CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Orang Bodoh Bisa Enggak Jadi Dokter
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6c274ec82084590177e2d4/orang-bodoh-bisa-enggak-jadi-dokter

Orang Bodoh Bisa Enggak Jadi Dokter

Orang bodoh atau pemalas bercita cita kuliah kedokteran,
Gue baru kelas 10 SMA,
jadi gini gan gue pengin banget jadi seorang dokter. Orangtua gue udah menyiapkan finansial buat gue masuk kedokteran setelah lulus sma.
Jadi gue kalau soal biaya biaya enggak usah repot.
Namun yang jadi masalahnya.adalah kepribadian atau sifat gue,gue orang pemalas bahkan jarang banget belajar. Gue lagi terpuruk tahun ini 2 semester gue ranking paling bawah.

hal ini sangat terbalik dengan profesi dokter. dimana dokter adalah orang yang pinter mereka yang sewaktu sekolah selalu ranking. Apakah gue masih bisa jadi seorang dokter?
Gimana cara merubah sifat gue menjadi seorang yamg cerdas

Sebenarnya gue akhir akhir ini lagi giat belajar
Quote:

Ane dulu pun nggak belajar, tapi tetep masuk 3 besar setiap semester. Metode "memahami sesuatu" setiap orang kadang berbeda.
Dilihat dari kasusmu, pasti ada hal lain yang membuatmu senang SELAIN membuka buku dan belajar.

Ada 2 pertanyaan yang ane ajukan :
1. Apa distraksi yang menghalangimu untuk belajar? Game? Racing? Atau ada hobi lain?
2. Kamu yakin mau masuk kedokteran? Maksudnya, itu murni keinginanmu atau kamu nurut orangtua?
tergantung situ gan..
mau jadi dokter buat apa?
hobby? atau buat gaya2an, atau panggilan kemanusiaan, atau mau cari duit?
banyak orang bodoh yg mau cari duit masuk kedokteran.. salah klo di indonesia. di indonesia dokter itu melekat dengan namanya pelayanan. sudah jaga 24jam rata2 dapet 500rb paling banyak.. banyak yg cuma 300rban..

apa situ tidak keberatan? banyak dokter yg keluarganya berantakan jg loh..

belum lagi sistem spesialisasi di indonesia..

banyak hitamnya di kedoktetan indonesia yg banyak org ga tau..

jd balik lg ke agan.. Bego atau malas bukan standart disini, tp kemauan saudara. bila memang anda niat pasti anda bisa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fedorarivialdo dan 2 lainnya memberi reputasi
Bisa gan !

Baca2 skripsi orang, jawab soal2 fisika biologi atau tes IQ tiap hari emoticon-Ngakak
Diubah oleh monkeydfarly
pake jalur mandiri gan bisa klo ada duit, biasanya tingkat kesulitan soal2nya di bawah standar kok

-----------
Nggak semua dokter itu pinter, nanti keliatan pas kalo udah kerja, kerjanya bener atau kagak
punya impian n cita2 itu bagus.
tapi jangan cuma sekedar angan doank.
apalagi orang tua udah mendukung.
biaya pendidikan gak masalah.
berarti kan masalah nya kembali lagi ke kamu.
How can you motivate ur self and ur work to achieve it?
Klo hidup ini dibuat simpel sebenarnya balik ke quote ini.
Plan your work and work your plan.
Kamu udah punya tujuan (dokter).
Lalu gimana cara nya kamu bisa goal/achieve?
Nah kamu pikir aja sendiri gimana cara nya.
Kan udah gede, udah bisa bedain mana yg baik/buruk, udah punya tanggung jawab.
Masak mesti gw juga yg mikirin hidup lu?
Gw kan juga prioritasin hidup gw sendiri lah.
Lalu kamu punya gak plan B, andai nich kamu gagal mencapai cita2 luhur mu.
Kan kita mesti optimis dan objektif.
Cita2 gw jadi dokter/apoteker, cuma karena suatu hal gw tersesat di teknik.
Kalo lu gak mampu menjalani, buat apa dijalani?
Itu supaya kamu bisa grown up.
Misal nya lu bego dalam pelajaran.
Ya lu meati analisa kenapa lu bego.
Lalu hasil analisa mu, kamu bikin solusi nya.
Jalanin solusi nya.
Liat ada perubahan hasil gak?
Itu namanya manajemen hidup sederhana.
Klo kamu sendiri gak tahu kenapa kamu bego, ya berarti kamu verified bego.
Kalo jalan lurus aja kamu gak mampu, coba pake jalan kegelapan.
Pahamin aja kalimat ini.
Ujian itu gak mesti dikerjain sendiri.
Contoh, gw sadar kalo gw pelupa.
Makanya gw selalu bawa catatan kecil saat ujian.
Sama jangan lupa berdoa ke tuhan.
Biar urusan mu lancar.
Ya liat aja yg udah belajar mati2an ujian masuk tapi gagal lolos.
Yg lolos malah yg nebak jawaban.
Sementara yg belajar itu ngerjain nya dipikirin tiap soal.
Justru kalah ama yg pinter milih jawaban.
Itu namanya kehendak ato takdir.
profile-picture
psychopass100 memberi reputasi
1. Kenapa pengin jadi seorang dokter?

2. Seandainya keterima dan ada masalah, katakan ada materi yg sulit atau berhadapan dengan praktikum yang sulit, siap?

3. Buat masalah rumah deket jalan, beli headset yang bagus dan belajar sambil denger lagu yang menenangkan pikiran. Headset yang cenderung agak kedap suara luar itu membantu banget lho.

