CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara sukses budidaya ikan cupang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6bdb58337f9337f009df52/cara-sukses-budidaya-ikan-cupang

Cara sukses budidaya ikan cupang

Ikan cupang yang sering di sebut betta fish merupakan salah satu ikan hias yang ada di indonesia yang mudah di budidayakan. Budidaya ikan cupang tidak memerlukan lahan yang sangat luas serta modal yang besar.
Ikan cupang mempunyai beberapa keistimewaan yaitu bisa di pelihara di toples, tidak memerlukan aerator, tbisa bertahan lama tanpa banyak oksigen.
Untuk budidaya ikan cupang sendiri yaitu ada 5 tahapan
1.Memilih jenis ikan cupang
Jenis ikan cupang yang lagi hits yaitu ada 7, Palfmoon,Plakat,Giant,Big Ear
Crow Tail, Double Tail, HMPK
2. memilih indukan cupang
Untuk budidaya ikan cupang harus memilih indukan yang berkualitas, mulai dari kondisinya yang sehat,tidak cacat, berasalan dari keturunan unggul.
Sebelum melakukan pemijahan, betina dan pejantan harus memasuki fase siap kimpoi sebagai berikut:
Ikan cupang jantan :
Usia 4 bulan ke atas
-Bentuk panjang
-Lebih besar dari betinanya
-Gerakan lincah
Ikan cupang betina:
Usia 4 bulan ke atas
-Badan bulan berisi telur
-Gerakannya lambat
-Lebih kecil dari jantan
3. pemijahan ikan cupang
Jika ikan cupang betina dan jantan sudah siap untuk memijah, pertama siapkan tempat baskom yang berukuran 20x20x20 atau lebih besar, kedua isi baskom dengan air setengah saja jangan terlalu penuh dan di kasik daun ketapang sedikit saja serta tumbuhan air dan endapkan air tersebut selama 1-2 hari, ketiga jodohkan ikan cupang selama 6 jam dengan cara ikan cupang jantan di masukkan dalam soliter berukuran 12x12x15 dan betina di masukkan ke dalam gelas plastik air minum, gelas plastik yang berisi ikan cupang betina di masukkan ke soliter tadi untuk melakukan proses 3.perjodohan.
Ketika air sudah di endapkan 1-2 hari dan proses perjodohan sudah di lakukan, saatnya untuk menyatukan betina dan jantan dalam baskom. Masa pemijahan paling pas pada sore hari dan tunggu kesekonnya pasti ikan baskom tersebut berisi telur, setelah berisi telur di gelmbung yang di buat ikan jantan..ikan betina di angkat dulu, karena yang menjaga telur ikan cupang jantan sampai menetas jadi burayak,
4.Pakan ikan cupang
Ikan cupang yang baru menetas tidak bisa di kasik makan sebelum berumur 4 hari, saat sudah berumur 4 hari ikan cupang bagusnya di kasik makan kutu air yang bisa di dapat di persawahan atau bisa membeli ke peternak kutu air yang da di wilayah terdekat, ikan cupang yang sudah berumur 4 hari di kasik makan 3 hari sekali biar cepet besar.
5.Perawatan ikan cupang
Merawat ikan cupang sangat mudah,cukup ngasi makan dengan tepat waktu dan mengganti air selama 3 hari sekali ataupan saat air sudah kelihatan kotor harus di ganti dengan cara membuang air setengah dan di isi setengah ,
Kenapa tidak di buang semua? Jika di buang semua ikan cupang bisa stres.
Semoga bermanfaat dan sukses budidaya ikan cupang
kalau ikan jenis plakat dengan ikan cupang jenis koi bisa bertelur tidak gan?
Lihat 1 balasan
siap gan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di