traveller
Wisatawan domestik juga males, meski tiket pesawat sekarang lagi murah, tapi karena imbas pandemi COVID-19 jadi males buat melakukan travelling baik ke destinasi lokal maupun mancanegara emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
suruh nyepi dulu emoticon-Nyepi
sudah saatnya bali berbenah. sebelum efek sepinya turis mancanegara ini semakin parah.
Diubah oleh GinDjoE
Turunkan hrg tiket pesawat domestik makanya,biar turis lokal pada ke bali emoticon-Betty
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di