4. Selama tes masuk keterima, prestasi SMA sih ga ada masalah. Prestasi sebelumnya biasanya cuma jadi syarat administrasi. Kecuali buat masuk lewat jalur prestasi, biasanya ya itu penting banget nilai-nilai SMA dan prestasi lain di luar studi di sekolah.

Tetap semangat! ✊
profile-picture
psychopass100 memberi reputasi
asal mau mencoba pasti ada harapan
masih ada waktu jg buat belajar dan berubah
cari metode belajar yg efektif buat anda. karena metode belajar setiap orng beda. cara nangkep dan penalaran jg beda.
dan jgn lupa ibadah dan berdoa. dan tentunya minta doakan jg sama orng tua. emoticon-Jempol
Jangankan org bodoh jd dokter. Dokter jd org bodoh pun jg bisa. Contohnya km.
profile-picture
psychopass100 memberi reputasi
cara supaya pinter?
sbntrnya klo agan lahir normal seharusnya pinter, kalau tidak malas

malah tmn ane dulu "spesial" tp malah pinter sih emoticon-Big Grin

yg jd masalah adalah malas kan ya?

biar ga malas? gampangnya sih org yg rajin dan antusias biasanya krn penasaran emoticon-Big Grin

org bnyk ilmu biasanya punya sifat penasaran, entah ilmu apapun

klo kata bule2 mah curiosity emoticon-Big Grin
klo ga ada sifat itu di bidang kedokteran mah ga usah aja gan, kasian agannya..

kuliah kita bisa curang dan bohong, tp di dunia profesional ga bisa dibohongi
orang bodoh dan pemalas masuk FK itu cuman nekat buat bakar duit, bakar waktu, dan ngeracunin diri sendiri. kenapa begitu? Karna FK itu terkenal dengan orang yang rajin , tekun dan smart dalam akademik. kalo gabisa ngikutin ritme nya gimana? sama aja lu buang2 waktu , uang , dan jadi setress entah itu gara2 nilai jelek dan matkul ngulang.
Masih ada kesempatan . Coba ubah ritme hidup mu menjadi tipikal person yang smart dalam menimba ilmu dan pelajarin sungguh2 setiap matkul di jurusan IPA. karna berpengaruh banget setiap ilmu di SMA itu dalam proses kamu menuntut ilmu di jenjang kuliah.
jadi inget ane dulu, minatnya kedokteran daftarnya malah teknik
Bukan mau nakut2in , tapi pelajaran Fakultas kedokteran itu susah bgt . Kalau bodoh nanti kesusahan di tengah jalan kuliah gimana? . Coba belajar terus , kalau kamu ada peningkatan peringkat yang bagus paling ga sampe kelas 11 . Berarti memang kamu memang niat bukan cuma pingin. Kalau masalah pingin , semua orang juga pingin hal2 yg bagus untuk dirinya . Tapi ada yg namanya kemampuan . Apakah kita memang benar2 mampu atau cuma pingin.

Kalau masalah susah belajar krn berisik . Coba belajar pas malam atau subuh pagi2 pas bangun pagi . Otak paling bagus daya ingatnya di subuh . Kalau malam dan subuh tetep berisik , cari perpus di sekolah / perpus pemerintah . Belajar di sana .


profile-picture
psychopass100 memberi reputasi
Quote:


Bisa aja.... orang gak bener gak berguna pas jaman sekolah sd smp sma apalagi cowok.....
Pas udah netes.... kuliah mikir urusan masadepan... bisa insyaf dan berbalik 180°

Temen ane banyak yang gitu.... malah yang pinter bla bla bla biasa aja....
Yergantung pergaulan juga sih

Jalanin aja..... yang putus sekolah hampir dropout juga udah jadi sukses kok...wkwkwk
Gali pas sekolah.... lah sekarang jadi dosen.... istri solehah anaknya cewek....

Otak pas pasan.... tapi juga sekarang jadi guru.... pinter lagi sekarang....

Gak sah dipikir...tapi di jalani

(Pengalaman ane yang udah 27 taon ne)
profile-picture
psychopass100 memberi reputasi
ya elah apa enaknya jadi dokter, mending bisnis warnet aja jelas ato ternak lele
Ga ada yang salah, banyak kok orang yang kemampuan paspasan jadi dokter. kebanyakan sih kuliahnya di FK universitas swasta. kalau masuk fk itu banyak jalan asal duitnya ada. cuma fk itu ga seindah yang kamu bayangkan, gaya hidup mereka penuh pengorbanan belum uang yang dikeluarin. asalkan kamu bisa keep up dengan gaya hidup nya yang keras menurut saya kamu bisa aja survive. lah klu skrg aja udh males sma kelas 10 yang notabene ga terlalu keras masa pembelajarannya. apalagi ke depannya.. coba direnungkan kembali
bisa kok, klo dah mentok gagal snmptn/sbmptn, masih bisa ambil kampus swasta yg akreditasinya bagus atau ambil jalur mandiri, tapi ya bayarnya lebih mahal.

Btw, jangan suka bilang bodoh atau hal negatif lain ke diri sendiri gitu... Ntar jd doa loh.
Diubah oleh anemon36
Malas itu gk da lawannya

Klo gk punya rasa penasaran ke kedokteran gk usah masuk karena yg bisa kalahkan malas cuma penasaran & keadaan terpaksa


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di